x

Elkan Baggott dan Sandy Walsh Terancam Absen di Piala AFF 2022, Begini Respons PSSI

Kamis, 1 September 2022 18:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Elkan Baggott dan Sandy Walsh terancam absen di Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - PSSI berencana memanggil pemain naturalisasi dan yang bermain di luar negeri untuk Piala AFF 2022. Namun, rencana Timnas Indonesia ini berpotensi tak berjalan sepenuhnya. 

Setidaknya ada sembilan nama yang bisa dipakai pada kejuaraan akhir tahun. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani. 

Baca Juga

Saat ini, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah disetujui Komisi III DPR RI. Keduanya tinggal menunggu rapat dengar pendapat berikutnya yakni dengan Komisi X DPR RI pada 1 September 2022 nanti. 

Jika sudah selesai, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh akan dikembalikan ke Setneg dan Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Kepres (Keputusan Presiden). Terakhir, pemain akan diambil sumpah sebagai WNI.

Lalu ada juga Shayne Pattynama yang berkasnya sudah berada di Setneg. Jika tak ada halangan, ketiganya jadi WNI dalam waktu dekat dan bermain di Piala AFF 2022.

Baca Juga

Akan tetapi, ada sedikit problem yang diprediksi muncul apabila para pemain tersebut dipanggil. Karena Piala AFF bukan agenda resmi FIFA, jadi klub pemilik bisa saja enggan melepasnya.

Jika Sandy Walsh resmi jadi WNI dan dipanggil untuk Piala AFF 2022, PSSI harus lakukan lobi tingkat tinggi. Sebab, klub Sandy, KV Mechelen masih bertanding di Liga Belgia (laga terakhir sebelum libur natal pada 23 Desember dan lanjut lagi 6 Januari 2023). 

Lalu, Elkan Baggott yang bermain di kasta keempat Liga Inggris bersama Gillingham. Dia masih bertanding hingga 30 Desember 2022 dan dilanjut 1 Januari 2023. 

Jadwal Sandy dan Elkan tentu saja berbenturan dengan jadwal Piala AFF 2022 yang rencananya dimainkan dari 20 Desember 2022 hingga 23 Januari 2023. 


1. PSSI Siap Lobi-lobi

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (28/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Sementara untuk tujuh pemain lainnya kemungkinan besar bisa ikut Piala AFF 2022 tanpa halangan. Kompetisi di negara yang bersangkutan sudah selesai atau ada yang baru dilanjut pada Februari 2023. 

"Saya akan jajaki jauh-jauh hari ke pemain. Apabila ada agenda timnas, supaya mereka bisa ikut," buka Ketum PSSI, Mochamad Irawan. 

Baca Juga

"Kita memang kesulitan di sana karena AFF bukan agenda FIFA. Tapi kita harus komunikasi. Buktinya waktu tahun lalu Saddil bisa," katanya.

"Doakan mereka bisa perkuat kita. Mereka bisa perkuat barisan belakang. karena tingginya pas untuk blok bola atas," lanjut Ketum PSSI soal pentingnya kehadiran Jordi Amat, Elkan Baggot dan Sandy Walsh. 

Baca Juga

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah punya rencana untuk Piala AFF 2022. Dia akan memanggil pemain naturalisasi, termasuk Jordi Amat, Shandy Walsh dan Shayne Pattiname.

Baca Juga

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia berada di Grup A. Skuad Garuda akan bersaing dengan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang play off antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.


2. Jadwal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia raih gelar runner up di Piala AFF 2020.

Berikut ini jadwal Piala AFF 2022 yang akan mulai bergulir pada 23 Desember 2022 hingga 15 Januari 2023. Catat juga tanggal Timnas Indonesia menghadapi juara bertahan Thailand.

Setelah sukses meraih status runner-up di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong akan kembali ke ajang ini untuk edisi 2022.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia tergabung di Grup A setelah dilakukannya drawing Piala AFF 2022 yang digelar pada Selasa (30/08/22) siang WIB.

Timnas Indonesia yang berada di Pot 3, mendapat undian di grup A dan akan bergabung dengan Thailand, Filipina, Kamboja, serta pemenang babak play-off.

Adapun babak play-off Piala AFF 2022 akan mempertemukan dua tim dengan peringkat FIFA terendah di Asia Tenggara, yakni Timor Leste dan Brunei Darussalam.

Baca Selengkapnya: Jadwal Piala AFF 2022: Catat Tanggal Timnas Indonesia Hadapi Thailand

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2022

Berita Terkini