☰
x

Teco Sayangkan Dua Pelatih Asing Harus Mundur dari Liga 1

Minggu, 14 Agustus 2022 18:58 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Pelatih Bali United, Pelatih, Stefano Teco Cugurra saat konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Sabtu (10/06/22), jelang pertandingan Persib Bandung di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, menilai terlalu awal ketika dua pelatih sudah meninggalkan tim Liga 1 2022/2023. Keduanya adalah Robert Rene Alberts dari Persib Bandung dan Javier Roca dari Persik Kediri.

Robert Albers dan Javier Roca sudah tak bersama tim setelah hasil minor dalam tiga laga awal Liga 1. Pelatih asal Belanda itu mundur setelah suporter menggelar demo besar-besaran di Bandung.

Baca Juga

Sementara mundurnya Roca menjadi tanda tanya karena banyak warganet yang menanyakan di media sosial tim.

Mundurnya keduanya menjaga tradisi Liga 1 setiap musim. Pada musim lalu saja, hanya sedikit pelatih yang bisa bertahan hingga akhir musim.

Stefano Cugurra Teco pun angkat bicara terkait situasi tersebut. Ia menyebut mundurnya pelatih ketika kompetisi baru berjalan tiga laga pasti tak bagus buat sepak bola.

Baca Juga

"Ya ini situasi yang tidak bagus pastinya buat sepak bola, tapi saya tidak bisa jawab lebih karena saya tidak ada di dalam tim. Apakah ada masalah di sana, saya tidak tahu," ucap Teco.

Teco tak memahami dasar dari keduanya meninggalkan tim. Bila faktor utamanya karena tiga laga tak berjalan mulus, hal itu terlalu cepat.

Apalagi jarak poin antartim masih sangat dekat. Hasil dari satu pertandingan saja bisa mengubah situasi di klasemen sementara Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

"Kita cuma main tiga pertandingan di liga. Saya pikir ini terlalu awal. Seperti yang saya bilang sebelumnya, musim lalu, dari 18 tim, hanya lima pelatih saja yang bisa bertahan dari laga pertama sampai selesai," tutur Teco.

Teco menyebut pergantian pelatih tak selalu berbuah hasil. Musim lalu, Persiraja Aceh juga mengganti pelatih, namun tetap degradasi.


1. Berpeluang Menyusul

Pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Jacksen F Tiago (Prabowo/INDOSPORT)

Persiraja berganti dari Hendri Susilo, kemudian ditempati sementara oleh Akhyar Ilyas dan kedatangan pelatih asal Brasil, Sergio Alexandre.

Begitu pula dengan Persela Lamongan yang berganti nahkoda dari Iwan Setiawan, kemudian Jafri Sastra masuk hingga Ragil Sudirman yang menjabat sebagai karteker.

Baca Juga

Hal sama pun terjadi pada Persipura Jayapura. Setelah Jacksen Tiago tak mampu mengangkat tim, masuknya Alfredo Vera juga tak bisa menyelamatkan tim

"Banyak tim yang terdegradasi, mereka ganti banyak pelatih, tapi tetap degradasi. Kita harus melihat, terkadang ada pelatih yang kurang, tapi kadang ada faktor lain juga. Waktu ganti tiga hingga empat kali, menurut saya itu bukan faktor pelatih ketika masih degradasi," lanjutnya.

Baca Juga

Kini, dua nama tersebut berpeluang disusul sosok lain yang timnya belum mendapat hasil bagus pada awal Liga 1 2022/2023.

Baca Juga

Pelatih yang posisinya terancam mulai dari Jacksen Tiago di Persis Solo dan Dejan Antonic di Barito Putera.


2. Calon Pelatih Baru

Mantan pelatih Bhayangkara FC, Paul Munster.

Beberapa pelatih dengan nama besar siap mengisi deretan posisi yang kosong. Ada Paul Munster, Mario Gomez, Benjamin Mora hingga Luis Milla Aspas.

Nama-nama tersebut punya sederet prestasi yang menarik untuk diajak kerja sama. Namun bagi klub yang meminangnya juga membutuhkan dana tak sedikit. Kabarnya, Benjamin Mora sudah dekat dengan Persib Bandung.

Bali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Javier RocaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini