x

Soal Nasib Timnas Indonesia U-16 Jelang Kualifikasi Piala Asia U-17, Begini Jawaban PSSI

Senin, 5 September 2022 10:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 usai mengalahkan Vietnam dan Juara Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 akan ikut Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022. Karenanya, pelatih Bima Sakti berharap timnya bisa berlatih dan uji coba di luar negeri.

Bima Sakti telah meminta agar mereka dapat kesempatan ke luar negeri karena lawan yang dihadapi sangat sulit. 

Baca Juga

Untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Timnas U-16 tergabung di Grup B, bersama Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Arab Emirat (UAE). 

Menanggapi hal tersebut, Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan akan berdiskusi lebih dulu dengan Bima Sakti. Tapi, opsi pertama untuk pemusatan latihan Timnas U-16 adalah di dalam negeri. 

Baca Juga

"Di dalam negeri dulu. Berikutnya bima Sakti Senin akan ketemu saya untuk bisa pastikan, kalau ke luar negerinya ke mana. Karena Bima Sakti yang tau komposisi pemain. Doakan saja,  nudah-mudahan bisa ke luar negeri," kata Ketum PSSI, Mochamad Iriawan. 

Baca Juga

Terkait rencana TC Timnas U-16 ke luar negeri, pemerintah melalui Menpora telah menyatakan dukungan. Apalagi, skuad asuhan Bima Sakti baru jadi juara di Piala AFF U-16 2022. 


1. Sudah Berkomunikasi dengan Menpora

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (28/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

PSSI juga telah berkomunikasi dengan Menpora untuk mematangkan keputusan akhir. 

"Saya sudah lapor Menpora, biar anak-anak U-16 ini jadi zaman keemasan. Menpora siap kawal dari kesehatan mereka dan dokter gizi, untuk lihat apa masih bisa tinggi dua tahun ke depan," ujar Ketum PSSI. 

Baca Juga

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti menyampaikan mereka belum pasti berangkat ke luar negeri. Kemungkinan Muhammad Iqbal dkk akan fokus menjalani pemusatan latihan di Tanah Air pada bulan ini. 

Baca Juga

Timnas U-16 juga dapat undangan ikut mini kejuaraan di Arab Saudi, tapi kesempatan itu bakal dilewatkan.

Baca Juga

Timnas Indonesia sejatinya ditunjuk sebagai tuan rumah di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada 1-9 Oktober 2022 mendatang. Tapi, PSSI belum menentukan lokasi atau venue pertandingan. 


2. Masih Tahap Komunikasi dengan AFC

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (28/08/22). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan masih berkomunikasi dengan AFC terkait hal tersebut. Opsi yang beredar adalah Jakarta sebagai kota tuan rumah. 

"Soal lokasi Kualifikasi Piala Asia U-17 saat ini masih dibicarakan dengan AFC," kata Ketum PSSI. 
 

PSSITimnas Indonesia U-16Bola InternasionalMochamad IriawanKualifikasi Piala Asia U-17

Berita Terkini