x

Diresmikan Jokowi, Papua Football Academy Jadi 'Pabrik' Penghasil Boaz Solossa Baru

Rabu, 31 Agustus 2022 15:45 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Indra Citra Sena
Presiden Indonesia, Joko Widodo meresmikan Papua Football Academy, Rabu (31/8/22).

INDOSPORT.COM – Presiden Joko Widodo berharap Indonesia bisa menciptakan legenda sepak bola baru, setelah meresmikan Papua Football Academy, Rabu (31/8/22).

Dihadiri Presiden Joko Widodo, Papua Football Academy pada akhirnya telah diresmikan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua.

Baca Juga

Seperti diketahui, tanah Papua terus menciptakan pesepak bola berbakat dan terlahir sebagai legenda. Tampaknya, usaha untuk memupuk generasi baru berhasil tercapai, setelah menjalin kerja sama dengan PT Freeport Indonesia.

Dilansir laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, terwujudnya Papua Football Academy merupakan hasil dari permintaan Jokowi.

Baca Juga

Pada November tahun lalu, Jokowi menagih komitmen dari PT Freeport Indonesia untuk pembangunan SDM di Papua.

Sejalan dengan permintaan dari orang nomor satu di Indonesia itu, Jokowi meminta agar fasilitas setelah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 bisa kembali dimanfaatkan.

“Bulan November tahun lalu, saya undang Dirut PT Freeport Indonesia. Saat itu saya minta komitmen untuk pembangunan SDM di Tanah Papua,” ungkap Jokowi dikutip dari situs Kemenpora.

Baca Juga

“Saya juga minta fasilitas-fasilitas yang dipakai untuk PON bisa terawat, dan saya minta dibangun di Papua akademi sepak bola. Hari ini, sudah terwujud yang namanya Papua Football Academy,” sambungnya.

Menariknya, ketika Presiden Jokowi meresmikan Papua Football Academy, ia turut menyebutkan legenda-legenda sepak bola asli dari Tanah Papua.


1. Tanah Papua Melahirkan Legenda Sepak Bola

Legenda timnas Indonesia, Rully Nere, meyakini bahwa keberadaan Papua Football Academy (PFA) sangat membantu pembinaan sepak bola usia dini di Papua.

Sejalan dengan peresmian Papua Football Academy, Presiden Indonesia Joko Widodo, menyampaikan bahwa Papua telah melahirkan pemain sepak bola berbakat.

Menariknya, pemain kelahiran Papua turut membantu dan memperkuat skuad Garuda Asia, Timnas Indonesia.

Baca Juga

Ada pun beberapa pemain legenda Indonesia asal Papua, juga turut disebutkan oleh Presiden Jokowi sewaktu meresmikan Papua Football Academy.

“Kita tahu Tanah Papua telah melahirkan talenta berbakat. Ada Rully Nere, Johanes Auri, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Ramai Rumakiek, dan saya senang lihat Ricky Kambuaya,” jelas Jokowi.

Peresmian tersebut kian spesial, terlebih ketika Presiden Jokowi meminta salah satu legenda sepak bola Indonesia asal Papua, Rully Nere, menaiki podium.

Baca Juga

Jokowi berharap dengan kedatangan Rully Nere ke acara peresmian tersebut, bisa menjadi daya dorong dan inspirasi bagi anak-anak Tanah Papua.

Bahkan, orang nomor satu di Indonesia itu menyebutkan, bahwa ia dan Ibu Iriana merupakan pengagum berat Rully Nere.

“Dulu, Pak Rully ini kalau main (bertanding), nggak laki-laki atau perempuan semuanya ngefans, termasuk bu Jokowi (Iriana) senang melihat Rully Nere,” ungkap Jokowi.

Baca Juga

“Nah, jika ingin seperti mereka (legenda sepak bola Papua), ini jalannya sudah ada yaitu Papua Football Academy,” jelas Presiden Jokowi.

Dengan peresmian Papua Football Academy, tentu besar harapan untuk kelahiran bakat-bakat baru layaknya Rully Nere, Johanes Auri, Alexander Pulalo, Boaz Solossa, Ramai Rumakiek, hingga Ricky Kambuaya.


2. Sepak Bola Papua Kian Maju

Legenda timnas Indonesia, Rully Nere, meyakini bahwa keberadaan Papua Football Academy (PFA) sangat membantu pembinaan sepak bola usia dini di Papua.

Legenda timnas Indonesia, Rully Nere, meyakini bahwa keberadaan Papua Football Academy (PFA) sangat membantu pembinaan sepak bola usia dini di Papua.

Sebagai wakil putra Papua yang pernah cukup lama bertahan di jagat sepak bola Tanah Air, termasuk timnas Indonesia, Rully Nere menyadari betapa pentingnya kehadiran akademi sebagai bentuk pembinaan usia dini.

"Saat ini, belum ada akademi sepak bola di Papua. Padahal, kami punya banyak klub yang berkompetisi di Liga Indonesia. Kehadiran PFA jelas sangat membantu pembinaan sejak usia dini," ujar Rully Nere.

Baca Juga

Menurut Rully, klub-klub di Papua punya keuntungan untuk mendapatkan pemain hasil didikan Papua Football Academy. Walau siswa jebolan PFA juga bisa bermain di klub luar Papua lewat Elite Pro Academy (EPA).

"Sebenarnya, kehadiran Papua Football Academy sangat membantu Persipura memiliki calon-calon pemain untuk mengikuti Elite Pro Academy. Sayang, Persipura harus bermain di Liga 2 untuk musim ini," kata Rully Nere.

Baca selengkapnya: Kini Punya Akademi Sepak bola, Legenda Timnas Indonesia Yakin Papua Makin Maju

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)PapuaJoko WidodoRully NereLiga IndonesiaFreeportPapua Football Academy

Berita Terkini