x

Kirim Surat Protes, PSSI Desak AFF Investigasi Laga Thailand vs Vietnam

Senin, 11 Juli 2022 20:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - PSSI secara resmi melayangkan protes kepada AFF terkait laga Thailand dan Vietnam di laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (11/7/22).

Laga Thailand vs Vietnam menyisakan kesedihan bagi timnas Indonesia U-19. Kemenangan telak 5-1 atas Myanmar tidak membuat pasukan Shin Tae-yong lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Baca Juga

Sebab, laga Thailand vs Vietnam berkesudahan 1-1. Hasil ini membuat timnas Indonesia U-19 kalah head to head dengan kedua tim tersebut.

Hasil imbang ini pun disoroti oleh seluruh masyarakat Indonesia, tak terkecuali Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Dia sudah mengirimkan surat protes resmi terhadap AFF terkait laga tersebut.

Baca Juga

Bukan menuduh tidak fair play, namun Iriawan mempertanyakan apakah di laga Thailand dan Vietnam berlangsung secara sportif atau tidak.

"Yang ingin kami ajukan protes ke AFF protes adalah berkaitan dengan fair play yang terjadi antara Vietnam dan Thailand," kata Mochamad Iriawan.

Baca Juga

"Memang ditengarai bola hanya berputar-putar di tengah. Yang sangat terlihat di menit ke-84 itu hanya berputar di sekitar garis 16. Kami ingin memastikan dan bertanya ke AFF atau protes apakah itu fair play atau tidak," cetusnya.

"Karena ini menjadi acuan bagi kita bila itu dibilang fair play, kita bisa melakukan itu di suatu saat karena di luar dugaan kita," tegas Iriawan.


1. Sudah Dibahas Mendalam

Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, pun berharap AFF bisa cepat merespons surat protes PSSI. Dia bahkan sangat terbuka bila nantinya pihak sana mengirimkan delegasi untuk menginvestigasi pertandingan tersebut.

Baca Juga

Iriawan menambahkan soal regulasi AFF ini tidak ada masalah. Sebab, saat manager meeting sudah dibahas dan PSSI memahami itu.

Baca Juga

Akan tetapi, PSSI melihat dalam 27 menit terakhir laga Thailand dan Vietnam ada kejanggalan. Khususnya saat kedudukan sama kuat 1-1. 


2. PSSI Terluka

Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Bisa dilihat saat kedua tim, baik Vietnam maupun Thailand, hanya memainkan bola di garis belakang dan tidak berniat untuk menyerang.

"Kalau mereka (Thailand vs Vietnam) bertanding dengan benar saya tidak masalah, tapi kemarin terlihat mereka bermain-main," jelas Iriawan.

Baca Juga

"Pemandangan ini membuat kami terluka, sehingga saya akan mengirim surat protes resmi kepada AFF, supaya mereka melakukan investigasi melalui Komite Disiplin (Komdis) AFF," pungkasnya. 

PSSIVietnamThailandTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Bola IndonesiaMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini