x

Menggila di Piala AFF U-19 2022! Wonderkid Persija Diajak Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia Senior?

Kamis, 14 Juli 2022 21:28 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Muhammad Ferarri diindikasikan oleh Shin Tae-yong punya kans untuk dipanggil ke timnas Indonesia senior usai penampilan okenya di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia memang gagal memenuhi target untuk juara di Piala AFF U-19 2022 namun tetap ada poin-poin positif yang bisa diambil.

Salah satunya adalah sukses Shin Tae-yong mengidentifikasi Muhammad Ferarri sebagai pemain yang punya kans untuk ia promosikan ke Tim Garuda senior.

Baca Juga

Selama melatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memang gemar memberi tempat bagi pemain muda bahkan di usia remaja untuk bergabung dalam skuat senior.

Tujuannya adalah untuk memudahkan regenerasi sekaligus diharapkan agar pemain-pemain tersebut berkembang lebih cepat dan menjadi pemain kunci di level yang lebih rendah seperti U-23 atau U-19.

Praktik tersebut sudah membuat nama-nama seperti Marselino Ferdinan, Elkan Baggott, Ernando Ari, Cahya Supriadi, hingga Ronaldo Kwateh mendapat caps senior pertama atau setidaknya merasakan pemusatan latihan yang lebih tinggi jenjangnya.

Baca Juga

Jika dilihat dari permainannya, Muhammad Ferrari dirasa memang pantas masuk dalam perhitungan Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia di masa depan.

Ferrari adalah salah satu pemain dengan pengalaman internasional terbanyak di skuat timnas Indonesia U-19 untuk Piala AFF U-19 2022.

Belum lagi defender berusia 19 tahun itu juga merupakan salah satu kapten tim yang mana jabatan tersebut ia emban bersama Marselino, Ahmad Rusadi, dan terkadang Ronaldo.

Baca Juga

Meski demikian Shin Tae-yong enggan berbicara banyak soal rencana promosi tersebut. Sepertinya juru taktik asal Korea Selatan itu memang sengaja agar beban Ferarri tidak terlalu berat.

Lagipula untuk bisa naik kelas ke timnas Indonesia senior, butuh banyak kondisi agar sang wonderkid Persija Jakarta bisa mendapatkan surat panggilan.


1. Masih Pikir-pikir

Shin Tae-yong, pelatih Timnas Indonesia. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

"Hal-hal seperti itu (promosi pemain) tidak bisa diumumkan," ujar Shin Tae-yong menjelaskan jika ada banyak variabel dalam menentukan skuat panggilan.

"Ferarri atau Ronaldo bisa menjadi contoh bagi tim ini untuk menjadi lebih baik. Masih ada banyak waktu sebelum timnas Indonesia senior berkumpul. Nanti kita lihat saja," tambah pria 51 tahun itu lagi.

Baca Juga

Muhammad Ferarri tambil sebagai starter tiga kali di lima pertandingan yang timnas Indonesia jalani di Piala AFF U-19 2022.

Walaupun posisinya adalah pemain bertahan, ia tidak ragu-ragu dalam membantu penyerangan dengan suksesnya mengumpulkan dua gol.

Sepasang lesakan tersebut ia catatkan di laga pamungkas fase grup melawan Myanmar. Proses terciptanya terbilanga sangat mirip yakni Ferarri dengan cerdik menemukan ruang untuk menanduk bola mati di area sentral kotak penalti.

Baca Juga

Berkatnya pun Merah-Putih hanya kemasukan dua kali sepanjang turnamen meski pada akhirnya harus rela gagal melenggang ke semifinal.

Cukup menarik apabila Shin Tae-yong memang mempertimbangkan Ferarri untuk timnas Indonesia senior karena bisa dibilang stok bek tengah di sana sudah menumpuk.

Sebut saja Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott dan itu pun belum menghitung calon pemain naturalisasi macam Jordi Amat plus mereka yang lolos pemanggilan sebelumnya seperti Ryuji Utomo dan Victor Igbonefo.

Baca Juga

Serang Muhammad Ferarri harus punya mental baja dan skill mumpuni untuk bisa bersaing dengan nama-nama tadi demi satu tempat di starting XI.

Jika memang jadi dipanggil oleh timnas Indonesia dan Shin Tae-yong, berarti sang bintang muda memang dirasa mampu hanya tinggal yang bersangkutan siap untuk membuktikan diri atau tidak.


2. Gagal Juara, Media Vietnam Kaget Shin Tae-yong Masih Tukangi Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat memimpin latihan Timnas U-19

Masih amannya posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia U-19 walau meraih hasil mengecewakan di Piala AFF U-19 2022 rupanya jadi perhatian media Vietnam.

Kebijakan PSSI untuk tidak mendepak juru taktik asal Korea Selatan itu kemudian menjadi bahasan luas mengingat kiprahnya dianggap tidak memenuhi ekspektasi.

Salah satu media olahraga ternama Vietnam, Lao Dong, menggarisbawahi fakta jika Shin Tae-yong sama sekali belum pernah meraih sukses nyata sejak dikontrak oleh PSSI di 2020 silam.

Padahal Shin Tae-yong ditugaskan untuk menangani beberapa kategori umur timnas Indonesia seperti U-19, U-20, U-23, dan tentu saja senior.

Memang pria berusia 51 tahun itu sudah berhasil meloloskan Tim Garuda ke putaran final Piala Asia 2023 namun belum ada prestasi dalam bentuk trofi.

Baca selengkapnya: Media Vietnam 'Kecewa' Shin Tae-yong Tidak Lengser Usai Timnas Indonesia Keok di Piala AFF U-19

Persija JakartaTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini