x

Piala AFF U-19: Media Malaysia Soroti Cara Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia

Sabtu, 2 Juli 2022 22:24 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Prio Hari Kristanto
Media asal Malaysia, makanbola.com, tampaknya cukup fokus memperhatikan strategi yang dilakukan Shin Tae-yang dalam melatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Media asal Malaysia, makanbola.com, tampaknya cukup fokus memperhatikan strategi yang dilakukan Shin Tae-yang dalam melatih Timnas Indonesia.

Pelatih kepala tim nasional Indonesia itu telah menyusun persiapan matang untuk memastikan tim Indonesia lolos ke Piala Dunia. Operator kelahiran Korea Selatan itu tengah memandu Timnas Indonesia U-19 di turnamen Piala AFF U-19.

Baca Juga

Dalam situsnya, media asal negeri jiran tersebut menuliskan bahwa Shin Tae-yong menilai jika ini adalah ajang terbaik baginya.

Ia ingin menyusun persiapan matang dalam upaya membentuk skuad yang mampu bersaing dengan baik tahun depan di Piala Dunia U-20.

Hal tersebut untuk menegaskan bahwa targetnya adalah memastikan bahwa skuad muda Garuda benar-benar siap dalam segala aspek.

Baca Juga

"Ini adalah turnamen U-19 pertama saya,” ujar Shin Tae-yong.

"Saya perlu melihat kualitas di tim ini karena fokus saya bukan di level ASEAN tetapi menjelang Piala Dunia U-20 tahun depan."

Baca Juga

Sementara Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF, pelatih berusia 47 tahun itu tidak ingin para pemainnya terbebani oleh situasi tersebut. Ia yakin anak didiknya akan bermain sebaik mungkin.


1. Hasil Babak Pertama Indonesia vs Vietnam

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam di Piala AFF U-19 2022.

Dalam laga yang digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, ini, skuad Garuda memulai dengan sebuah serangan yang dilancarkan oleh Hokky Caraka dari sisi kanan pertahanan Vietnam.

Timnas Indonesia terus mencoba mengurung pertahanan Vietnam, dengan satu umpan dari gelandang andalan tim U-19, Marselino Ferdinan, masih mampu dipotong oleh Cao Van Binh.

Serangan Timnas Indonesia U-19 pada pertandingan ini mengandalkan Ronaldo Kwateh yang coba menusuk dari sisi sayap kanan pertahanan Vietnam.

Baca Juga

Selepas 15 menit pertandingan, baik Vietnam maupun Timnas Indonesia masih mencari pola permainan terbaik dengan beberapa kali melakukan umpan-umpan pendek.

Namun demikian, ganti Vietnam kini menguasai pertandingan dengan mencoba memainkan bola di lini tengah.

Memasuki menit ke-25, sebuah peluang didapat oleh Vietnam U-19 dari tendangan sudut yang kembali mampu disapu oleh pemain Timnas Indonesia U-19, Dimas Juliono.

Baca Juga

Memasuki 30 menit, Timnas Indonesia U-19 hanya mendapat satu peluang melalui Arkhan Fikri yang masih membentur bek Vietnam.

Namun demikian, Vietnam juga ikut menekan dengan pergerakan dari lini tengah yang dilakukan oleh Nguyen Van Truong.

Tekanan Vietnam belum berhasil dan bola justru lebih banyak terpotong di lini tengah Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 mencoba melakukan tekanan dari sisi sayap melalui percobaan Subhan Fajri dan lini tengah melalui percobaan Marselino Ferdinan.

Namun, lini tengah dan lini belakang Vietnam masih mampu menangkal serangan yang dibangun pasukan arahan Shin Tae-yong.


2. Beda Dukungan Shin Tae-yong dan Iwan Bule

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, mendapat sambutan hangat dari suporter sesaat sebelum masuk ke Stadion Patriot, Bekasi, untuk pertandingan perdana Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (02/07/22).

Nama Shin Tae-yong dieluk-elukan suporter saat bus Timnas Indonesia U-19 hendak masuk stadion. Hal ini disinyalir sebagai dukungan ke pelatih 52 tahun itu untuk tetap menangani semua level Timnas Indonesia.

Pasalnya, di tangan Shin Tae-yong, catatan skuad Garuda mulai membaik, baik dari ranking FIFA hingga lolos Piala Asia 2023 untuk tim senior.

Akan tetapi, ada pemandangan berbeda di luar Stadion Patriot, sesaat setelah bus Timnas U-19 masuk.

Suporter memberikan sambutan kurang akrab saat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berjalan masuk di antara kerumunan massa.

Baca selengkapnya: Piala AFF U-19: Shin Tae-yong Dapat Dukungan Suporter Timnas Indonesia, Iwan Bule Diabaikan

Piala AFFBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini