x

Piala Presiden: Dibantai Borneo FC 4-0, Pelatih PSS Sleman Akui Timnya Banyak PR

Selasa, 12 Juli 2022 09:35 WIB
Kontributor: Prabowo | Editor: Prio Hari Kristanto
PSS Sleman tak mampu bangkit dan membalas hasil buruk dari Borneo FC di partai semifinal Piala Presiden 2022, pelatih Seto Nurdiyantoro pun buka suara.

INDOSPORT.COM – PSS Sleman tak mampu bangkit dan membalas hasil buruk dari Borneo FC di partai semifinal Piala Presiden 2022. Setelah kalah 0-2 di leg pertama saat bermain di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tim berjuluk Super Elang Jawa kembali takluk di leg kedua atas Pesut Etam.

Pada laga leg kedua yang digelar di Stadion Segiri, Samarinda pada Senin (11/07/22) malam, PSS Sleman takluk 0-4 dari Borneo FC. Hasil ini membawa Borneo FC melaju ke partai final Piala Presiden 2022 dan akan menantang Arema FC.

Baca Juga

Tentu saja ini menghadirkan catatan tersendiri untuk PSS Sleman yang dari babak penyisihan grup hingga perempat final dapat memperlihatkan penampilan yang terbilang cukup meyakinkan. Menanggapi kekalahan timnya, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, bicara mengenai kelemahan timnya di leg kedua semifinal.

“Selamat untuk Borneo FC yang melaju ke laga final. Laga leg kedua ini, kita coba mengatasi impresifnya Borneo FC. Namun harus diakui kami kewalahan." kata Seto Nurdiyantoro selepas laga.

"Hasil ini tentunya juga jadi pembelajaran bahwa kualitas harus diperbaiki lagi. Namun saya juga tetap mengapresiasi pemain yang mencoba tetap bermain tenang walau sudah ketinggalan gol akibat kesalahan sendiri di babak pertama,” 

Baca Juga

Ditanya mengenai evaluasi kualitas tersebut, Seto mengatakan bahwa kualitas yang dimaksud meliputi kualitas kontrol dab passing, termasuk keputusan dalam mengambil pilihan passing selama pertandingan.

“Harapannya, kami terbuka untuk memperbaiki kualitas-kualitas tadi,” tambah Seto.

Sementara pemain PSS, Boaz Solossa, juga sepakat dengan sang pelatih atas apa yang ditampilkan timnya di lapangan saat lawan Borneo FC. 

Baca Juga

“Untuk laga ini, kami enjoy menjalaninya, namun memang hasil belum memuaskan. Ini pembelajaran bagi kami ke depannya di mana semoga kita dapat tampil lebih baik lagi di Liga 1 2022/23,” ucap Boaz.


1. Berani Mainkan Pemain Muda

Logo Piala Presiden 2022.

Dengan hasil ini, PSS kebobolan total enam gol dari dua laga lawan tim asuhan pelatih Milomir Seslija. Pada pertandingan itu, PSS sendiri menurunkan starter dengan total pemain lokal di dalamnya.

Bahkan Seto berani menurunkan pemain muda macam Dimas Fani, Ifan Nanda Pratama juga M Fariz. Mengandalkan Boaz Solossa di lini depan, PSS Sleman yang ingin mengejar defisit gol justru mendapat presing ketat dari tuan rumah.

Baca Juga

Borneo FC membuka kran gol pada menit ke-16. Berawal dari Stefano Lilipaly yang mengirimkan umpan ke kotak penalti yang dapat diselesaikan dengan mulus oleh striker Matheus Pato.

Gawang PSS kembali jebol pada masa pasa injury time babak pertama yang kali ini dilakukan sendiri oleh Stefano Lilipaly. Sedangkan gol ketiga Borneo FC tercpita pada menit ke-54 lewat Muhammad Sihran yang baru masuk di babak kedua.

Baca Juga

Kali ini ada peran Matheus Pato yang memberikan assist nan manis kepada Sihran. PSS Sleman sempat membuka peluang lewat Todd Rivaldo Ferre pada menit ke-59 namun belum tepat sasaran.

Gol keempat Borneo FC lahir pada menit ke-66 saat Diego Michiels mampu memaksimalkan tendangan bebas Stefano Lilipaly. 

Baca Juga

Di pertandingan final Piala Presiden 2022, Borneo FC sudah ditunggu oleh Arema FC yang sudah lebih dulu lolos pasca menang agregat 4-1 atas PSIS Semarang.
 


2. Hokky Caraka Cetak Quatrick, PSS Sleman Beri Respons

Hokky Caraka, kapten Garuda Select 4. Foto: Instagram@hokkycaraka_

PSS Sleman mengirim pesan untuk Hokky Caraka yang mencetak quattrick untuk Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan telak 7-0 atas Brunei Darussalam di laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung Senin (04/07/22) malam WIB.

Bertanding di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia yang mengincar kemenangan usai main imbang lawan Vietnam di laga perdana, bermain beringas sejak menit pertama.

Serangan  bertubi-tubi langsung dilancarkan Marselino Ferdinan dkk. Hasilnya, mereka langsung unggul 6-0 di babak pertama atas Brunei Darussalam.

Ada pun enam gol tersebut dicetak empat sekaligus oleh Hokky Caraka yang juga pemain PSS Sleman (2’, 14’, 18’, 45+2’), Ronaldo Kwateh (11’), Arkhan Fikri (20’), dan Nico (61’).

Baca Selengkapnya: Hokky Caraka Cetak Quatrick untuk Timnas Indonesia U-19, PSS Sleman: Jangan Pernah Puas!

PSS SlemanBorneo FCPiala PresidenLiga IndonesiaPiala Presiden 2022

Berita Terkini