x

Media Vietnam Sebut Negara Ini Bakal Gantikan Timnas Indonesia Bila Resmi Keluar dari AFF

Rabu, 20 Juli 2022 20:55 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Indra Citra Sena
Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM – Terkait wacana timnas Indonesia untuk pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF), media Vietnam menyebutkan negara penggantinya.

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia sedang mempertimbangkan opsi untuk keluar dari Federasi Sepak Bola Asia (AFF).

Baca Juga

Hal tersebut merupakan buntut dari kejadian timnas Indonesia yang gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Indonesia.

Alasan PSSI keluar adalah karena tidak puas dengan kinerja dari Federasi Sepak Bola Asia (AFF). Gugatan terhadap Thailand dan Vietnam sama sekali tidak digubris.

Baca Juga

Akibat kejadian tesebut netizen Indonesia beramai-ramai menyarankan agar Indonesia keluar dari AFF, dan pindah ke EAFF.

Dalam waktu dekat, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sedang menindaklanjuti keputusan tersebut. Dirinya juga sudah melakukan komunikasi dengan pihak EAFF.

Menurut Iriawan, PSSI akan mempertimbangkan keputusan tersebut dengan matang. Karena banyak aspek yang harus diperhatikan, yakni untung rugi yang didapatkan.

“Tentu saja, kami masih membahasnya secara menyeluruh. Terima kasih kepada para penggemar atas sarannya. Ini adalah bukti kecintaan masyarakat Indonesia terhadap sepakbola,” ungkap Iwan Bule, sapaan akrabnya.

Baca Juga

“Namun, kami masih harus berdiskusi dengan hati-hati. Karena keputusan untuk meninggalkan AFF dapat berdampak besar pada sepak bola Indonesia,” tambahnya.

Namun, menurut media Vietnam, jika timnas Indonesia serius pindah ke EAFF, bakal ada negara yang menggantikan penggawa Garuda di AFF.


1. Siapa Pengganti Timnas Indonesia?

Potret suporter Timnas Indonesia dan Vietnam di depan Stadion Rizal Memorial

Beberapa waktu terakhir, Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) telah mengkonfirmasi bahwa sedang mempertimbangkan untuk meninggalkan AFF untuk pindah ke EAFF.

PSSI menilai langkah ini akan meningkatkan standar sepak bola Indonesia, karena menghadapi tim-tim kuat seperti Jepang, Korea, dan China.

Baca Juga

“Para penggemar berharap PSSI dapat bergabung dengan EAFF karena dengan begitu, level tim Indonesia akan meningkat,” dikutip dari surat resmi PSSI.

Hal tersebut tentunya akan menjadi salah satu keuntungan yang didapatkan oleh timnas Indonesia jika jadi bergabung dengan EAFF.

Baca Juga

“Jika bergabung dengan EAFF, tim Indonesia akan sering bertemu Jepang, Korea Selatan, Cina atau Korea Utara,” lanjut isi surat resmi tersebut.

Selain itu, jika Indonesia jadi bergabung dengan EAFF, maka hal tesebut akan membuat para pemain bisa fokus untuk mengikuti kompetisi resmi agenda FIFA.

Secara tidak langsung, hal ini menguntungkan bagi pemain yang bakal punya laga internasional yang minim, terlebih bagi pemain yang Abroad atau berkarier di luar negeri.

Sedangkan menurut laporan dari media Vietnam, Dantri, tim yang akan menggantikan timnas Indonesia di AFF adalah Australia.

Baca Juga

Australia telah mengikuti banyak turnamen usia muda, seperti U-16 dan U-19. Dalam waktu dekat, mereka juga akan mengikuti Piala AFF U-16 di Indonesia pada 31 Juli-12 Agustus.

Namun, mereka belum pernah berpastisipasi di Piala AFF senior. Australia bisa sepenuhnya menggantikan timnas Indonesia.


2. Masyarakat Vietnam Dukung Indonesia Angkat Kaki dari AFF

Suporter Ultras Garuda di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Mencuatnya kabar yang mengatakan bahwa Indonesia akan keluar dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) tampaknya membuat masyarakat Vietnam beramai-ramai mendukung keputusan Indonesia tersebut.

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 tampaknya masih menyisakan cerita di kalangan para penggemar sepak bola Tanah Air.

Bahkan, para penggemar sepak bola Tanah Air sampai ramai-ramai menyarankan agar Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI mundur dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

Baca selengkapnya

PSSITimnas IndonesiaBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)EAFF

Berita Terkini