x

Liga 1 Baru Berjalan 3 Pekan, Dewa United Resmi Coret Satu Pemain Lokal

Selasa, 9 Agustus 2022 15:06 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Klub promosi Liga 1, Dewa United secara resmi melepas penjagawa gawang Utam Rusdiana.

INDOSPORT.COM - Dewa United secara resmi melepas satu penjaga gawang pasca pekan ketiga Liga 1 Indonesia 2022/2023, yakni Utam Rusdiana. 

Mantan kiper Arema FC asal Malang, Jawa Timur tersebut telah meninggalkan klub per hari ini, Selasa (09/08/22).

Baca Juga

Menurut CEO Dewa United, Ardian Satya Negara, keputusan melepas Utam sudah dibicarakan secara matang dengan tim pelatih serta sang pemain. 

Kedua belah pihak telah sepakat akhiri kerja sama dengan alasan tertentu. 

"Kami dan Utam memang telah sepakat untuk mengakhiri kerja sama. Keputusan ini juga sudah melewati proses diskusi dengan tim pelatih," kata Ardian.

Sejak didatangkan 4 Juni lalu, Utam Rusdiana belum sekalipun mencicipi laga resmi dengan Dewa United. 

Baca Juga

Kiper yang membawa Arema FC juara Piala Presiden 2019 lalu ini bahkan tak masuk daftar susunan pemain pada tiga pekan awal Liga 1.

Dari tiga laga yang dilewati, pelatih Nilmaizar lebih memilih Deden Natshir sebagai kiper utama. Lalu Syaiful Syamsuddin jadi pelapis di bangku cadangan.

Baca Juga

Meski demikian, tim Tangsel Warrior tetap mendoakan Utam. Diharapkan pemain 27 tahun itu mendapat klub yang memberikan jaminan menit bermain lebih banyak. 

"Pastinya kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Utam dan berharap ia bisa sukses dalam kariernya setelah ini," tutur CEO Dewa United. 


1. Persaingan Kiper

Klub promosi Liga 1, Dewa United secara resmi melepas penjagawa gawang Utam Rusdiana.

Sebelumnya bergabung ke Dewa United musim ini, Utam Rusdiana cukup lama memperkuat Arema FC. Tahun lalu, dia sempat dipinjamkan ke klub Liga 2, Persekat Tegal.

Ketika bergabung dengan Dewa United, Utam Rusdiana menyatakan siap bersaing dengan tiga penjaga gawang lainnya yakni Deden Natshir, Syaiful Syamsuddin serta Gunandi. Sayangnya, hal tersebut gagal terwujud. 

Baca Juga

"Kalau soal persaingan dengan kiper lainnya, itu bukan masalah buat saya," ujar Utam ketika pertama kali tiba di Dewa United. 

"Setiap penjaga gawang punya kelebihan masing-masing dan soal kesempatan bermain itu murni keputusan pelatih. Siapa yang paling siap, dia yang layak main," tegasnya. 

Baca Juga

Setelah memutuskan berpisah dengan Dewa United, kemungkinan besar Utam Rusdiana akan memperkuat klub Liga 2 atau Liga 3. Pasalnya, bursa transfer putaran pertama Liga 1 sudah di tutup 4 Agustus lalu. 


2. Jebolan Ajax

Dewa United dikabarkan gagal mendapatkan duo jebolan Ajax Amsterdam untuk Liga 1 musim ini. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

Sementara itu, Dewa United mencanangkan akan mendatang dua pemain jebolan klub raksasa Belanda, Ajax Amsterdam. Keduanya masing-masing berposisi sebagai gelandang dan striker.

Akan tetapi, hingga Liga 1 bergulir dan bursa transfer putaran pertama ditutup 4 Agustus lalu, dua pemain incaran tersebut tidak jadi bergabung. 

Dikonfirmasi soal gagal berlabuhnya dua pemain Ajax tersebut, CEO Dewa United, Ardian Satya Negara, mengatakan mereka mengalami kendala dalam negosiasi. Hanya saja, dia tak merinci apakah masalah kesepakatan gaji atau lainnya. 

"Sayangnya negosiasinya tidak berjalan dengan baik, sehingga kami gak jadi bawa mereka ke sini," ujar Ardian.

Bos Dewa United itu pun masih cukup gregetan dengan gagalnya negoisasi dua jebolan Ajax tersebut. Karenanya, Ardian mengintip peluang untuk kembali berkomunikasi pada musim depan.

Baca selengkapnya: Liga 1: Sempat Gembar-gembor, Dewa United Beberkan Alasan Gagal Rekrut 2 Eks Ajax

Bursa TransferLiga IndonesiaUtam RusdianaLiga 1Dewa United FCLiga 1 2022-2023

Berita Terkini