x

Liga 1: Jumpa Persik, Javier Roca dalam Tekanan Tinggi Bawa Arema FC Menang

Sabtu, 17 September 2022 07:23 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Arema FC, Javier Roca akan bertemu mantan timnya Persik Kediri pada laga Liga 1 pekan ke-10 di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/09/22).

INDOSPORT.COM - Pertemuan Arema FC kontra Persik Kediri pada lanjutan pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Brawijaya pada Sabtu (17/09/22), menyisipkan cerita menarik bagi Javier Roca.

Pelatih kelahiran Santiago Chile itu mengusung misi pribadi untuk meraih kemenangan pertama pada Liga 1 musim ini.

Baca Juga

Ya, Javier Roca memang tercatat belum meraih satu kemenangan pun pada musim ini. Baik ketika masih menangani Persik Kediri maupun kini membesut Arema FC. 

"Rasanya sangat senang sekali bisa kembali datang ke Kediri. Meski kali ini dengan tujuan berbeda," ucap Javier Roca dalam pre-match press conferrence, Jumat (16/09/22).

"Kami datang ke sini untuk mengejar kemenangan pertama. Persiapan kami sangat matang untuk mencapainya," tambah dia.

Baca Juga

Roca memang kurang beruntung ketika menerima tawaran menangani Arema FC. Debutnya di Liga 1 tercoreng saat Arema dikalahkan Persib Bandung 1-2 di Malang, Minggu (11/09/22) lalu.

Sementara ketika masih melatih Persik Kediri, Roca juga belum mengantongi tiga poin musim ini. Dia baru menorehkan 1 poin saat Persik diimbangi Bhayangkara FC 1-1.

Javier Roca lantas diberhentikan tim berjulukan Macan Putih itu selepas kekalahan 1-2 dari Borneo FC. Kekalahan itu menyusul hasil serupa di markas Persita Tangerang dan Madura United.

Baca Juga

"Prinsip saya adalah bagaimana menjadikan diri sendiri lebih baik dibanding sebelumnya," ucap eks playmaker Persebaya dan Persija tersebut.

"Jadi, apa pun hasil laga nanti, bukan bertujuan untuk membuktikan kepada siapa. Tetapi saya ingin membuktikan kepada diri sendiri, bisa lebih baik," tandas dia.


1. Derby Deja Vu

Persik Kediri akan menjamu Arema FC pada pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/09/22).

Motivasi Roca pun semakin kuat lantaran Derby Jatim antara Persik versus Arema FC kali ini seperti de javu, alias pernah dialami sebelumnya.

Ya, Javier Roca memulai perjalanan karirnya di Persik Kediri juga dalam Derby Jatim melawan Arema FC pada Seri ke-3 Liga 1 musim lalu.

Baca Juga

Ketika itu, Roca bersama skuat Persik menelan pil pahit setelah dikalahkan dengan skor tipis 2-3 pada laga ketat di Stadion Sultan Agung Bantul (19/11/21).

Namun, Javier Roca kemudian membalasnya dengan sempurna ketika Seri 4 di Bali. Gol tendangan bebas Risna Prahala Benta mengantar Persik menang 1-0 atas Arema FC (27/02/22).

"Laga derby selalu membuat pertandingan berjalan lebih seru, dibanding performa naik turun sebuah tim," tukas Roca dalam motivasinya.

Baca Juga

2. Kondisi Tim

Persik Kediri akan menjamu Arema FC pada pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/09/22).

Arema FC sendiri dipastikan tak bisa menurunkan kekuatan terbaiknya saat menjalani jadwal away kontra Persik Kediri di Stadion Brawijaya, Sabtu (17/09/22).

Setidaknya, ada 3 pemain andalan yang absen pada lanjutan pekan ke-10 Liga 1 berbalut Derby Jatim itu. Ketiganya adalah Evan Dimas, Bagas Adi Nugroho dan Abel Camara.

Baca Juga

Bersama Johan Ahmat Farizi dan Adilson Maringa, ketiganya sudah melewatkan laga penting menjamu Persib Bandung, Minggu (11/09/22) lalu karena terindikasi mengalami cedera.

"Maringa mengalami over-training. Banyak pemain yang mengalami hal itu karena 40 hari bertanding dan berlatih non-stop," bilang Pelatih Arema FC, Javier Roca.

"Sedangkan Evan Dimas tidak bermain karena saat saya datang, dia terkena sakit tifus," pelatih baru yang menggantikan Eduardo Almeida itu menambahkan.

Baca Juga
Persik KediriLiga IndonesiaArema FCLiga 1Javier RocaLiga 1 2022-2023

Berita Terkini