x

Rene Alberts atau Gama Lima? Barito Putera Libatkan Suporter Pilih Pelatih Anyar

Selasa, 30 Agustus 2022 15:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (27/06/22). Foto: Robert Rene Alberts

INDOSPORT.COM - Antara Robert Rene Alberts atau Alexandre da Gama Lima, Barito Putera akan melibatkan kelompok suporter untuk memilih pelatih anyar.

Diketahui, setelah terjerembab di zona degradasi pekan keenam Liga 1 2022-2023, Barito Putera resmi memecat pelatih Dejan Antonic dan sang asisten, Mladen Dodic.

Baca Juga

Manajemen Barito Putera mengumumkan keputusan ini pada Kamis (25/8/22) malam, melalui unggahan di media sosial Instagram.

Berakhirnya kerja sama ini, tidak lepas dari menurunnya penampilan Laskar Antasari di lima laga awal Liga 1 2022-2023, padahal mereka cukup dominan saat di Piala Presiden 2022.

Pada Liga 1 2022-2023, Rizky Pora dkk hanya meraih satu kemenangan atas Borneo FC, namun empat laga sisanya berakhir kalah, termasuk kalah 8-0 dari Madura United.

Baca Juga

Bahkan, ketika Dejan Antonic hengkang pun, Barito Putera kembali dipermalukan Rans Nusantara FC dengan kekalahan 2-1, di Stadion Pakansari Bogor, Senin (29/8/22).

Manajer Barito Putera, Ikhsan Kamil turut angkat suara. Menurutnya, pemecatan Dejan Antonic adalah langkah terbaik.

"Keputusan itu adalah hasil kesepakatan kita bersama dan Coach Dejan, tidak ada permasalahan apapun, termasuk dengan pemain," ucap Ikhsan melalui rilis resmi.

Baca Juga

"Kita doakan Coach Dejan selalu sukses dalam karir, dan kita menganggap Coach Dejan sebagai keluarga besar PS Barito Putera," tambah Ikhsan dalam rilisnya.

Rentetan hasil minor ini membuat Barito Putera terjerembab ke posisi ke-17 dari 18 kontestan Liga 1 2022-2023. Laskar Antasari hanya meraih tiga poin dari enam laga.


1. Suporter Bakal Pilih Pelatih Barito Putera

CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman.

Saat ini, manajemen Barito Putera masih belum menentukan siapa pengganti Dejan Antonic untuk menjabat sebagai pelatih kepala Laskar Antasari di Liga 1 2022-2023.

Ada beberapa nama yang beredar, mulai dari pelatih yang berpengalaman di Liga Indonesia, ada pula pelatin yang belum pernah mencicipi level sengitnya Liga 1.

Baca Juga

Dua nama yang paling kuat berhembus di kalangan suporter adalah Robert Rene Alberts, eks pelatih Persib Bandung, dan Alexandre da Gama Lima, pelatih asal Brasil.

CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman masih tutup mulut akan calon pelatih anyar Laskar Antasari. Namun, ia mengaku akan melibatkan suporter dalam pemilihannya.

Hal ini dilakukan agar suporter juga bisa memahami dan tahu bagaimana kualitas pelatih yang terbaik untuk Laskar Antasari.

Baca Juga

"Kita nanti akan melibatkan suporter dalam pemilihan kandidat pelatih, kita atur nanti pertemuannya," Kata Hasnuryadi Sulaiman.

Pada kesempatan itu, Hasnuryadi sempat mengisyaratkan, jika ia sudah mendapatkan tiga kandidat untuk mengisi posisi pelatih kepala, dan ketiganya adalah pelatih asing.

Nantinya, ia akan mencari sosok lokal untuk menjadi asisten pelatih, agar bisa meracik strategi yang pas untuk Laskar Antasari.

Baca Juga

"Head coach-nya saja yang diganti. Asisten pelatih tetap yang ada, atau bisa kita ambil dari legend, mantan pemain Barito Putera yang juga jadi pelatih," jelas Hasnuryadi.

"Kita cari sosok yang mengerti betul dengan budaya kita, karena itulah kita perlu pelatih lokal sebagai asistennya," pungkas Hasnur. 


2. Siapa Alexandre da Gama Lima?

Alexandre Da Gama Lima pelatih Timnas Thailand

Robert Rene Alberts mungkin sudah cukup populer di Indonesia. Maka, akan menarik jika membahas siapa sebetulnya kandidat lainnya, Alexandre Torreira da Gama Lima.

Sekadar informasi, Alexandre Gama Lima adalah mantan asisten pelatih di Timnas Korea Selatan pada tahun 2009-2010.

Kemudian, Alexandre Gama Lima juga pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Thailand U-21 dan U-23 pada 2018-19 lalu.

Setelah lama menjadi juru taktik di Liga Thailand, Alexandre Gama Lima kembali ke Korea dan melatih Daegu FC. Namun, baru baru ini, Alexandre tak perpanjang kontrak.

Jika benar Alexandre Gama Lima akan menjadi pelatih Barito Putera, maka ini akan menjadi pengalaman pertamanya sebagai juru taktik klub Indonesia, di Liga 1 2022.

Barito PuteraDejan AntonicPelatihRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Hasnuryadi SulaimanBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini