x

Timnas Indonesia Jadi Kampiun di Piala AFF U-16 2022, Media Vietnam: Tekanan Fans Mengerikan

Sabtu, 13 Agustus 2022 01:39 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Subhan Wirawan
Timnas Indonesia U-16 sukses keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 2022. Media Vietnam turut berkomentar.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 sukses keluar sebagai kampiun Piala AFF U-16 2022. Media Vietnam turut berkomentar.

Thethao247 turut menyinggung suporter Timnas Indonesia U-16 yang memberi tekanan mengerikan pada pasukan Timnas Vietnam U-16.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti sendiri mampu memenangi turnamen kelompok umur Piala AFF -16 2022.

Bertanding dengan Timnas Vietnam U-16 di partai final, Muhammad Iqbal Gwijangge dan kolega menang dengan skor akhir 1-0.

Gol tunggal Muhammad Kafiatur di akhir babak pertama memberi kemenangan bagi Timnas Indonesia U-16 sekaligus menjuarai event tersebut.

Baca Juga

Kemenangan ini seolah menyudahi dahaga panjang Garuda Muda yang terakhir kali menyabet gelar yang sama 2018 silam.

Kini, koleksi trofi Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF berubah menjadi 2 buah alias berada di bawah Thailand dan Vietnam yang mengoleksi 3 piala.

Timnas Indonesia U-16 berjejer dengan Malaysia, Myanmar serta Australia yang mendapatkan gelar yang sama yakni sebanyak 2 kali.

Baca Juga

Media Vietnam memberikan komentarnya usai kemenangan Timnas Indonesia U-16. Merela menyinggung suporter Timnas Indonesia U-16 yang memberi tekanan mengerikan pada Timnas Vietnam U-16.

"U16 Indonesia didukung sorak-sorai 30.000 fans tuan rumah, berbeda dengan U16 Vietnam. Itu adalah tekanan yang mengerikan," tulis media tersebut.


1. Komentar Media Vietnam

Gelandang, Achmad Zidan Rossi saat menguasai bola dengan kawalan pemain Vietnam, Le Duc Phat. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Menurut Thethao247, tekanan yang dilancarkan oleh fans Indonesia yang memadati Stadion Maguwoharjo membuat Vietnam kesulitan menemukan ritme permainan di awal-awal laga.

Akibatnya, menurut media tersebut anak asuh Nguyen Quoc Tuan digempur habis-habisan oleh Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

"Itu (tekanan penonton) menjadi alasan dengan cepat mendahului Vietnam U16 agar bisa mencetak gol lebih awal," tulis media tersebut.

"Namun, para pemain kami berdiri dengan sangat kokoh," tambah Thethao247.

Adapun, pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam sendiri berjalan ketat sejak awal laga. Tensi tinggi terjadi sejak peluit kick off berbunyi.

Baca Juga

Bahkan di babak kedua, permainan yang cenderung panas membuat wasit harus mengeluarkan sejumlah kartu.

Pelatih hingga official Timnas Vietnam U-16 mendapat kartu merah alias diusir keluar lapangan lantaran terlibat memprotes keras keputusan wasit. Di menit-menit injury time, keributan antara pemain Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam sempat tak terhindarkan.

Beruntung, Timnas Indonesia U-16 mampu mempertahankan keunggulan hingga membuat Garuda Muda angkat trofi di event tersebut.

Baca Juga

Hasil itu tentu disambut euforia dan sukacita di Tanah Air. Netizen di sosial media pun turut meluapkan kebahagiannya.

Kebanyakan warganet mengkaitkan kemenangan Garuda Muda dengan kado kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2022.


2. Curhat Pedagang Jersey di Final Piala AFF U-16 2022: Pahit Mas

Kang Oman, pedagang jersey Timnas Indonesia asal Bandung di Piala AFF U-16 2022. Foto: Triyoga Sandi Pamungkas/INDOSPORT

Final Piala AFF U-16 2022 yang mempertemukan Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam, Jumat (12/08/22), menyisakan sebagian cerita bagi beberapa orang. 

Cerita pahit dialami oleh salah seorang pedagang jersey di Stadion Maguwoharjo, Oman (41). Iamenceritakan pengalamannya yang berjualan Jersey sejak hari pertama bergulirnya Piala AFF U-16 2022. 

Pedagang yang datang jauh-jauh dari Bandung ini mengungkap pengalaman pahitnya saat berjualan jersey di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. 

Oman mengaku bahwa ini adalah pengalaman terpahitnya ketika berjualan jersey di stadion. 

"Saya sudah dua minggu disini. Dari hari pertama timnas main saya sudah jualan," kata Oman, saat diwawancarai langsung oleh Tim INDOSPORT.COM

Baca Juga
VietnamTimnas Indonesia U-16Bola InternasionalTimnas VietnamOne FootballPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini