x

Kandidat Pelatih Baru Persis Solo Sudah Familier di Liga 1, Siapa Saja?

Selasa, 23 Agustus 2022 15:23 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Persis Solo saat menjalani official training di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (18/9/22) pagi. Foto; Persis Solo

INDOSPORT.COM - Persis Solo sudah melakukan pendekatan ke sejumlah pelatih pasca-mundurnya Jacksen F. Tiago. Sinyal yang ada mengarah kepada pelatih yang selama ini sudah familier di Liga 1 Indonesia.

Jacksen Tiago mengumumkan pengunduran diri usai Persis Solo menang atas Bhayangkara FC 1-0. Pelatih berpaspor Brasil ini mundur atas permintaan dari sang istri.

Baca Juga

Rasiman kemudian dipilih menjadi caretaker. Sebelum ada penunjukkan ini, Rasiman menjabat sebagai pelatih Persis Youth, membantu direktur teknik Misha Radovic.

Pelatih asal Banjarnegara itu mulai bertugas pada Minggu (21/8/22) dan memimpin Persis Solo melawan Madura United, Selasa (23/8/22).

Dalam regulasi Liga 1, durasi caretaker hanya sebulan saja. Artinya, dalam rentan waktu tersebut, Persis harus memilih sosok yang memiliki lisensi sesuai regulasi yakni AFC Pro atau setara.

Baca Juga

Media Officer Persis Solo, Bryan Barcelona, mengatakan perburuan pelatih baru terus berjalan. Ada beberapa nama yang jadi kandidat pelatih kepala Persis Solo.

"Kami sudah ada pendekatan dengan beberapa nama, tapi tidak buru-buru memutuskan. Paling penting kita lihat kondisi tim usai melawan Madura United," kata Bryan Barcelona, Selasa (23/8/22).

Sejumlah rumor sudah bermunculan. Mulai dari Javier Roca (eks Persik Kediri), Robert Rene Alberts (eks Persib Bandung), hingga eks pelatih Johor Darul Takzim, Benjamin Mora.

Baca Juga

Bryan enggan menanggapi rumor tersebut. Dia juga ogah memberi kode kandidat pelatih baru karena pasti mudah ditebak. Kemungkinan besar kandidat merupakan sosok familier di Liga 1.

"Saya tidak bisa sebut nama karena pasti bisa langsung ketebak, tapi yang pasti kita sudah scouting untuk beberapa nama yang masuk dalam jajaran pelatih Persis Solo," jelas Bryan.


1. Pertahankan Staf Pelatih

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Saat ini, Rasiman bertugas sebagai caretaker bersama staf kepelatihan lama, yang sudah mengawal Jacksen Tiago dari masa awal persiapan.

Ada pelatih fisik asal Brasil, Felipe Chaves, asisten pelatih, Eko Purdjianto, Tithan Suryata dan Andri Ramawi, serta pelatih kiper, Edi Harto.

Baca Juga

"Staf pelatih yang lama masih ada dalam tim semua. Bisa saja setelah lawan Madura tetap coach Rasiman," ucap Bryan Barcelona.

Soal kapan pelatih baru akan merapat, Bryan belum bisa memberi kepastian. Persis Solo berpatokan pada regulasi bahwa caretaker memiliki durasi satu bulan.

Baca Juga

"Tapi, bisa juga setelah itu sudah ada pelatih baru, tidak menutup kemungkinan. Intinya sesuai regulasi, durasi caretaker itu sebulan," ungkap Bryan.


2. Ada Penolakan Roca

Persis Solo saat menjalani official training di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (18/9/22) pagi. Foto; Persis Solo

Rumor paling kencang untuk bursa pelatih Persis Solo ada pada Javier Roca. Mantan pelatih Persik Kediri ini pernah menjadi pemain Persis Solo pada 2012-2013 lalu.

Rumor ini turut dipanaskan unggahan salah satu pendiri suporter Pasoepati, Mayor Haristanto, dalam akun facebook pribadinya. Ia menulis "welcome back" coach Javier Roca.

Baca Juga

Panasnya rumor soal Javier Roca sudah disikapi para suporter. Ada banyak yang belum yakin dengan rumor ini. Ada juga yang menginginkan Robert Rene Alberts dan Benjamin Mora.

Tak sedikit yang mengungkapkan penolakan karena Javier Roca sebelumnya juga tak meraih hasil bagus di Liga 1 2022-2023 bersama Persik Kediri.

Persis SoloJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Javier RocaLiga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini