x

Profil Klub Liga 1 2022/23 Persib Bandung: Tidak Ada Kompromi, Targetkan Juara!

Jumat, 22 Juli 2022 12:44 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Starting eleven Persib saat mengahadapi Persib U-20 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (09/07/22).

INDOSPORT.COM - Persib Bandung kembali menargetkan gelar juara, pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang bakal dimulai pada 23 Mei 2022.

Target juara yang ingin diraih pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya, pada musim sebelumnya tim kebanggaan Bobotoh gagal menjadi juara setelah finish di peringkat kedua.

Baca Juga

Melihat hasil yang didapat pada musim 2021-2022, skuad Maung Bandung tak ingin kembali mengecewakan Bobotoh, untuk itu pada musim ini pelatih Persib, Robert Rene Alberts, ingin timnya meraih hasil maksimal di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Kami juga bisa mendapat tanggapan dari pemain, bagaimana mereka menatap Liga dan berbicara soal target kami musim ini. Target kami cukup jelas, setelah berbicara dan berdiskusi, kami tidak berkompromi dan ingin menjadi juara, itu target utama kami," tegas Robert Alberts.

Pelatih yang sempat menangani PSM Makassar ini merasa optimis, skuat Maung Bandung bisa meraih target juara pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Rasa optimis Robert Alberts, bukan tanpa alasan, pasalnya dia melihat skuad Pangeran Biru memiliki modal yang cukup bagus untuk tampil di kompetisi Liga 1 2022-2023, setelah jadi runner-up di musim sebelumnya.

Baca Juga

Selain itu, Robert Alberts menilai pada musim lalau Persib menjadi salah satu tim yang memiliki pertahanan terbaik.

Berkaca dari pengalaman tersebut, ia merasa optimis pada musim ini tim kebanggaan Bobotoh bisa tampil lebih baik lagi dan menjadi juara.

Apalagi, pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, pertandingan bisa disaksikan lagi oleh penonton dan kembali normal dengan format home and away.

Baca Juga

Sehingga, pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, pemain dipastikan bakal memiliki motivasi berlipat untuk menampilkan permainan terbaiknya.

"Kami berada di posisi kedua musim lalu dan menjadi tim dengan pertahanan terbaik. Itu tolak ukur kami," ungkap Robert Alberts.
 


1. Kedalaman Skuad Persib Bandung

Persib Bandung menggelar doa bersama menjelang Liga 1 2022-2023 di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (20/07/22).

Persib Bandung melakukan perombakan yang cukup besar untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, dengan melepas beberapa pemain lokal dan dua asing seusai berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022.

Esteban Vizcarra menjadi pemain pertama yang dilepas oleh skuad Maung Bandung. Kemudian, Indra Mustafa, dilanjutkan Gian Zola yang sebelumnya dipinjamkan ke Persela Lamongan, setelah itu Mario Jardel dan bek senior yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014, Supardi Nasir.

Baca Juga

Selanjutnya, Bruno Cantanhede juga dilepas, setelah kontraknya bersamaan skuat Maung Bandung tidak diperpanjang oleh manajemen Persib, kemudian Puja Abdillah, Dhika Bayangkara, Ardi Idrus, Mohammed Rashid, Muhammad Natshir dan Aqil Savik, serta Syafril Lestaluhu.

Kemudian, untuk menambah kekuatan di kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Persib merekrut Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, David Rumakiek, Fitrul Dwi Rustapa, Eriyanto, Reky Rahayu, Ciro Alves dan Daisuke Sato.

Baca Juga

Persib juga mempromosikan Arsan Makarin Al Haq, yang sebelumnya memperkuat tim satelit Persib yang berlaga di kompetisi Liga 3 2021-2022, Bandung United, kemudian Robi Darwis dan Ridwan Ansori.

Perpaduan pemain senior dan muda tersebut, menjadi komposisi yang disiapkan oleh Robert Alberts untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

Daftar pemain Persib Bandung hingga 22 Juli 2022 :

Kiper: I Made Wirawan, Teja Paku Alam, Fitrul Dwi Rustapa, Reky Rahayu
Bek: Henhen Herdiana, Victor Igbonefo, Zalnando, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers (Belanda), Kakang, Bayu Mohamad Fiqri, David Rumakiek, Eriyanto, Daisuke Sato (Filipina)
Gelandang: Dedi Kusnandar, Rachmat Irianto, Robi Darwis, Ricky Kambuaya, Febri Hariyadi, Beckham Putra Nugraha, Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Marc Klok, Arsan Makarin Al Haq, Frets Butuan
Penyerang: David da Silva (Brasil), Ciro Alves, (Brasil), Ezra Walian, Ridwan Ansori 
 


2. Robert Rene Alberts dan David da Silva

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts memuji David da Silva. Foto : Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pelatih: Robert Rene Alberts

Robert Rene Alberts pertama bergabung dengan Persib pada 2019. Dia masuk menggantikan Miljan Radovic menjelang bergulirnya kick-off kompetisi Liga 1 2019.

Pelatih asal Belanda ini sudah tidak asing lagi bagi publik sepakbola Indonesia, pasalnya ia sudah cukup lama berkarir di tanah air dan menangani beberapa klub, diantaranya Arema dan PSM Makassar.

Pada musim pertamanya bersama Persib, Robert membawa skuad Maung Bandung berada di posisi keenam. Kemudian di musim 2020, tim kebanggaan Bobotoh mampu meraih kemenangan beruntun di tiga pertandingan, namun Liga 1 2020 dihentikan karena pandemi Covid-19.

Pada kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, Robert Alberts hampir membawa tim kebanggaan Bobotoh meraih gelar juara, namun sayang pada akhir kompetisi Persib Bandung hanya mampu finish sebagai runner-up tertinggal enam poin dari Bali United yang menjadi juara.

Bintang: David da Silva 

Striker asal Brasil ini bergabung dengan tim Persib Bandung, pada putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, saat itu dia direkrut untuk mengganti Geoffrey Castillion.

Pada putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, David da Silva mendapat kesempatan bermain dari Robert Alberts dalam 15 pertandingan.

Dari 15 pertandingan kompetisi Liga 1 musim 2021-2022, pemain berusia 32 tahun ini mengumpulkan 1.206 menit bermain dan mengoleksi 7 gol serta satu assist.

Kemudian pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, David da Silva tampil dalam tiga pertandingan babak penyisihan grup, sedangkan pada 8 besar terpaksa absen, lantaran mengalami cedera hamstring. Dari tiga laga itu, dia mencetak dua gol.

Penampilan apik David da Silva di musim sebelumnya, membuatnya kembali masuk dalam daftar pemain musim 2022-2023 dan bakal diandalkan di lini depan Persib.
 

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaDavid da SilvaprofilLiga 1 2022-2023

Berita Terkini