x

Liga 1: Kecewa Manajemen Persib, Pentolan Bobotoh Gaungkan Demo Besar-besaran

Selasa, 9 Agustus 2022 14:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Pentolan Bobotoh, Eko Maung, menggaungkan demo besar-besaran lantaran kecewa dengan manajemen Persib Bandung dan hasil minor tim kesayangannya di Liga 1.Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Pentolan Bobotoh, Eko Maung, menggaungkan demo besar-besaran lantaran kecewa dengan manajemen Persib Bandung dan hasil minor tim kesayangannya di Liga 1 Indonesia.

Eko Maung, yang dikenal sebagai pengamat hukum sepak bola Indonesia sekaligus tokoh kenamaan Bobotoh, belakangan kerap menyoroti performa Persib Bandung.

Baca Juga

Seperti diketahui, Persib asuhan Robert Rene Alberts ini memang babak belur dalam tiga pertandingan perdana Liga 1 musim ini.

Pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib Bandung harus berbagi angka dengan Bhayangkara FC setelah laga berakhir imbang 2-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (24/07/22).

Kemudian pada pertandingan kedua, yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (30/07/22), David Da Silva dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan Madura United 1-3.

Baca Juga

Terbaru, tim besutan pelatih Robert Rene Alberts ini harus mengakui keunggulan Borneo FC dengan skor telak 4-1 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (07/08/22).

Dengan hasil ini, Persib harus terpuruk di urutan 17 usai hanya mengumpulkan 1 poin. Sementara Borneo FC pun merangsek ke urutan empat klasemen Liga 1 lewat koleksi 6 angka.

Situasi ini rupanya memancing kekecewaan Bobotoh. Mereka mendesak sang pelatih Robert Rene Alberts agar melepaskan jabatannya sebagai pelatih Persib.

Baca Juga

Melalui akun resmi di Instagram, Senin (08/08/22) Eko Maung, membocorkan rencana aksi Bobotoh, kelompok terbesar suporter Persib Bandung, melakukan aksi demo besar-besaran.

Aksi demo Bobotoh ini rencananya akan dilakukan di depan kantor manajemen PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) pada Rabu, 10 Agustus 2022 besok.


1. Bobotoh Rencanakan Demo Besar-besaran di Kantor Persib

Puluhan Bobotoh mendatangi Graha Persib.

Menurut lelaki bernama asli Eko Noer Kristiyanto, aksi demo ini bahkan sudah terencana dengan baik karena adanya surat pemberitahuan yang beredar sebelumnya.

Surat pemberitahuan ini sudah sesuai dengan aturan yang tertuang Pasal 28 UUD 1945 soal hak demokratis sehingga hak-haknya dijamin.

Baca Juga

‘Saya meyakini bahwa aksi yang akan dilaksanakan pada hari Rabu besok akan berdampak signidikan. Demo yang terencana dan terarah akan efektif, energi tidak terbuang sia-sia,” ujar Eko Maung.

“Berpotensi menghadirkan dialog produktif antara Bobotoh dan manajemen PT. PBB,” lanjut Eko Maung.

Dalam unggahannya yang lain, Eko Maung juga meyakini bahwa demo ini akan menjadi aksi terbesar yang dilakukan Bobotoh di era Liga 1.

Baca Juga

Ada pun alasan demo pada hari Rabu besok diyakini tidak akan sepi bahkan jadi yang terbesar, Eko Maung menjabarkan beberapa alalsannya:

1. Bentuk konsistensi ultimatum

minggu malam setelah Persib kalah dari borneo, kelompok bobotoh terbesar mengeluarkan pernyataan dan mengultimatum PT. PBB untuk menanggapinya dalam waktu 1x24 jam jika tidak maka akan ada aksi massa, dan tidak perlu menunggu waktu itu habis, para petinggi bobotoh tahu bahwa ultimatum diabaikan dan langsung bersiap untuk melakukan aksi dengan massa, sehingga tidak ada kekosongan...momentum terjaga

2. Para pentolan terlibat

Dalam konteks suporter bola, takkan pernah ada demo yang efektif jika pentolannya tidak ikut terjun langsung, karena kehadiran pentolan adalah bentuk ancaman langsung kepada klub bahwa ada keadaan yang tidak baik2 saja, dan tidak cukup diselesaikan oleh anggota2 walau jumlahnya banyak...aksi rabu nanti dipastikan para pentolan tak hanya memantau namun turun langsung

3. Keadaan PERSIB

Demo nanti terbuka untuk semua elemen bobotoh, semua prihatin dengan kondisi Persib yang babak belur di 3 laga pembuka, sungguh tidak pantas untuk klub sebesar PERSIB...jadi yang bergerak nanti motivasi terbesar ya hanya 1: untuk PERSIB, bukan untuk kelompok atau firm suporter

4. Terencana

Dengan beredarnya surat pemberitahuan demo yang berfungsi juga sebagai sarana konsolidasi maka demo kali ini tentu terencana dan tidak sekadar emosional, sporadis, atau dadakan...ada waktu 2 hari yang cukup untuk menggalang dukungan dan mengumpulkan energi, bukan hanya ajang hura2 atau nyanyi2 saja

Demo dilakukan di hari kerja, siang hari, ini sangat strategis karena orang PT. PBB pasti ngantor dan tidak bisa tutup mata

5. Tuntutan Jelas

Berbeda dengan demo2 sebelumnya, Tuntutan kali ini sangat simpel, jelas dan mudah dimengerti sehingga PT. PBB seharusnya takkan bisa berkelit atau memberi jawaban bercabang dan multi tafsir

Jika kalian ada waktu, bergabunglah dalam aksi bobotoh terbesar ini, kisahnya akan diceritakan sebagai pengantar tidur anak cucu, hingga berpuluh tahun kemudian


2. Rene Alberts Dapat Dukungan Romantis dari Sang Istri

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts dapat dukungan romantis dari sang istri usai timnya kalah dari Borneo FC. Foto: Instagram@keziamaureen

Robert Rene Alberts, mendapatkan dukungan romantis dari sang istri menyusul kekalahan tim yang ditangani suaminya, Persib Bandung, dari Borneo dalam lanjutan pekan ketiga Liga 1, Minggu (07/08/22).

Dalam unggahan di akun pribadinya di Instagram, Kezia Maureen menyatakan dirinya akan selalu berada di samping Rene Alberts sama seperti saat sang suami selalu di sampingnya saat dirinya dalam masa sulit.

“Selama waktu terburuk dalam hidup Anda, Anda akan melihat warna sebenarnya dari orang-orang yang peduli pada Anda!” tulis Kezia Maureen.

“Ketika saya terpuruk dan tak tahan lagi, Anda telah menyemangati saya untuk melihat langit biru. Saya harap saya selalu bisa melakukan hal yang sama untuk Anda!,” lanjut Kezia.

Dalam surat terbukanya, Kezia pun mengungkapkan perjuangan Rene Alberts yang bekerja tanpa henti  untuk memenuhi tuntutan semua orang, dalam hal ini Persib Bandung.

Baca selengkapnya: Liga 1: Persib Dicukur Borneo, Rene Alberts Dapat Dukungan Romantis dari Sang Istri

Persib BandungBobotohRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini