x

Digdaya Gebuk Thailand, Vietnam Tebar Ancaman buat Timnas U-16 di Final Piala AFF

Kamis, 11 Agustus 2022 07:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, membeberkan kunci kemenangan atas Thailand dan lolos ke final Piala AFF U-16 2022. Para pemain dianggap mengeluarkan semangat yang luar biasa.

Vietnam sebenarnya tak diunggulkan untuk lolos semifinal setelah kalah dari Indonesia 1-2 di laga pamungkas fase grup. Ada Malaysia yang lebih dijagokan bersama Myanmar.

Baca Juga

Namun, belakangan situasi justru berbalik. Vietnam yang lolos sebagai runner-up terbaik malah melangkah ke final setelah menyingkirkan juara Grup B, Thailand.

Dalam pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/22) sore, Vietnam unggul lewat gol Nguyen Cong Phuong menit ke-29, serta Nguyen Trong Tuan (82').

"Semangat tim luar biasa. Para pemain tampil bagus dan menjalankan instruksi dengan baik," kata Nguyen Quoc Tuan dalam jumpa pers usai pertandingan.

Baca Juga

Nguyen Quoc Tuan melihat timnya bukan sekadar menang, melainkan juga mampu meminimalkan peluang dari Thailand. Sehingga, performa sore ini sungguh memuaskan tim pelatih.

"Saya sangat senang dengan hasil laga. Pemain kami tampil bagus dan sekarang kami bersiap untuk laga selanjutnya," tutur Nguyen Quoc Tuan.

Baca Juga

Kini, Vietnam fokus untuk mengembalikan kebugaran pemain. Mereka akan kembali bersua timnas Indonesia U-16 yang baru saja menang adu penalti atas Myanmar usai bermain sama kuat 1-1 di waktu normal.

Partai final Piala AFF U-16 2022 antara timnas U-16 menghadapi Vietnam akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8/22) malam.


1. Thailand Mengaku Kalah

Duel pemain Vietnam dengan Thailand. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Di sisi lain, pelatih Thailand U-16, Pipob Onmo, menikmati jalannya pertandingan yang disebutnya sangat bagus. Mantan pemain Persisam Samarinda (kini Bali United) ini mengakui Vietnam lebih baik.

Baca Juga

Apalagi sebelum ke Indonesia, para pemain Vietnam sempat pemusatan latihan di Jerman dan menghadapi beberapa tim kuat di sana.

Baca Juga

"Sungguh pertandingan yang menarik, terutama dari segi kualitas. Mereka memiliki persiapan yang sangat baik," ujar Pipob Onmo.


2. Thailand Tak Mau Cari Alasan

Para pemain Vietnam merayakan gol ke gawang Thailand. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Pipob Onmo menolak alasan bahwa tim ini kalah karena tak tampil dengan kekuatan penuh. Terutama sang kapten tim, Pacharaphol Lekkun.

"Sedikit mempengaruhi, tapi kami tahu kualitas pemain tak jauh berbeda. Jadi, tidak bisa menjadi alasan kenapa kami tidak bisa bermain baik dan menang hari ini," tutur Pipob.

Baca Juga

Menurutnya, Thailand dibangun dengan tak mengandalkan kualitas individu tertentu, namun lebih ke kebersamaan tim dalam bermain. Mereka berusaha memperbaikinya agar para pemain lebih berkembang lagi.

VietnamThailandTimnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaLiga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaOne FootballPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini