x

Cetak Untung, Pandemi dan Resesi Tak Berdampak pada Neraca Keuangan Real Madrid

Kamis, 15 September 2022 12:58 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Piala Super Eropa 2022 Real Madrid vs Eintracht Frankfurt, Karim Benzema mengangkat trofi juara REUTERS-Kai Pfaffenbach

INDOSPORT.COM - Klub Liga Spanyol (La Liga), Real Madrid, mengumumkan keuntungan mencapai 13 juta euro dalam laporan neraca keuangan terbaru klub musim 2021/2022 kemarin.

Real Madrid pada bursa transfer musim panas kemarin menjadi salah satu klub yang cukup aktif dalam menggaet pemain bintang baru.

Baca Juga

Sebanyak tiga pemain mereka datangkan di antaranya Reinier, Antonio Rudiger dan Aurelien Tchouameni. Tapi hanya Aurelien yang diboyong mengeluarkan uang.

Ia ditransfer dari AS Monaco dengan mahar 80 juta euro. Sedangkan untuk Rudiger dan Reineier didatangkan dengan status bebas transfer dan kembali dari masa pinjaman.

Meski hanya satu pemain, tapi Real Madrid sudah cukup besar mengelurakan uang untuk memberikan nilai gaji di kontraknya.

Baca Juga

Sebab disaat rivalnya, Barcelona sedang kesulitan finansial sampai gaji para pemainnya dipotong hingga 50 persen, Real Madrid justru adem ayem dan bahkan tetap lancar dalam membayar gaji dan aktivitas transfer.

Hal itu tidak lepas dari neraca keuangan El Real yang sedang bagus. Tim Ibu Kota Spanyol itu mengumumkan keuntungan mencapai kurang lebih 13 juta euro dalam laporan neraca keuangan klub musim 2021/22.

Dengan begitu, meski dibayangi-bayangi ancaman penurunan pendapatan akibat pandemi Covid-19, Los Blancos tetap mampu mencatatkan surplus di neraca keuangan dalam tiga musim terakhir.

Baca Juga

Kabar itu tentu menjadi angin segar, karena sebelumnya di musim 2020/21, Real Madrid sempat mengalami penurunan drastis dalam pendapatan mencapai 400 juta euro.

Kondisi terparah finansial Real Madrid terjadi pada rentang waktu Juni 2020 hingga Januari 2021 saat laga di kompetisi Eropa termasuk Liga Spanyol terpaksa digelar secara tertutup sebagai akibat pandemi Covid-19.


1. Real Madrid Cetak Untung

Piala Super Eropa 2022 Real Madrid vs Eintracht Frankfurt, Selebrasi Karim Benzema merayakan gol kedua bersama Federico Valverde REUTERS-Kai Pfaffenbach

Dalam laporan terbaru neraca keuangan Real Madrid, mereka secara bahagia mengumumkan lonjakan pendapatan hingga mencapai 722 juta euro, atau lebih besar 10 persen ketimbang musim sebelumnya 653 juta euro.

''Peningkatan ini diketahui disebabkkan oleh mulai berkurangnya dampak dari pandemi Covid-19,'' tulis laporan ESPN.

Baca Juga

Dari segi besaran keuntungan, Madrid mencatatkan peningkatan dibanding musim sebelumnya. Pada musim 2020/2021, klub asal Ibu Kota Spanyol itu hanya mampu meraup keuntungan sebesar 874 ribu euro.

Besaran kas Madrid itu juga tidak terlepas dari investasi yang dilakukan lembaga finansial asal Amerika Serikat, Sixth Street, pada Mei tahun ini.

Saat itu, Sixth Street dilaporkan menyuntikan dana investasi mencapai 360 juta euro kepada Los Blancos.

Baca Juga

Dana itu pun tidak termasuk dari biaya pembangunan kembali Stadion Santiago Bernabeu.

Untuk aspek tersebut, Los Blancos diketahui telah meminjam dana sebesar dari 800 juta euro dari lembaga investasi asal Amerika Serikat, JP Morgan.

Baca Juga

Kendati begitu, pendapatan Real Madrid pada musim ini terbilang masih jauh dibanding saat periode sebelum terjadi pandemi Covid-19.


2. Calon Rekrutan Cerdas Arsenal, Sayap Real Madrid Bisa Didatangkan dengan Gratis

Marco Asensio merayakan gol-nya yang hampir tak disahkan oleh VAR

Klub Liga Inggris (Premier League), Arsenal bisa saja kembali berusaha merekrut penyerang Real Madrid, Marco Asensio di bursa transfer Januari 2023 nanti.

Memang bursa transfer Januari 2023 masih terlalu jauh, tetapi Arsenal berpeluang merekrut pemain baru dalam waktu tersebut.

Arsenal tercatat akan merekrut Douglas Luiz dari Aston Villa sebagai salah satu solusi untuk mengisi lini tengah yang belakangan mulai terlihat kepayahan.

Salah satunya adalah karena cedera gelandang asal Ghana, Thomas Partey yang belakangan mengganggu kestabilan lini tengah, karena hanya menyisakan Granit Xhaka dan gelandang pelapis, Albert Sambi Lokonga.

Peluang untuk merekrut pemain di bursa transfer Januari 2023 nanti sangat terbuka, mengingat Arsenal sangat membutuhkan pelengkap di beberapa posisi.

Baca selengkapnya: Calon Rekrutan Cerdas Arsenal, Sayap Real Madrid Bisa Didatangkan dengan Gratis

Real MadridLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini