x

5 Bintang Eropa yang Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022: Ada Rival Incaran AC Milan!

Kamis, 1 September 2022 19:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Lima bintang Liga Eropa yang berpotensi perkuat Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2022 mendatang, salah satunya adalah rival dari incaran klub AC Milan!

INDOSPORT.COM – Melihat lima bintang Liga Eropa yang berpotensi perkuat Timnas Indonesia di gelaran Piala AFF 2022 mendatang, salah satunya adalah rival dari incaran klub AC Milan!

Usai menjadi runner-up di Piala AFF 2020, kali ini Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan kembali tampil di ajang ini pada edisi 2022.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup A setelah dilakukannya drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada Selasa (30/08/22) siang WIB.

Timnas Indonesia yang berada di Pot 3, mendapat undian di grup A dan akan bergabung dengan Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang babak play-off.

Adapun babak play-off akan mempertemukan dua tim dengan peringkat FIFA terendah di Asia Tenggara, yakni Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Juara bertahan Thailand jelas akan jadi lawan terberat Timnas Garuda. Sebab, pada final Piala AFF 2020 lalu, Thailand mengalahkan Indonesia dengan agregat 6-2.

Sedangkan rival-rival Timnas Indonesia seperti Malaysia dan Vietnam berada di grup B bersama dengan Laos, Myanmar, dan juga Singapura.

Berbeda dengan edisi 2020 lalu, pada Piala AFF 2022 kali ini tampaknya Timnas Indonesia bakal semakin tangguh lantaran berpotensi diperkuat sejumlah pemain top Eropa.

Baca Juga

Tak hanya bintang asli Indonesia, ada juga beberapa pemain keturunan di Liga Eropa yang diperkirakan dapat membela timnas pada Piala AFF 2022 nanti.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, lima pemain Liga Eropa yang bakal perkuat Timnas Indonesia di AFF 2022:


1. Egy Maulana Vikri

Pemain Indonesia, Egy Maulana Vikri Bersama FK Senica

Nama pertama adalah Egy Maulana Vikri. Pemain berusia 22 tahun tersebut merupakan salah tumpuan Timnas Indonesia di lini depan skuat Garuda.

Saat ini, Egy Maulana Vikri tengah memperkuat Zlate Moravce yang mentas di ajang Fortuna Liga atau kasta teratas Liga Slovakia.

Baca Juga

Statistiknya pun terbilang baik, yakni dengan bermain sebanyak tiga pertandingan dan memberikan satu assist.

Dari catatan tersebut, jelas Egy Maulana Vikri bisa menjadi ancaman serius buat lawan Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 nanti.

Witan Sulaeman
Berikutnya ada Witan Sulaeman. Mantan rekan setim Egy Maulana Vikri di FK Senica ini juga diprediksi bakal jadi momok menakutkan tim lawan.

Baca Juga

Pasalnya, Witan Sulaeman punya catatan tak kalah mentereng bersama klubnya saat ini, AS Trencin yang di Liga Slovakia.

Meski baru didatangkan, namun Witan Sulaeman langsung mendapat kepercayaan untuk tampil dalam lima laga dan mencetak dua gol buat AS Trencin.

Berduet dengan Egy Maulana Vikri di lini depan, daya serang Timnas Indonesia pun dipastikan akan semakin tajam bersama Witan Sulaeman.

Baca Juga

Elkan Baggott
Di lini pertahanan, ada bek muda berkualitas dengan masa depan cerah yakni Elkan Baggott yang sejak Piala AFF 2020 lalu sudah jadi langganan Timnas Indonesia.

Pada musim ini, Elkan Baggott yang masih berusia tahun tampil tak tergantikan di lini pertahanan Gillingham FC yang mentas di League Two atau kasta keempat Liga Inggris.

Total hingga awal September ini, Elkan Baggott sudah bermain sebanyak 9 pertandingan dengan jumlah waktu bermain sebanyak 810 menit.


2. Sandy Walsh

Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

Untuk menemani Elkan Baggott, ada Sandy Walsh yang juga sangat tangguh dalam memutus serangan lawan.

Berbeda dengan Elkan Baggott, sosok Sandy Walsh masih diragukan tampil membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 lantaran proses naturalisasinya belum rampung.

Baca Juga

Namun jika sukses merampungkan perpindahan paspornya, maka kehadiran Sandy Walsh akan jadi keuntungan besar buat Timnas Indonesia.

Pasalnya, pemain berusia 27 tahun itu punya statistik mentereng bersama klubnya KV Mechelen yang mentas di ajang Jupiler Pro League atau kasta teratas Liga Belgia.

Di musim lalu, Sandy Walsh mampu catatkan tiga gol serta 7 assists dari total 34 semua ajang. Dirinya bahkan tampil penuh saat hadapi Noah Lang, bintang Club Brugge KV yang sempat diincar raksasa Liga Italia, AC Milan.

Shayne Pattynama

Terakhir adalah Shayne Pattynama. Pemain dari klub Viking FK di kasta teratas Liga Norwegia ini juga berpeluang memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Sama seperti Sandy Walsh, peluang Shayne Pattynama berseragam Merah Putih juga bergantung dari rampungnya proses naturalisasi sang pemain.

Andai segera resmi menjadi WNI, kehadiran Shayne Pattynama tentu akan jadi keuntungan besar buat lini pertahanan Timnas Indonesia.

Pasalnya, pemain berusia 24 tahun ini punya sejumlah keunggulan dalam bermain. Mulai dari kemampuan versatile atau tampil di sejumlah posisi, serta visi bermain yang tinggi terutama dalam membantu serangan.

Di musim lalu, Shayne Pattynama mampu tampil sebanyak 24 pertandingan dengan koleksi dua gol serta memberikan 5 assist di ajang liga.

Torehan tersebut sukses membantu Viking FK finish di peringkat ketiga klasemen akhir dan berhak tampil di UEFA Conference League lewat jalur kualifikasi.

Timnas IndonesiaPiala AFFOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini