x

Dianggap Tidak Meyakinkan, Netizen Desak PSSI Keluar dari AFF

Kamis, 14 Juli 2022 20:14 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan soal lawan dan peluang Timnas Indonesia U-19 vs Thailand.

INDOSPORT.COM – Kegagalan Indonesia dalam menembus semifinal Piala AFF U-19 2022 tampaknya membuat para suporter hinggga netizen mendesak PSSI keluar dari AFF.

Kekecewaaan karena gagal membawa Timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF U-19 2022 tampaknya telah membuat para suporter hingga netizen geram.

Baca Juga

Bahkan karena terlalu geramnya, netizen pendukung Timnas Indonesia U-19 mendesak Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Hal tersebut diketahui kala akun media sosial PSSI di Facebook membagikan foto Shin Tae Yong saat memimpin latihan timnas Indonesia.

Banyak komentar yang muncul di komentar dalam postingan tersebut. Tak jarang mereka melontarkan komentar yang cukup berani.

Baca Juga

“Walaupun kedua negara tak memastikan lolos ke putaran final, saya berharap pak ketua PSSI dan Menpora tetap mendengarkan aspirasi Masyarakat untuk tetap keluar dari keanggotaan AFF untuk selamanya,” tulis akun bernama Mustapa Sila.

“Ini sudah skenario biar Indonesia gak keluar dari AFF. Ayo netitzen harus desak PSSI agar Indonesia wajib keluar dari AFF. Kita bangsa yang besar gak boleh di permainkan macam anak kecil,” tulisa akun lain bernama Jordan Daniel.

Komentar-komentar tersebut muncul setelah kegagalan Timnas Indonesia menembus babak fase grup Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Para netizen seperti menyadari bahwa selama Indonesia berada di dalam AFF, banyak sekali permaian yang ditunjukkan AFF untuk menjegal Indonesia.

Salah satunya yang terbaru adalah netizen menyoroti adanya main sabun antara Vietnam dan Thailand di laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.


1. Suporter Indonesia Kerap Beri Tekanan

Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam mengatakan bahwa tekanan psikologi dari suporter Timnas Indonesia membuat mereka kalah dari Malaysia di semifinal Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, partai semifinal Piala AFF U-19 2022 yang tanpa kehadiran Timnas Indonesia U-19 diramaikan dengan Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Laos.

Baca Juga

Vietnam yang berstatus sebagai juara Grup A dipertemukan dengan runner-up Grup B, Malaysia. Laga tersebut dihelat di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (13/07/22).

Tim besutan Dinh The Nam tersebut awalnya sangat diunggulkan untuk menang melawan Malaysia, mengingat mereka belum terkalahkan di babak penyisihan grup sebelumhya.

Sementara, Malaysia hanya mendapar 2 kali menang, 1 imbang, dan 1 kalah saat menjalani pertandingan Grup B.

Baca Juga

Vietnam U-19 bermain lebih dominan selama pertandingan itu. Mereka juga menciptakan banyak peluang untuk mencetak gol ke gawang Malaysia.

Namun, justru Malaysia yang mampu mengemas tiga gol melalu Adam Farhan, Muhammad Haiqal Haqeemi dan Muhammad Haykal.

Kemenangan Malaysia tersebut membuat mereka berhak tampil di partai Final Piala AFF U-19 2022 melawan Laos yang berhasil mengalahkan Thailand.

Baca Juga

Kekalahan Vietnam dan Thailand ini seakan menjadi nafas segar bagi suporter Indonesia mengingat mereka begitu menodai jalannya turnamen Piala AFF U-19 2022.


2. Dugaan 'Sepak Bola Gajah' di Laga Vietnam vs Thailand

Komentarfans timnas Indonesia untuk laga Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19 2022

Kemenangan telak 5-1 atas Myanmar tidak membuat pasukan Shin Tae-yong lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Sebab, laga Thailand vs Vietnam berkesudahan 1-1. Hasil ini membuat timnas Indonesia U-19 kalah head to head dengan kedua tim tersebut.

Bukan hanya itu, fans Garuda Nusantara kian dibuat ‘ngamuk’ lantaran dalam laga Vietnam vs Thailand, ada dugaan praktik kotor berupa ‘sepak bola gajah’ dan 'main sabun' alias match fixing. Malaysia memastikan diri lolos ke final Piala AFF U-19 2022.

Malaysia akan bertemu lagi dengan Laos pada Jumat (15/07/22) malam WIB. Sementara Vietnam memperebutkan tempat ketiga melawan Thailand.

Bacaan Selengkapnya: Dugaan ‘Sepak Bola Gajah’ di Laga Vietnam vs Thailand.

PSSIBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Timnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini