x

Ogah Disebut Minim Taktik, Ini Strategi Pelatih Arema FC hingga Juara Piala Presiden 2022

Senin, 18 Juli 2022 12:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Arema FC Juara usai mengalahkan Borneo FC di Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

INDOSPORT.COM - Ogah disebut minim taktik, ini strategi jitu dari pelatih Eduardo Almeida, hingga Arema FC resmi menjadi juara ajang pramusim Piala Presiden 2022.

Arema FC sukses merengkuh trofi juara Piala Presiden 2022, setelah menahan imbang Borneo FC di final leg 2, Minggu (17/7/22), di Stadion Segiri, Samarinda.

Baca Juga

Walau hanya bermain imbang 0-0, tetapi sebelumnya, Arema FC sudah menang 1-0 saat final leg 1 di Stadion Kanjuruhan.

Maka dari itu, Arema FC berhak membawa pulang kembali trofi Piala Presiden 2022 ke Malang, setelah sebelumnya mereka juga menjuarainya di tahun 2017 dan 2019.

Sebelum pertandingan final, banyak yang menyebut bahwa Arema FC akan bermain parkir bus melawan Borneo FC, agar bisa menjaga keunggulan final leg 1 lalu.

Baca Juga

Namun, pelatih Eduardo Almeida dengan tegas membantahnya. Pria asal Portugal itu memiliki strategi tersendiri untuk pasukan Arema FC di final Piala Presiden 2022.

"Apa (filosofi) yang saya bawa, tergantung tempat, (Arema) memberikan saya apa," kata Eduardo via Youtube Tommy Desky.

"Cara saya bekerja adalah jika saya melihat adanya kenyamanan di lapangan, kemudian tergantung ide saya, baik dalam sistem, bagaimana strategi, atau kerja sama."

Baca Juga

"Tetapi lebih baiknya kalau pemain yang menyampaikan, bagaimana agar mereka bisa tampil lebih baik," kata Eduardo lagi.

"Saya juga ingin tahu pemain akan menyarankan apa untuk taktiknya, jadi saya bisa membuatnya berdasarkan yang terbaik untuk mereka," ungkap sang pelatih.


1. Almeida: Gelar Ini untuk Aremania

Arema FC Juara Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

Bicara soal final Piala Presiden 2022, pelatih Eduardo Almeida mengaku tidak kaku dalam meracik strategi. Ia dan pemain Arema FC bersama-sama mencari celah Borneo FC.

"Saya bukan orang yang menentukan, hari ini taktiknya seperti ini, sistemnya seperti ini, harus seperti itu, tidak, itu bukan cara saya," kata Almeida pada Tommy Desky.

Baca Juga

Bahkan, pelatih asal Portugal itu mengaku tidak kaku dalam menentukan formasi, tapi akan berubah melihat kondisi di lapangan.

"Saya akan mengatur taktik, sistem atau strategi tergantung pemain dan lawan mainnya, jadi istilahnya, ini lebih besar dari sistem 4-4-2 atau 4-3-3," jelas Almeida.

Baca Juga

"Formasi ini hanya di awal permainan saja, setelah itu berubah, karena ada pergerakan di lapangan," jelas pelatih 44 tahun itu.

"Sepak bola itu tentang pergerakan, jadi cara kami bermain, biasanya filosofinya adalah hal yang terpenting," imbuhnya.

Strategi itu berjalan apik, Arema FC tidak kebobolan satu pun gol dari Borneo FC yang memiliki striker tajam yakni Matheus Pato, dan gelandang enerjik Stefano Lilipaly.

Baca Juga

“Kunci keberhasilan tim kami adalah kerja keras. Piala ini hasil dari kerja keras kami setiap hari,” tegas sang pelatih Arema FC.

"Selamat untuk pemain, staf, suporter, keluarga kami. Piala ini kami persembahkan untuk kalian semuanya,” pungkas Almeida.


2. Penghargaan Piala Presiden 2022

Kiper terbaik Arema FC Piala Presiden 2022. Foto: pialapresiden.id

Juara: Arema FC

Runner up: Borneo FC

Semifinalis: PSIS Semarang dan PSS Sleman

Top scorers: Matheus Pato/Borneo FC (6 gol), Carlos Fortes/PSIS Semarang (5 gol), Stefano Lilipaly/Borneo FC (4 gol)

Best player: Adilson Maringa/Arema FC (kiper)

Best young player: Fajar Fathur Rahman/Borneo FC (winger)

Best fairplay team: Borneo FC

Piala PresidenAremaLiga IndonesiaArema FCEduardo AlmeidaPiala Presiden 2022

Berita Terkini