x

PSSI: Pemain Elite Pro Academy Boleh Ditarik untuk Gabung Timnas Indonesia U-16

Rabu, 17 Agustus 2022 07:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

INDOSPORT.COM - PSSI telah menggulirkan Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18 2022 mulai Senin (15/08/22) di Jakarta. Kompetisi berlangsung di Lapangan ABC dan lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS). 

Ketua umum PSSI, Mochamad Irawan berharap dua kompetisi kelompok usia itu berjalan lancar. Klub, pelatih dan pemain diminta menampilkan permainan terbaik. 

Baca Juga

Menurut Ketum PSSI, EPA bisa jadi seleksi bagi pemain untuk masuk Timnas Indonesia U-16 dan U-18. Jika ada yang sesuai kriteria, maka bisa saja dipanggil tim pelatih Timnas. 

"Setiap tahun dilakukan kegiatan ini, ini juga menjadi kesempatan bakat muda untuk masuk timnas, nanti pelatih (timnas) dan tim scouting yang menentukan," kata Mochamad Iriawan.

Baca Juga

"Pemain kekar dan tinggi 186 bisa menjadi bibit timnas kita. Semoga bisa sukses dan bisa mengambil pemain terbaik dari U-14, U-16, U-18," imbuhnya. 

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI mengatakan ada potensi penambahan pemain untuk Timnas U-16 yang akan ikut Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Para pemain EPA pun punya kesempatan untuk dipanggil. 

Baca Juga

"Kalau ada pemain masuk radar timnas, akan diambil. Pemain U-16 dari EPA atau Soeratin. Kami hanya melihat dan fasilitasi, mendorong, mendukung jika ada bibit baru untuk Timnas U-16," tuturnya.

"Pasti ada, postur pemain yang ada cukup baik, bisa jadi ada tambahan untuk Timnas U-16," imbuh Iwan Bule. 


1. Ketua PSSI Serahkan ke Pelatih

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti bersama Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Meski demikian, PSSI menegaskan, semua keputusan akhir ada ditangan tim pelatih Timnas U-16 atau pun U-18. 

Adapun Timnas U-16 baru saja meraih gelar juara di Piala AFF U-16 2022. Tim asuhan Bima Sakti mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 dipartai final, 12 Agustus lalu. 

Baca Juga

"Bisa, ada kemungkinan, tergantung pelatih. Mungkin ada tambahan bisa saja," ujar Iwan Bule. 

"Sekarang formasi sudah bagus. Kalau ada (pemain) yang lebih bagus, Bima Sakti bisa ambil. Semua kami serahkan ke pelatih biar leluasa mengambil pemain yang bagus. Kami lihat U-16 ini luar biasa," tuntasnya. 

Baca Juga

Elite Pro Academy U-16 dan U-18 2022 diikuti oleh semua klub peserta Liga 1. Sedangkan untuk EPA U-14 baru akan kick off pada 1 September mendatang. 

Sementara itu, Timnas U-16 asuhan Bima Sakti kini tengah berada di Jakarta. Mereka akan dipanggil ke Kantor Presiden, Rabu (17/08/22) untuk ikut apel HUT RI dan setelahnya diberikan jatah libur. 


2. Penggawa Timnas Indonesia U-16 Berpeluang Dipanggil Shin Tae-yong

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam dan Juara Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Penampilan apik Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022 sepertinya bisa membuka pintu untuk mereka tampil di Piala Dunia U-20 2023 mendatang, Senin (15/08/22).

Timnas Indonesia U-16 memang berhasil menjadi kampiun Piala AFF U-16 2022. Skuad Garuda Asia berhasil menjadi juara usai menaklukkan Vietnam pada babak final dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman beberapa waktu lalu.

Penampilan apik Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF membuka peluang beberapa pemain untuk bisa naik kelas ke Timnas Indonesia U-20 dan tampil di Piala Dunia U-20.

Hal ini diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau yang biasa disapa Iwan Bule. "Saya rasa pelatih kepala untuk U-20 kan Shin Tae-yong, walaupun dia di luar, kemarin ada asistennya yang melihat," buka Iwan Bule.

Baca selengkapnya: Juara Piala AFF, Penggawa Timnas Indonesia U-16 Berpeluang Dipanggil Shin Tae-yong ke Piala Dunia U-20

PSSITimnas Indonesia U-16Liga IndonesiaElite Pro Academy (EPA) Liga U-16Mochamad Iriawan

Berita Terkini