x

Liga 1: Kemenangan Mahal Bali United Atas Persebaya, Tulang Fibula Irfan Jaya Retak

Sabtu, 3 September 2022 16:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Tackle bek Persebaya, Rizky Ridho pada Winger Bali United, Irfan Jaya. Gara-gara tackle ini, Irfan Jaya mengalami cedera retak tulang fibula. Foto: Bali United

INDOSPORT.COM - Bali United harus membayar mahal kemenangan atas Persebaya Surabaya 1-0 pada pekan kedelapan Liga 1 di Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (02/09/22).

Penyerang andalan mereka, yakni Irfan Jaya dipastikan bakal absen lama karena mengalami cedera retak pada tulang fibula.

Baca Juga

Irfan Jaya benar-benar apes dalam laga kemarin. Pemain bernomor punggung 25 nyaris tak diturunkan dalam laga melawan Persebaya.

Irfan Jaya terpaksa dimasukkan menit ke-94 karena M Rahmat mengalami cedera. Rahmat jatuh setelah terlibat benturan dengan Rizky Ridho.

Ternyata, ketika bola berhasil direbut Rizky Ridho, Rahmat salah jatuh. Rahmat mengalami masalah pada sendi bahu hingga membuatnya mengerang kesakitan.

Baca Juga

Baru hitungan detik Irfan Jaya ada di lapangan, lagi-lagi pemain Bali United harus dilarikan ke ruang medis. Tackle Rizky Ridho membuat Irfan Jaya cedera.

Cedera yang dialami Irfan Jaya bukan cedera biasa. Mantan winger Persebaya Surabaya itu mengalami retak pada tulang fibula.

Dokter Bali United, dr. Ganda Putra memastikan Irfan Jaya harus istirahat lumayan lama untuk bisa kembali ke lapangan.

Baca Juga

"Irfan Jaya kemungkinan dua bulan, karena untuk tulang bagian retak itu bisa menyatu sempurna butuh waktu kurang lebih sekitar enam pekan."

"Total kurang lebih enam hingga delapan pekan untuk kembali lagi ke lapangan," kata dr. Ganda Putra, Sabtu (03/09/22) pagi.


1. Tak Hanya Irfan Jaya

Tackle bek Persebaya, Rizky Ridho pada Winger Bali United, Irfan Jaya. Gara-gara tackle ini, Irfan Jaya mengalami cedera retak tulang fibula. Foto: Bali United

Irfan Jaya bukan satu-satunya pemain yang harus rehat setelah duel melawan Persebaya. Pemain yang digantikannya, M Rahmat, juga akan absen membela Bali United.

dr. Ganda Putra menyebut, dar hasil x-ray diketahui bahwa Rahmat mengalami cedera grade satu pada sendi di bahu.

Baca Juga

"Untuk Rahmat, kita butuh waktu sekitar dua hingga tiga pekan untuk proses healing atau penyembuhan secara menyeluruh dan mengejar full range of motion atau gerakan yang dilakukan di sekitar area dada," tutur dr. Ganda Putra.

Kabar baiknya, cedera yang dialami Irfan Jaya dan M Rahmat tak sampai berlanjut ke tindakan meja operasi.

"Saat ini kondisi dari kedua pemain ini stabil, cukup konservatif saja dan tidak perlu dilakukan tindakan operasi," jelas dr. Ganda Putra.

Baca Juga

dr. Ganda berharap proses penyembuhan keduanya berjalan dengan maksimal dan membantu Bali United dalam upaya meraih prestasi pada Liga 1 2022/2023.

"Kita doakan saja kedua pemain ini isa segera kembali ke lapangan dan membantu tim Bali United," lanjut dr. Ganda Putra.


2. Novri Jadi Winger Lagi

Pemain Bali United, Novri Setiawan (tengah) bersama rekan-rekannya.

Cedera yang dialami dua pemain tersebut membuat pelatih Stefano Cugurra Teco harus memutar otak jelang bertemu Dewa United, Sabtu (10/09/22).

Ada potensi bahwa Novri Setiawan yang belakangan ini dipasang sebagai bek kanan, dikembalikan ke pos gelandang sayap kanan lagi.

Selain opsi itu, bisa juga Hendra Adi Bayauw yang belum nongol di Liga 1 akan ditampilkan. Novri dan Bayauw akan jadi pelapis dua sosok winger utama, Privat Mbarga dan Yabes Roni Malaifani.

Masih ada waktu beberapa sesi latihan buat Bali United menyiapkan strategi terbaik melawan Dewa United.

Partai kesembilan pada kompetisi Liga 1 2022/2023 akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, pada Sabtu (10/09/22) mendatang.

Persebaya SurabayaBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Irfan JayaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini