x

6 Pemain Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-19, Begini Komentar Shin Tae-yong

Rabu, 31 Agustus 2022 02:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Sejumlah pemain tanpak belum bergabung untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 jelang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-19 sudah menjalani latihan selama enam hari terakhir untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada September nanti. Saat ini baru 30 pemain yang hadir, dari 36 nama yang dipanggil.

Baca Juga

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong mengatakan latihan dilakukan selama tiga kali sehari. Semua pemain yang dipanggil juga dalam kondisi baik dan program latihan mulai fokus dengan penguasaan bola. 

"TC mulai tanggal 25, latihan mulai 26. Tiap hari latihan tiga kali sehari. Memang saat ini pemain sangat baik ikuti arahan dan fisiknya pun sudah mulai meningkat juga. Mulai hari ini fokus ball touch dan program latihan sejauh ini lancar," ujarnya. 

Saat ini, masih ada enam pemain yang absen dari TC Timnas U-19 karena membela klubnya di Liga 1 2022.

Baca Juga

Mereka adalah Frengky Missa, Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico, Ginanjar Wahyu dan Cahya Supriyadi dari Persija Jakarta serta Marselino Ferdinan dari Persebaya Surabaya. 

Tetapi, hal itu tidak jadi masalah buat Shin Tae-yong. Dia mengatakan keenam nama itu baru akan bergabung pada tanggal 2 September nanti. 

"Secara pribadi saya ingin mereka gabung dari awal, tapi pasti ada masalah tim masing-masing. Saya memahami juga," tutur Shin Tae-yong. 

Baca Juga

"Nanti tanggal 2 dan 4 September mereka akan kembali ke Timnas, jadi saat ini tak ada masalah besar," imbuhnya. 

Dari 36 pemain yang dipanggil, sebagian besar adalah jebolan dari AFF U-19 2022. Mental dan skill mereka semakin meningkat dan nantinya hanya 23 nama yang terpilih untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

"Pastinya secara mental jadi baik dan secara skill ada peningkatan. Pemain muda seperti ini berbeda-beda setiap hari, akan berkembang setiap hari. Dari pemain tunjukkan perkembangan baik," jelasnya. 


1. Calon Lawan Timnas Indonesia U-19

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 akan berlangsung 14-18 September mendatang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Skuad Garuda Nusantara bersaing dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste. 

Dari empat negara di Grup F, hanya juara grup yang dipastikan lolos lebih cepat ke babak utama Piala Asia U-20. Sedangkan runner up masih harus bersaing dengan negara lain berdasarkan regulasi yang ditentukan. 

Baca Juga

Total ada 44 negara yang mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, yang dibagi ke dalam 10 grup.

Aturannya adalah semua juara grup dan lima runne up terbaik yang berhak lolos ke putaran final Piala Asia U-20 AFC 2023 bersama sang tuan rumah, Uzbekistan.

Baca Juga

Berdasarkan jadwal Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 yang telah dirilis, Indonesia akan mainkan laga pertama lawan Timor Lester. Selanjutnya giliran Hong Kong dan terakhir lawan Vietnam.


2. Tanggal Marselino Gabung Timnas Indonesia U-19

Usai memberikan wejangan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan berfoto bersama pemain Timnas Indonesia U-19. Foto: Triyoga Sandi Pamungkas/INDOSPORT

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, buka suara terkait pemanggilan Marselino Ferdinan ke timnas Indonesia U-19. Ia rencananya bergabung setelah laga melawan Bali United, Jumat (2/9/22).

Status Marselino terbilang berbeda dibandingkan deretan nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta mulai Kamis (25/8/22). Dia bukan sekadar gelandang yang baru berusia 17 tahun.

Marselino merupakan bagian penting dari skuat Bajul Ijo. Kebangkitan Persebaya dalam dua laga terakhir di Liga 1 2022-2023 juga tak lepas dari kembalinya sang pemain.

Pada awal-awal kompetisi musim ini, Persebaya sempat kehilangan sosok Marselino di sektor tengah. Aliran bola pun tak selancar ketika ia ada di atas lapangan.

Baca selengkapnya: Persebaya Masih Butuh, Ini Dia Jadwal Marselino Ferdinan Gabung Timnas U-19 

Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini