x

Hadapi Dewa United Tanpa Carlos Fortes, PSIS Semarang Tak Ingin Gagal Lagi di Tangerang

Senin, 29 Agustus 2022 11:29 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain PSIS Semarang Carlos Fortes bersama Wawan Febrianto merayakan usai mencetak gol ke gawang Persita Tangerang di Piala Presiden. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - PSIS Semarang tak ingin gagal meraih poin lagi dalam lawatan ke Indomilk Arena, Tangerang, melawan Dewa United pada lanjutan Liga 1 2022/2023, Senin (29/08/22). Absennya Carlos Fortes tak mengganggu fokus tim.

Mahesa Jenar menjadi satu dari tiga tim Liga 1 yang belum meraih poin dalam partai tandang. Mereka selalu tak dinaungi dewi fortuna dalam setiap lawatan.

Baca Juga

Tiga kekalahan dalam tiga partai tandang berakhir dengan kekalahan dramatis. Setelah dibekuk Arema FC 1-2 dan Persib Bandung 1-2, terakhir PSIS kalah 0-1 dari Persebaya Surabaya.

Gol tercipta pada detik akhir jelang laga usai lewat sepakan indah Marselino Ferdinan. Kekalahan itu yang membuat Sergio Alexandre dipecat dan untuk sementara posisi pelatih dipegang sang asisten, Achmad Resal.

Deretan kegagalan itu coba ditebus dengan meraih poin penuh di kandang Dewa United. Penyerang PSIS, Andreas Ado, memastikan tim dalam kondisi siap tempur.

Baca Juga

"Kita punya misi untuk meraih tiga poin perdana di tandang. Ini jadi motivasi berlipat bagi kami karena sebelumnya tidak bisa meraih poin," kata Andreas Ado, Minggu (28/08/22).

Andreas Ado menyadari bahwa meraih poin dari markas Dewa United bukan pekerjaan mudah. Anak asuh Nilmaizar pasti ingin bangkit setelah dihajar Borneo FC 0-3 di Samarinda.

Namun, semangat berlipat itu membuat seluruh skuat PSIS akan berjuang mewujudkan poin perdana pada laga tandang.

Baca Juga

"Kami punya tekad dan motivasi berlipat untuk menang atas Dewa United. Tim pelatih sudah menyiapkan rencana untuk pertandingan ini," tutur Andreas Ado.

Semangat sama turut diungkapkan caretaker PSIS, Achmad Resal. Meski kembali tampil tanpa Carlos Fortes, fokus PSIS tak terganggu sama sekali.


1. Pernah Bertemu di Piala Presiden 2022

Duel bek PSIS Semarang, Rio Saputra dengan Winger Dewa United, Rangga Muslim di Piala Presiden 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

"Alhamdulillah kondisi tim baik, hanya ada beberapa yang masih cedera, tapi itu bukan masalah, karena kita fokus pada pertandingan melawan Dewa United," tegas Achmad Resal.

Pada tahun ini, PSIS sudah pernah melawan Dewa United di Piala Presiden 2022. Dalam pertemuan itu, kedua tim berbagi angka 2-2 di Stadion Manahan Solo.

Baca Juga

Resal menilai pertemuan itu tak bisa menjadi dasar setiap tim untuk menyusun strategi. Apalagi seiring berjalannya waktu, kekuatan kedua tim sudah berubah.

"Pramusim tidak bisa jadi patokan karena kami maupun Dewa sudah melakukan pembenahan di kompetisi sesungguhnya," jelas Resal.

Dari apa yang telah diamatinya, kekuatan Dewa United memang berbeda. Apalagi beberapa pilar belum bermain saat Piala Presiden 2022 lalu.

Baca Juga

"Kekuatan Dewa United secara keseluruhan bagus. Materi pemain juga berimbang lini per lini. Itu yang perlu kita waspadai," jelas Resal.

Tantangan yang perlu dilakukan sekarang adalah membenahi psikologis pemain. Kekalahan dramatis atas Persebaya harus dilupakan dan fokus penuh melawan Dewa United.

Baca Juga

"Saya akan menaikkan motivasi pemain karena sebelumnya kalah dari Persebaya. Lupakan kekalahan itu dan menatap laga melawan Dewa United," ucap Resal.


2. Persaingan Klasemen Liga 1

Pertandingan Liga 1 antara Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang.

Tambahan poin penting bagi PSIS maupun Dewa United karena persaingan di klasemen sementara Liga 1 2022/2023 sangat ketat.

Untuk sementara ini, PSIS ada di peringkat 13 dengan tujuh poin. Dewa United ada satu tingkat di bawahnya dengan enam poin atau sama seperti Persis Solo.

PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Dewa United FCCarlos Manuel Dos Santos FortesLiga 1 2022-2023

Berita Terkini