x

Media Vietnam 'Kebakaran Jenggot' Dengar Jepang dan Korea Dukung Timnas Indonesia Gabung EAFF

Senin, 25 Juli 2022 16:01 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Berita keinginan mundurnya Timnas Indonesia dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke EAFF tampaknya membuat salah satu media Vietnam ‘kebakaran jenggot'.

INDOSPORT.COM – Berita keinginan mundurnya Timnas Indonesia dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke EAFF tampaknya membuat salah satu media Vietnam ‘kebakaran jenggot’.

Media Vietnam, Soha, bahkan turut menanggapi artikel dari INDOSPORT yang mengatakan bahwa Jepang dan Korea kemungkinan mau mendukung Timnas Indonesia untuk bergabung ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Baca Juga

Soha, bahkan memuat kutipan terkait kemungkinan dukungan Jepang dan Korea Selatan agar Indonesia mau berpindah ke EAFF.

Meski sempat terkejut menanggapi isu kepindahan Indonesia ke EAFF. Soha juga mengatakan bahwa pemberitaan tersebut sepenuhnya masih bersifat spekulatif.

Dasar mereka mengatakan demikian karena belum adanya pernyataan resmi dari pimpinan federasi sepak bola di tiga negara yang diberitakan, yakni Jepang, Korea Selatan, dan China.

Baca Juga

Polemik keluarnya PSSI dari AFF memang diawali dari gagalnya Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal ajang bergengsi Piala AFF U-19 2022 lalu.

Meski pasukan Shin Tae-yong menang telak 5-1 atas Myanmar di laga pamungkas Grup A, nyatanya Garuda Nusantara secara tragis tetap tersingkir.

Regulasi jadul AFF menentukan bahwa posisi akhir penghuni klasemen adalah head-to-head, selisih gol dan produktivitas gol.

Baca Juga

Lantas, Timnas Indonesia U-19 kemudian tersingkir karena kalah head-to-head dari Vietnam dan Thailand yang notabene tak ada satu pun yang saling mengalahkan. Vietnam dan Thailand lolos karena bermain imbang 1-1 lewat laga yang kontroversial. 


1. Media Malaysia Larang Timnas Indonesia Keluar AFF

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Indonesia memang tengah menjadi buah bibir lantaran ancaman yang dicetuskan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, bakal keluar dari AFF.

Namun, mendengar kabar ingin hengkangnya Indonesia tersebut, Malaysia menentang akan keingininan federasi sepak bola Indonesia, PSSI.

Baca Juga

Mochamad Iriawan cukup geram dan terang-terangan menuturkan bakal cabut dari AFF lantaran protesnya mengenai lagai ‘main mata’ ke AFF belum digubris.

“Saya berharap AFF akan cepat menanggapi keluhan kami. Pertandingan antara Vietnam U-19 dan Thailand U-19 jelas tidak pantas. Kami masih menunggu tanggapan dari AFF,” ujar Mochamad Iriawan.

Saat ini, PSSI tengah mempertimbangkan dirinya untuk bergabung dengan Federasi Sepak Bol Asia Timur (EAFF).

Baca Juga

Bahkan, penggemar bola Indonesia juga begitu antusias dengan prospek negara Indonesia jika nantinya bermain di AFF.

Akun instagram EAFF pun bahkan membuka pintu kepada Indonesia jika Merah Putih itu mau bergabung.

Tawaran tersebut langsung mendapatkan dukunga dari penggemar bola di Indonesia. Jika bergabung, perkembangan sepak bola Indonesia dirasa akan meningkat.

Baca Juga

EAAF sendiri terdapat berbagai tim kuat, sebut saja Jepang, Korea Selatan, China, dan Korea Utara.

Negara-negara tersebut adalah tim yang pernah berpartisipasi dalam perhelatan akbar Piala Dunia. Selain itu, ada enam tim lain di EAFF, yaitu Guam, Makau, Hong Kong, Taiwan, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.


2. Pakar Bola Inggris Sampai Angkat Suara

Steve Darby, eks pelatih Timnas Thailand

Pakar sepak bola Inggris, Steve Darby mengatakan sikap PSSI yang ingin pindah ke EAFF tak ayal seperti anak kecil.

Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI memang tengah santer diberitakan akan pindah dari Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF)

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sendiri sebelumnya menegaskan bahwa ia sedang mempertimbangkan keputusan kepindahan tersebut.

Menurut Iwan Bule - sapaan akrab Mochamad Iriawan - kepindahan Indonesia ke EAFF akan membantu sepak bola Indonesia memiliki kesempatan untuk meninggkatkan kemampuan pemainnya.

Namun, ada alasan lain mengapa PSSI ingin hengkang dari AFF, yakni ketidakpuasaan terhadap kinerja AFF yang lamban dalam menangani aduan terkait hasil pada laga Vietnam U-19 melawan Thailand U-19.

Baca Selengkapnya: Media Malaysia Melarang Timnas Indonesia Keluar dari AFF, Ini Alasannya

PSSIVietnamBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Mochamad IriawanEast Asian Football Federation (EAFF)EAFF

Berita Terkini