x

3 Tim Top Eropa yang Paling Sering Dilucuti Manchester United di Bursa Transfer Sedekade Terakhir

Rabu, 14 September 2022 22:49 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Antony usai mencetak gol untuk Manchester United melawan Arsenal di Liga Inggris.

INDOSPORT. COM - Ada tiga tim top Eropa yang dalam kurun waktu sedekade terakhir, paling sering dilucuti oleh Manchester United di bursa transfer.

Status Manchester United sebagai klub kaya raya, memang memudahkan mereka untuk membeli siapa saja pemain yang diincar.

Dana berlimpah di setiap periode bursa transfer, khususnya periode musim panas, tak pernah segan dikeluarkan manajemen.

Baca Juga

Contoh nyata dapat kita lihat pada aktivitas Setan Merah selama bergulirnya jendela transfer musim panas 2022 kemarin.

MU sanggup membayarkan uang sebesar 95 juta euro, demi mendatangkan Antony, winger Ajax Amsterdam yang begitu diidam-idamkan pelatih Erik ten Hag.

Padahal, sebelum Antony berhasil direkrut, Man United sudah memboyong beberapa pemain terkenal yang harganya cukup mahal.

Casemiro dibajak dari Real Madrid seharga 70,65 juta euro; Lisandro Martinez dibajak dari Ajax lewat pembayaran dana transfer senilai 57,37 juta euro.

Gesitnya pergerakan MU membeli pemain anyar, ternyata paling sering tertuju kepada tiga tim top Eropa berikut.

Tim-tim ini harus melepas banyak pemainnya ke Old Trafford sedekade terakhir, setelah mendapatkan tawaran menggiurkan dari manajemen MU.

Lantas, siapa sajakah ketiga tim top Eropa yang paling sering dilucuti Man United di Bursa Transfer sedekade terakhir?


1. 1. Borussia Dortmund

Shinji Kagawa, saat berseragam Borussia Dortmund.

Posisi paling buncit ditempati oleh tim top Liga Jerman, Borussia Dortmun, yang dalam sedakde terakhir melepas tuga pemainnya ke Manchester United.

Shinji Kagawa jadi perekrutan pertama MU dari Dortmund, yang mencapai kata resmi pada 1 Juli 2012, dan dihiasi angka transfer senilai 16 juta euro.

Empat tahun berselang, Man United kembali membajak bintang andalan Dortmund, kali ini ialah Henrikh Mkhitaryan, yang ditebus dengan mahar 42 juta euro.

Terbaru, yakni bursa transfer musim panas 2021 kemarin, MU menggondol winger andalan Dortmund, Jadon Sancho, setelah memnbayarkan uang transfer 85 juta euro.

Bila ditotal, berarti seluruh rekam jejak transfer MU dari Dortmund sedekade terakhir adalah 143 juta euro.

Baca Juga

2. Real Madrid

Dua mantan pemain klub Liga Inggris, Manchester United, Angel Di Maria (kiri) dan Radamel Falcao disebut menjadi penyebab hengkangnya Shinji Kagawa.

Real Madrid adalah salah satu tim terbaik di Eropa maupun Liga Spanyol, sehingga wajar skuat mereka dihuni banyak pemain bintang.

Manchester United pun menjadikan Real Madrid sebagai tim kedua yang paling sering dilucuti di bursa transfer sedekade terakhir.

Ada tiga pemain yang sudah berhasil Man United dapatkan setelah menjalin negosiasi dengan pihak El Real, yakni Angel Di Maria, Raphael Varane, dan Casemiro.

Biaya yang digelontorkan manajemen MU buat mendatangkan ketiga nama tadi pun termasuk sangat besar

Paling mahal ialah transfer Di Maria, yang pada musim panas 2014 lalu dibajak MU dari Real Madrid seharga 75 juta euro.

Nominal transfer Casemiro yang senilai 70,65 juta euro, jelas mendekati catatan pembelian Di Maria dulu.

Sementara besaran uang terkecil, terjadi ketika Man United membeli eks bek tengah Real Madrid, Raphael Varane, seharga 40 juta euro, pada musim panas 2021.

Total biaya yang dikeluarkan Man United untuk membajak pemain-pemain Real Madrid sedekade terakhir adalah 180,65 juta euro.


2. 3. Ajax Amsterdam

Antony penyerang Ajax

Tak heran bila Ajax Amsterdam kini menjadi tim top Eropa yang paling sering dilucuti Manchester United di Bbrsa transfer.

Pada bursa transfer musim panas 2022 kemarin saja, MU mendatangkan dua bintang Ajax sekaligus, yakni Lisandro Martinez dan Antony.

Sebelum kedua pemain itu, MU pernah merekrut dua bintang Ajax yang lainnya, Daley Blind (pada musim panas 2014, serta Donny van de Beek (musim panas 2020).

Baca Juga

Soal besarnya harga transfer, proses mendatangkan Antony yang jadi paling fantastis biayanya, sampai menyentuh angka 95 juta euro.

Sedangkan transfer termahal MU selanjutnya dari Ajax, ditempati Lisandro Martinez, yang memakan uang senilai 57,37 juta euro,

Kalau transfer paling murah dari Ajax, yakni ketika momen MU mendatangkan Blind yang nominalnya cuma menghabiskan uang 17 juta euro.

Bursa TransferLiga Inggris

Berita Terkini