x

Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Benamkan Timor Leste, Shin Tae-yong Beberkan Rahasianya

Kamis, 15 September 2022 05:33 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Ilham Oktafian
Juru taktik Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong membeberkan rahasia sukses membenamkan Timor Leste di matchday pertama Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada Rabu (14/09/22).

INDOSPORT.COM - Juru taktik Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong membeberkan rahasia sukses membenamkan Timor Leste di matchday pertama Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada Rabu (14/09/22).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan bahwa pasukan Garuda Muda pandai memanfaatkan momentum.

Baca Juga

Diketahui sebelumnya jika Timnas Indonesia U-20 sukses mencapai ekspektasi publik sepak bola di tanah air, menyusul kemenangan telak 4-0 atas Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu (14/9/22).

Kemenangan pada laga pertama babak Kualifikasi Piala Asia U-20 itu jelas menjadi modal berharga bagi tim berjulukan Garuda Muda itu mencapai target lolos ke putaran final.

Dengan hasil ini mengantar Indonesia U-20 menempel ketat Vietnam yang memuncaki klasemen Grup F dengan 3 poin, seiring kemenangan 5-1 atas Hong Kong.

Baca Juga

"Yang pertama, saya ucapkan selamat kepada seluruh pemain atas kemenangan ini," ucap Pelatih Indonesia U-20, Shin Tae-yong saat post-match press conferrence.

Shin Tae-yong menambahkan jika dirinya tampak puas dengan cara menang anak asuhnya mengatasi perlawanan  Timor Leste. Termasuk sisi determinasi dan skema permainan.

"Apalagi kami menang dengan 4 gol atas lawan. Ini sungguh memuaskan, karena hasil ini dicapai dengan kerja keras pemain," beber dia.

Baca Juga

Kendati demikian, Shin Tae-yong masih membawa sejumlah catatan sebagai bahan evaluasinya selepas kemenangan atas Timor Leste. Hal itu terindikasi dari lengahnya sejumlah pemain bertahan dalam mengantisipasi serangan lawan. Timor Leste terlihat beberapa kali memborbardir pertahanan Indonesia dengan serangan balik cepat.

"Tentu ada kekurangan yang masih dialami tim ini. Kami harus segera berbenah untuk lebih baik sebelum pertandingan kedua," ulas eks Pelatih Timnas Korea Selatan itu.


1. Kunci Sukses Benamkan Timor Leste

Suasana laga pertama Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste di Stadion Bung Tomo Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Lebih lanjut, Shin Tae-yong lantas membeberkan kunci kemenangan anak asuhnya hingga mampu membobol gawang Timor Leste sebanyak 4 kali beruntun.

Menurutnya, hal itu tak lepas dari kecerdikan Garuda Muda dalam memanfaatkan momentum.

Baca Juga

Dalam laga tersebut, 3 dari 4 gol kemenangan itu tercipta dari heading. Dua kali Hokky Caraka melakukannya pada menit 29 dan 49, serta Rabbani Tasnim menit 89.

Sementara gol pertama Hokky pada menit 12, tercipta melalui sepakan datar yang gagal diantisipasi kiper Timor Leste.

"Sukses dari kemenangan malam ini adalah kemampuan pemain memanfaatkan momentum," ungkap Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Mungkin kali ini kami mencetak gol dari proses heading," imbuhnya.

"Karena sebenarnya, strategi sepak bola dimulai dari dasar. Tapi menuntut pemain untuk beradaptasi dengan situasi yang berkembang di lapangan," pungkas dia

Timnas Indonesia U-20 sendiri bakal melakoni rintangan lain usai membenamkan Timor Leste dengan skor telak 4-0.

Baca Juga

Usai bentrok dengan Timor Leste, Garuda Muda akan ditantang Hong Kong. Bentrokan kedua tim dijadwalkan berlangsung pada Jumat (16/9/22).

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-20 akan menjamu Vietnam U-20 2 hari setelahnya alias pada Minggu (18/9/22).


2. Bonus Besar Menanti Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Timnas Indonesia U-20 Indonesia langsung menjalani latihan di lapangan Thor, Surabaya, Rabu (7/9) malam. Foto: MO timnas

Manajer Timnas Indonesia U-19, Sumardji mengiming-imingi bonus besar untuk Timnas Indonesia U-19 bila berhasil memenuhi target di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Rabu (11/09/22).

Timnas Indonesia U-19 akan memulai perjuangannya menembus panggung Piala Asia U-20 2023 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 malam nanti.

Skuat Garuda Nusantara memulai laga perdana grup F dengan menghadapi Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Selain menghadapi Timor Leste, Timnas Indonesia bakal menghadapi lawan-lawan lainnya seperti, Vietnam dan Hong Kong.

Timnas Indonesia U-19 yang berpredikat sebagai tuan rumah tentu diharapkan bisa menyapu bersih kemenangan dan bisa lolos ke dari babak kualifikasi dan tampil di putaran final di Uzbekistan nantinya.

Baca selengkapnya: Bonus Besar Menanti Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Timor LesteBola InternasionalShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Kualifikasi Piala Asia 2023Kualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini