x

Mengulik Resep Arsenal Tampil Ciamik di Liga Inggris Sejauh Ini

Jumat, 16 September 2022 19:40 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain Arsenal, William Saliba saat ingin merebut bola dari pemain Aston Villa.

INDOSPORT.COM - Arsenal tampil cukup baik sejauh ini di Liga Inggris (Premier League) karena mampu memuncaki klasemen sementara. Apa resepnya?

Liga Inggris musim ini mengundang banyak kejutan di awal-awal kompetisi. Mulai dari tergelincirnya Manchester United di dua pertandingan pertam, hingga performa Arsenal yang menjadi sorotan. 

Baca Juga

The Gunners yang dalam beberapa tahun terakhir tak selalu diunggulkan masuk dalam jajaran pesaing gelar Liga Inggris di setiap musimnya, tapi untuk kali ini mulai diperhitungkan.

Bagaimana tidak, Arsenal secara mengejutkan mampu tampil apik hingga pekan ke-6 Liga Inggris.

Hal itu dibuktikan dengan mampunya mereka bertengger di peringkat pertama. Arsenal berhasil meraih lima kemenangan dan sudah merasakan satu kali kekalahan.

Baca Juga

Koleksi 15 poin mengantarkan mereka memimpin sementara. Arsenal sendiri hanya terpaut satu poin dari jawara musim lalu Manchester City.

Selain itu, Meriam London juga sangat produktif. Mereka sudah menceploskan 14 gol dan baru 7 kali gawangnya kebobolan.

Performa Arsenal awal musim ini sangat kontras dari musim pertama Mikel Arteta menangani klub untuk menggantikan Arsene Wenger.

Pada musim pertamanya dilatih Arteta, Arsenal bahkan harus berkutat di papan bawah dan kesulitan untuk menembus zona Eropa, meski pada akhirnya mereka mampu bertengger di papan tengah.

Baca Juga

Tak heran jika performa apik Arsenal musim ini bersama Arteta yang sudah bisa melakukan transisi kepelatihan, membuat Wenger cukup bangga.

"Saya akan mengatakan, mereka sedang bergerak ke arah yang benar. Saya pikir tidak ada posisi lemah di skuad mereka," jelasnya dilansir dari The Sun.

"Arsenal adalah sekumpulan pemain muda yang menjanjikan. Pemain-pemain barunya juga tampil baik," sambungnya.

Menurut Wenger, tak ada alasan bagi tim besutan Mikael Arteta ini tak mendulang prestasi. Wenger berkata Arsenal mampu untuk berjuang menjadi jawara Liga Inggris. Lantas apa yang membuat Arsenal kuat?


1. Hadirnya Pemain Bermental Juara

Selebrasi pemain Arsenal Gabriel Jesus usai membobol gawang Crystal Palace. Foto: Reuters/Paul Childs

Performa menawan Arsenal musim ini diawali dengan kemenangan meyakinkan atas Crystal Palace di pekan pertama Liga Inggris, dengan skor akhir 2-0.

Kemudian mereka kembali meraih kemenangan saat menjamu Leicester City dengan skor 4-2. Kepercayaan diri para pemain terus meningkat.

Baca Juga

Hingga lagi-lagi meraih kemenangan pertandingan-pertandingan selanjutnya, melawan Bournemouth 3-0, Fulham 2-1, dan Aston Villa 2-1.

Sayang, laju positif Arsenal harus dipatahkan oleh Manchester United di pekan ke-6. The Gunners kalah 3-1.

Meski kalah, Arsenal tetap menunjukan penampilan yang sangat baik. Buktinya, mereka sempat menyamakan kedudukan 1-1, sebelum Man United membalas dua gol selanjutnya.

Baca Juga

Permainan yang atraktif dan mendominasi lawan, menjadikan Arsenal sebagai salah satu tim yang subur dan kokoh karena sulit dibobol lawan.

ereka sudah mencetak 14 gol dan sudah kebobolan tujuh gol. Mereka pun mencatatkan selisih gol yang lumayan kentara, yaitu tujuh gol.

Hasil manis ini tidak lepas dari kondisi internal yang padu antara Arteta dengan para pemain yang menjalin kesepahaman.

Baca Juga

Alhasil, Arteta mampu menumbuhkan mental pemenang kepada para pemainnya. Ditambahkan lagi adanya pemai-pemain muda bermental juara, yang direkrut musim panas lalu.

Mereka ada Gabriel Jesus, Oleksandr Zinchenko, Marquinhos dan Fabio Vieira. Kehadiran nama-nama ini menjadi suntukan kekuatan tersendiri.

Tak hanya menularkan mental pemenang, kontribusi para pemain baru ini juga sangat menonjol. Gabriel Jessu dan Oleksandr Zinchenko misalnya.

Keduanya didatangkan dari mantan jawara Liga Inggris musim lalu, dan sudah mencetak 3 gol dan 3 assist dari 6 penampilan di Liga Inggris.


2. Mikel Arteta Tak Mau Jemawa

Mikel Arteta,pelatih Arsenal.

Namun demikian, pelatih Mikel Arteta tidak ingin jumawa atas pencapaian Arsenal sejauh ini di Liga Ingris.

Apalagi kompetisi sendiri baru berjalan sehingga kemungkinan-kemungkinan akan tetap terjadi, termasuk tergelincirnya Arsenal nanti.

Baca Juga

"Kami baru menjalani enam laga dan masih banyak tim yang akan kami hadapi. Kami harus mempertahankan performa ini," ujar Arteta.

"Tetap mencetak gol, tetap mencetak clean sheet, dan bermain apik secara tim," sambungnya dilansir dari situs resmi klub.

Pelatih asal Spanyol itu ada benarnya. Arsenal memang sangat ciamik saat ini, tetapi inkonsistensi acap menjadi pekerjaan rumah bagi mereka di Liga Inggris, seperti tidak menyangka bisa dikalahkan oleh Manchester United.

Baca Juga

Tuah Arsenal rupanya berlanjut ke pentas Eropa. Mereka baru saja merasakan kemenangan saat bertandang ke markas Zurich di Liga Europa.

Arsenal menang dengan skor 2-1. Masing-masing gol dicetak oleh Marquinhos dan Eddie Niketiah untuk tim tamu, sedangkan untuk tuan rumah gol hiburannya dicetak oleh Mirlind Kryeziu.

Baca Juga

Selanjutnya Arsenal segera mengalihkan fokusnya untuk menjalani pekan lanjutan Liga Inggris, melawan Brentford.

Sebelumnya, kompetisi Liga Inggris musim ini sempat tertunda akibat adanya upacara pemakaman Ratu Elizabeth II.

ArsenalArsene WengerMikel ArtetaLiga Inggris

Berita Terkini