x

Kalahkan Ronaldo, Lionel Messi Cetak Rekor Gila Usai Bantu PSG Pesta Gol di Liga Prancis

Minggu, 4 September 2022 21:15 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Subhan Wirawan
Megabintang Liga Prancis (Ligue 1), Lionel Messi, kembali mencetak rekor usai membantu Paris Saint-Germain mengalahkan Nates dengan skor 0-3.

INDOSPORT.COM – Megabintang Liga Prancis (Ligue 1), Lionel Messi, kembali mencetak rekor dan ungguli sang rival abadi, Cristiano Ronaldo usai membantu Paris Saint-Germain mengalahkan Nates dengan skor 0-3.

Pada pertandingan pekan keenam Liga Jerman, Paris Saint-Germain kembali mencatatkan kemenangan setelah melakoni laga tandang ke markas Nates.

Baca Juga

Dua gol yang dicetak oleh Kylian Mbappe dan satu gol dari Nuno Mendes, sukses mempertahankan posisinya sebagai pemuncak klasemen.

Menariknya, dari dua gol yang dicetak Mpappe, seluruhnya merupakan hasil dari umpan Lionel Messi.

Meskipun tak ditemani Neymar, Lionel Messi tetaplah menjadi seorang pemain dengan peran vital bagi pelatih Christophe Galtier.

Baca Juga

Dengan kemenangan 0-3 itu, tentu Lionel Messi turut mencatatkan dirinya sebagai pencetak assist terbanyak.

Diketahui bahwa dari enam pertandingan di Liga Prancis musim ini, ia bersama Neymar telah mencetak enam assist.

Permainan Messi juga menunjukkan adanya perkembangan, setelah debutnya bersama PSG yang dapat dikatakan kurang memuaskan.

Baca Juga

Pemain berkebangsaan Argentina itu turut mencatatkan 119 sentuhan bola, melakukan sembilan dribel sukses dan menciptakan empat peluang.

Bahkan, Lionel Messi juga turut memecahkan rekor sebagai pemain pertama yang mencatatkan 100 assist sejak awal musim 2015/2016.


1. Rekor Baru Lionel Messi

Leandro Paredes dan Lionel Messi, pemain Paris Saint-Germain. Foto: REUTERS-Benoit Tessier

Dilansir dari Sofa Score, dua assist terbaru Messi turut memecahkan rekor luar biasa. Namanya kini terpilih sebagai pemain pertama yang mampu ciptakan 100 assists di lima kompetisi top Eropa sejak musim 2015/16 lalu.

Jumlah tersebut mampu mengungguli sang rival, Cristiano Ronaldo yang sejak musim 2015/16 baru mencetak sekitar 53 assists di lima liga top Eropa.

Baca Juga

Selain menjadi salah satu top skor terbanyak, pemain berusia 35 tahun itu juga acap kali disebut sebagai playmaker terbaik.

Memang benar bahwa insting untuk mencetak gol, beberapa waktu terakhir tidak setajam sebelumnya.

Hanya saja, Lionel Messi masih pantas jika disebut sebagai penyihir, lantaran selalu memainkan performa di level tertinggi selama bertahun-tahun.

Baca Juga

Seperti ketika masih berseragam Barcelona, Messi telah mencatatkan 16 assist di pelaksanaan Liga Spanyol musim 2015/2016.

Di musim berikutnya, ia hanya mampu mencatatkan sembilan assist. Tetapi di pelaksanaan Liga Spanyol 2017/2018 ia sukses mencetak 12 umpan gol.

Kemudian, di musim 2019/2020 merupakan catatan terbaiknya dari lima musim terakhirnya, yakni mampu mencetak 21 assist.

Ketika ia berlabuh ke Prancis untuk bergabung dengan Paris Saint-Germain, Messi mampu mengakhiri musim perdananya dengan torehan 14 assist.

Baca Juga

Sementara itu, di pelaksanaan Ligue 1 musim 2022/2023, ia telah membuat enam assist hanya dalam enam pertandingan saja.

Dari sekian catatan yang berhasil dicetak oleh Lionel Messi, tentu wajar jika ia menjadi sosok penting bagi era kepelatihan Christophe Galtier.


2. PSG Dijatuhi Hukuman UEFA

Nasser Al Khelaifi

UEFA  resmi menjatuhkan denda terhadap delapan klub yang terbukti melanggar Financial Fair Play (FFP). Dua klub raksasa Liga Italia, Inter dan AC Milan, termasuk sedangkan Barcelona mampu lolos.

Pada Jumat  (02/09/22) waktu setempat, UEFA merilis pernyataan denda karena pelanggaran FFP untuk delapan klub papan atas Eropa yang totalnya mencapai 172 juta euro atau setara Rp2,5 triliun.

Dari angka tersebut, hanya 15 persen atau sekitar 26 juta euro dari denda tersebut harus dibayarkan secara penuh di awal.

Sisanya tergantung kondisi setiap klub apakah memenuhi target yang disetujui dalam kesepakatan bersama beberapa tahun ke depan.

Denda tersebut dapat dibayarkan di muka atau dipotong dari pendapatan yang mereka raup dari kompetisi antarklub Eropa.

Baca selengkapnya: UEFA Resmi Jatuhi Denda 8 Tim karena FFP: AC Milan dan Inter Milan Terseret, Barcelona Lolos

Cristiano RonaldoLionel MessiParis Saint-GermainBola InternasionalLiga Prancis

Berita Terkini