x

Dapat Kuota 500 Tiket dari Arema FC, Perwakilan Bobotoh Masih Pikir-pikir Boyongan ke Malang

Jumat, 9 September 2022 15:00 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Salah satu perwakilan Bobotoh dari Viking Persib Club, Tobias Ginanjar, memastikan Bobotoh mendapatkan jatah 500 tiket pertandingan Arema FC vs Persib di Liga 1. Foto: Arema FC

INDOSPORT.COM - Salah satu perwakilan Bobotoh dari Viking Persib Club (VPC), Tobias Ginanjar, memastikan Bobotoh mendapatkan jatah 500 tiket pertandingan Liga 1 Arema FC menghadapi Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (04/09/22).

Menurut Tobi sapaan akrabnya, kuota tiket bagi pendukung Persib diberikan oleh Panpel Arema FC untuk pekan kesembilan Liga 1 2022-2022, setelah perwakilan Bobotoh bertemu dan melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait di Malang, Rabu (07/09/22) malam.

Baca Juga

Pada pertemuan tersebut menurut Tobi, dihadiri oleh pihak kepolisian hingga perwakilan dari suporter tuan rumah yang dikenal dengan sebutan Aremania.

"Intinya malam rapat dengan kepolisian hadir langsung Kapolres dan jajaran dan hampir seluruh korwil Aremania, intinya bahwa Bobotoh diterima secara bertahap," kata Tobias kepada wartawan, Kamis (08/09/22).

Tobi menuturkan, pihak Arema FC baru bisa menerima sebanyak 500 Bobotoh untuk pertandingan pekan kesembilan Liga 1 2022-2022, hal itu diputuskan dengan berbagai pertimbangan terutama keamanan.

Baca Juga

Pasalnya pada beberapa tahun terakhir hubungan Bobotoh dan Aremania kurang harmonis, sehingga dibutuhkan adaptasi agar kedua belah pihak bisa duduk berdampingan kembali dalam satu tribun. 

"Artinya mereka menerima Bobotoh untuk hadir langsung di stadion, tapi bertahap ya hanya 500 orang karena berdasarkan pertimbangan dari pihak keamanan dan Aremania," ungkapnya.

"Pendapat kepolisian bahwa ya aspek keamanan dan ini baru awalan setelah sekian lama gak hadir, jadi dicoba dulu dengan jumlah yang tidak terlalu banyak 500 ini," ujarnya menambahkan.

Baca Juga

Jika pada pertandingan nanti semuanya berjalan dengan aman dan lancar, maka pada pertandingan selanjutnya saat Persib bermain kembali di Malang, kuota Bobotoh akan lebih banyak lagi.

"Berikutnya mereka sepakat, bahwa kalau memang dengan 500 ini bisa kondusif dan berjalan baik, sangat terbuka peluangnya di tahun berikutnya akan lebih banyak lagi," jelas Tobi.


1. Bobotoh Masih Pikir-pikir

Perwakilan Viking, Heru Joko (tengah) bertemu dengan perwakilan Aremania untuk membahas rencana kedatangan ribuan suporter ke stadion Kanjuruhan saat laga Arema FC vs Persib Bandung di kantor Arema FC, Rabu (09/09/22).

Tobi menuturkan, pihaknya belum bisa mengambil keputusan terkait hasil yang didapat pada pertemuan dengan Arema FC, pasalnya perwakilan yang berangkat ke Malang akan koordinasi lebih dulu dengan Bobotoh lainnya.

Apalagi, Bobotoh cukup antusias untuk menyaksikan langsung pertandingan Persib di Malang. Sehingga, Tobi bersama rekan-rekannya yang menjadi perwakilan Bobotoh tidak dapat memutuskan sepihak.

Baca Juga

"Temen-temen di Bandung belum memutuskan karena agak bingung aturannya karena animo cukup tinggi, harus ada langkah-langkah yang nanti akan diputuskan karena 500 itu sangat tidak cukup sehingga nanti dipikirkan bagaimana," ujarnya.

Meski demikian, kuota 500 tiket tersebut akan tetap digunakan oleh Bobotoh, hanya saja pihaknya akan mematangkan skema kuota bagi pendukung Persib tersebut.

"Kalau yang berangkat tetap ada, tapi skemanya seperti apa apakah diprioritaskan yang di Jatim dan Jateng atau seperti apa nanti akan diumumkan VPC," jelasnya.

Baca Juga

Terkait jaminan keamanan bagi Bobotoh yang akan menyaksikan langsung pertandingan Persib di Malang, Tobi mengatakan sudah berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

Selain itu, beberapa perwakilan Aremania berencana untuk membentuk tim guna membantu pengamanan saat Bobotoh berada di Malang.

"Hasil rapat kepolisian siap mengamankan dan membantu kelancaran pertandingan termasuk keamanan suporter tamu dan dari beberapa korwil Aremania sepakat mereka akan seperti membentuk korlap yang akan membantu mengamankan," ujarnya.

Pihak Aremania sendiri menurut Tobi berencana untuk menyambut kehadiran Bobotoh. Selain itu, dia juga akan terus berkoordinasi agar rencana ini yang disiapkan semua pihak berjalan aman dan lancar.

Baca Juga

"Iya hasil rapat seperti itu (akan disambut). Saya di Malang sampai pertandingan untuk terus koordinasi biar lancar semuanya," ucapnya.

"Tentunya kemarin baru sebagian besar masih ada teknis yang perlu dipikirkan seperti titik kumpul, keberangkatan dan sebagainya nanti akan dibicarakan," jelasnya.


2. 6 Kesepakatan Jelang Arema FC vs Persib

Perwakilan Viking, Heru Joko (kedua dari kiri) bertemu dengan perwakilan Aremania untuk membahas rencana kedatangan ribuan suporter ke stadion Kanjuruhan saat laga Arema FC vs Persib Bandung di kantor Arema FC, Rabu (09/09/22).

Rapat koordinasi yang terjalin jelang pertemuan Arema FC vs Persib Bandung dalam lanjutan Liga 1 pada Minggu (11/09/22), melahirkan 6 kesepakatan.

Baik perwakilan suporter Arema FC dan Persib Bandung bersepakat untuk mewujudkan keinginan islah dan sudah dimediasi oleh pihak kepolisian.

Salah satu poin dalam 6 kesepakatan itu adalah pemberian kuota tiket bagi suporter Persib, baik Viking, Bobotoh dan komunitas lainnya.

"Hasil koordinasi dengan perwakilan suporter Persib, Aremania dan kepolisian, disepakati bahwa ada 500 tiket untuk pendukung Persib," ucap Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris Kamis (08/09/22).

"Selain itu, juga ada poin-poin lainnya menyangkut kehadiran perwakilan suporter Persib di Stadion Kanjuruhan nanti," tambah dia.

Kuota tiket di laga Liga 1 Arema FC vs Persib Bandung ini memang jauh dari ketentuan pada regulasi Liga 1, yang mengatur pemberian tiket untuk suporter tim tamu minimal 5 persen.

Baca Selengkapnya: 6 Kesepakatan Jelang Arema FC vs Persib Bandung, Salah Satunya Perihal Tiket

Persib BandungBobotohLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini