x

Putar Otak Jelang Piala AFF, Bima Sakti Akan Coret 2 Pemain Timnas Indonesia U-16

Rabu, 27 Juli 2022 22:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Bima Sakti akan mencoret dua pemain Timnas Indonesia U-16 jelang Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mulai mengerucut jumlah pemain di skuad  Timnas Indonesia U-16, Rabu (27/07/22).

Setidaknya Bima Sakti mendaftarkan 28 pemain untuk Piala AFF U-16 2022. Dengan begitu, Bima Sakti bakal mencoret dua pemain.

Baca Juga

Saat ini sendiri diketahui Timnas Indonesia U-16 masih menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta. Dalam pemusatan latihan kali ini, Bima Sakti masih membawa 30 pemain.

Sementara sesuai regulasi AFF, setiap tim hanya boleh mendaftarkan 28 pemain. Dengan regulasi ini Bima Sakti harus berfikir keras siapa dua pemain yang akan dicoret.

"Ada 28 pemain yang akan kami bawa sesuai dengan regulasi," kata Bima Sakti kepada awak media.

Baca Juga

Dari sisi permainan, Bima menilai anak asuhnya sudah banyak mengalami perubahan sejak dua pekan menjalani pemusatan latihan.

“Anak-anak sudah banyak berubah dari cara bermain, taktik, teknik dan dan disiplinnya. Kerangka tim kami juga sudah terbentuk," jelas Bima.

Sejauh ini, tim sudah melakukan dua kali uji coba, melawan Porprov DIY U-20 dimana tim ini mendapat pelajaran berharga, takluk dengan skor 2-0.

Baca Juga

Kemudian disusul dengan perlawanan dari Porda Sleman U-18. Garuda Asia menang telak dengan skor 5-1.

“Dari dua kali laga uji coba, lawan kami semua memang memiliki selisih umur satu dan dua tahun di atas anak-anak, pertama kami memang kalah, tapi saya senang anak-anak bisa bangkit kembali dan memenangkan laga uji coba kedua dengan skor yang bagus,” ucap Bima.


1. Jaga Momentum

TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

Status timnya sebagai tuan rumah di kejuaraan AFF nanti membuat Bima Sakti sebagai pelatih Garuda Asia tidak mau kehilangan momentum.

Bima Sakti meminta para pemain Timnas Indonesia U-16 harus tampil menekan sejak laga pertama dimulai.

Baca Juga

“Sebagai tuan rumah, saya mau tim bermain menekan dan lebih ke depan. Kami harus memaksimalkan setiap laga yang semuanya penting."

"Saya menekankan kepada pemain mereka mesti fokus dan berusaha memenangkan laga demi laga,” pungkas Bima Sakti.

Baca Juga

Bima Sakti juga sangat antusias terkait gelaran Piala AFF yang dimainkan di Sleman-Bantul, Yogyakarta. Atmosfer stadion di Sleman selalu membawa kesan tersendiri karena menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Pelatih 46 tahun itu menjanjikan Timnas U-16 akan menyuguhkan penampilan terbaik. Harapannya bisa mengulang prestasi juara seperti tahun 2018 lalu. 


2. Perkembangan Tim

TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti mengatakan para pemain berkembang pesat setelah dua minggu pemusatan latihan di Yogyakarta. Kerangka tim untuk Piala AFF U-16 2022 juga sudah terbentuk. 

“Anak-anak sudah banyak berubah dari cara bermain, taktik, teknik dan dan disiplinnya. Kerangka tim kami juga sudah terbentuk. Kami tinggal menunggu regulasi dari AFF berapa pemain yang bisa didaftarkan,” kata Bima Sakti. 

“Saat ini, di tim ada 30 pemain dan semua memiliki kesempatan yang sama untuk berlaga di turnamen,” lanjutnya.

Dari hasil dua uji coba, Bima Sakti menilai anak asuhnya punya mental bagus, meski melawan tim yang lebih senior usianya. Terbukti mereka bisa bangkit, setelah alami kekalahan dari Porprov DIY U-20.

Jadwal Pertandingan Tim U-16 Indonesia:

31 Juli 2022, pukul 20.00 WIB – Indonesia vs Filipina, Stadion Maguwoharjo, Sleman

3 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB – Singapura vs Indonesia, Stadion Maguwoharjo, Sleman

6 Agustus 2022, pukul 20.00 WIB – Indonesia vs Vietnam, Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Timnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBima SaktiBola InternasionalPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini