x

Dukung Protes Keras kepada Keluarga Glazers, Pengusaha Inggris Siap Ambil Alih Manchester United

Rabu, 10 Agustus 2022 22:49 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Avram Glazer.

INDOSPORT.COM – Buntut protes keras kepada keluarga Glazer, pengusaha asal Inggris, Michael Knighton siap mengambil alih kepemilikan raksasa Liga Inggris (Premier League) Manchester United.

Baru-baru ini, pengguna sosial media Twitter tengah diramaikan dengan tagar #EmptyOldTrafford, sejalan dengan hasil mengecewakan di laga perdana Liga Inggris 2022/2023.

Baca Juga

Aksi tersebut dicanangkan oleh pendukung Manchester United yang kecewa dengan sikap Glazer karena tidak mendukung rencana Erik ten Hag di bursa transfer musim ini.

Diketahui bahwa Glazer membeli raksasa Liga Inggris tersebut di tahun 2005. Hanya saja, posisinya saat ini sedang dalam tekanan karena hasil mengecewakan musim ini.

Meskipun Glazer telah menunjuk pelatih anyar, Erik ten Hag, tetapi pemilik klub dinilai tidak memberikan dukungan selama aktivitas di bursa transfer.

Baca Juga

Sejatinya, protes keras tersebut telah terjadi menjelang pertandingan pembuka melawan Brighton pada minggu lalu.

Saat ini Glazer sedang dalam posisi tidak dapat mempertahankan klub, seiring dengan keinginan penggemar agar Manchester United dijual.

Sebagai niat untuk menurunkan Glazer, pendukung The Red Devils berencana akan mengosongkan Stadion Old Trafford menjelang laga lanjutan Liga Inggris.

Baca Juga

Merespons dengan keinginan pendukung Manchester United, mantan direktur Michael Knighton lantas turun tangan.

Michael Knighton dikabarkan telah bergabung dengan sebuah konsorsium untuk menyusun tawaran demi membeli raksasa Liga Inggris, Manchester United.


1. Siapakah Michael Knighton Calon Pemilik Baru?

Avram Glazer.

Dilansir dari Manchester Evening News, menjelaskan bahwa Michael Knighton yang saat ini berusia 70 tahun merupakan pengusaha asal Inggris.

Sewaktu masih berusia muda, Knighton, sendiri pernah mencoba menjadi pesepak bola, dengan mendapatkan magang bermain di Conventry City.

Baca Juga

Hanya saja, karena cedera yang dialaminya, akhirnya ia memutuskan untuk berhenti dari sepak bola dan melanjutkan kariernya sebagai guru olahraga di salah satu sekolah di Huddersfield.

Knighton akhirnya naik jabatan sebagai kepala sekolah, setelahnya ia memilih untuk meninggalkan karier mengajar dan memulai bisnis properti.

Setelah beberapa tahun berlalu, Michael Knighton mengajukan tawaran sebesar 20 juta poundsterling untuk membeli Manchester United.

Baca Juga

Tapi setelah melakukan diskusi dan negosiasi, investor justru mengurungkan niatnya, sehingga membuat Knighton membatalkan tawarannya.

Alih-alih mengambil kursi sebagai dewan direksi di Manchester United, ia justru membeli Carlisle United, tetapi klubnya itu justru bangkrut.

Kini ia turut angkat suara setelah kegaduhan yang mencuat karena pendukung Manchester United menginginkan Glazer menjual klub.

Baca Juga

"Kami memiliki kepemilikan yang tidak kompeten dan sejujurnya tidak berguna yang hanya tahu sedikit tentang permainan sepak bola ini,” ungkap Knighton dilansir dari Manchester Evening News.

"Semua orang tahu bahwa kami membutuhkan kepemilikan baru dari klub sepak bola ini dan itu adalah tujuan saya dan itu adalah tujuan saya,” tegasnya.


2. Janji Michael Knighton Kepada Pendukung

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Michael Knighton lantas mengungkapkan bahwa ia memiliki janji dan keuangan yang baik, dan saat ini ia bersama timnya tengah mempersiapkan dokumen penawaran.

“Tapi niat saya adalah untuk memberi pemilik ini tawaran yang sah, kuat, dan komersial untuk mengatakan: 'Kamu sudah kehabisan jalan, saatnya pergi, karena waktumu sudah habis’,” ungkapnya.

"Dan sejujurnya, para penggemar di seluruh dunia sudah muak dengan rezim ini. Perasaan menarik dari musim baru, yang kita semua miliki, dan balon kegembiraan yang ada di sana,” sambungnya.

“Semuanya meledak ketika kami dengan cepat melihat penampilan melawan Brighton. klub sedang dalam krisis dan akan tetap dalam krisis sementara kami memiliki kepemilikan saat ini,” pungkasnya.

Manchester UnitedAvram GlazerLiga InggrisOne Football

Berita Terkini