x

Ada Gelandang Buangan Barcelona, 4 Pemain Top yang Pindah ke Liga Uni Emirat Arab pada Musim 2022/23

Senin, 26 September 2022 14:31 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aksi Miralem Pjanic di laga Liga Spanyol Barcelona vs Eibar.

INDOSPORT. COM - Sejumlah pemain top diketahui baru saja pindah secara serentak ke klub-klub peserta Liga Uni Emirat Arab (UAE), pada awal musim 2022/23.

Nasib karier para pesepak bola profesional, memang tak selamanya bisa bersaing di level tertinggi Eropa. Ada waktunya karier terpaksa dijalankan di level yang lebih rendah.

Jika momen seperti ini tiba, para pemain biasanya akan mencari tim-tim di luar Benua Biru. Bahkan tak jarang yang sampai rela jauh-jauh merantau hingga ke Asia.

Baca Juga

Fenomena demikian pun ternyata masih terjadi pada awal musim 2022/23. Mengalami karier yang mandek di Eropa, sejumlah pemain top akhirnya hijrah menuju klub-klub Benua Kuning.

Uni Emirat Arab terlihat menjadi negara yang banyak dijadikan tujuan oleh pemain-pemain terkenal. Setidaknya sudah ada empat nama beken yang baru-baru ini gabung ke Liga UAE.

Salah satu dari keempat nama yang dimaksud, bahkan statusnya merupakan eks gelandang klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona. Situasinya di Blaugrana tak kondusif lagi, sehingga sang pemain kemudian memilih Liga UEA untuk melanjutkan karier.

INDOSPORT pun coba mengulas lebih jauh tentang empat pemain top yang baru saja secara serentak pindah ke Liga UEA pada awal musim 2022/23. Simak ulasannya berikut!


1. 1. Allan

Allan, gelandang tengah Napoli.

Allan merupakan gelandang asal Brasil yang lumayan top di jagat sepak bola Eropa. Ia pernah menjalani karier bersama sejumlah tim terkenal, seperti Udinese, Napoli, dan Everton.

Pada awal musim 2022/23, Allan yang sudah berusia 31 tahun, mengambil keputusan besar dalam karier sepak bolanya. Pada 25 September 2022 kemarin, ia meninggalkan Everton dan memutuskan hijrah ke Liga UEA.

Ia tercatat telah resmi menjadi milik klub top Liga UEA, Al-Wahda FC. Kedatangannya langsung disambut pihak klub dengan pemberian kontrak berdurasi dua tahun.

Belum diketahui jelas, berapa nominal yang dikeluarkan Al-Wahda FC untuk meresmikan transfer Allan. Hal yang pasti, Allan akan berduet dengan gelandang top milik Al-Wahda lainnya, Adrien Silva.

Khusus Adrien Silva, eks gelandang andalan Timnas Portugal itu sudah lebih dulu gabung sejak 1 Januari 2022. Ia diikat kontrak oleh Al-Wahda hingga akhir Juni 2023.

Baca Juga

2. Paco Alcacer

Striker Barcelona, Paco Alcacer.

Nama Paco Alcacer memang cukup tenar di jagat sepak bola Eropa. Ia pernah membela sejumlah klub top, seperti Valencia, Barcelona, Borussia Dortmun, dan Villarreal.

Pada awal musim 2022/23, bomber asal Spanyol ini sebenarnya masih sempat menjalani karier bersama Villarreal. Namun memasuki tanggal 19 Agustus 2022, sang pemain memilih hijrah ke Liga UEA.

Ia tercatat gabung ke klub kaya raya Liga UEA, yakni Sharjah FC. Kedatangannya pun disambut Sharjah FC dengan kontrak jangka panjang, yakni sampai akhir Juni 2025.

Sharjah FC diketahui mendatangkan Paco tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Mereka merekrut bomber berusia 29 tahun tersebut setelah mencapai kesepakatan free transfer dengan Villarreal.


2. 3. Kostas Manolas

Bek AS Roma, Kostas Manolas saat merayakan gol pentingnya ke gawang Barcelona di Liga Champions musim 2017/18.

Masih ingat dengan laga perempat final leg kedua Liga Champions 2017/18 antara AS Roma vs Barcelona? Roma berhasil menang 3-0, sekaligus mendapatkan tiket lolos ke semifinal.

Pada leg pertama di markas Barca, Camp Nou, Roma sebenarnya kalah 1-4. Namun berkat kemenangan leg kedua, agregat skor menjadi 4-4, dan Roma unggul soal produktivitas gol tandang.

Gol ketiga dalam laga leg kedua, yang mana sangat menentukan kemenangan Roma, dicetak oleh Kostas Manolas. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu, mampu menjebol gawang Blaugrana lewat sundulan kepala.

Kabar Manolas sendiri sekarang diketahui mengalami penurunan karier drastis. Pada awal musim 2022/23, sang pemain memilih merantau ke Liga UEA, gabung bersama Sharjah FC.

Ia didatangkan Sharjah dari klub terakhirnya di Liga Yunani, Olympiakos. Manolas lantas diikat oleh Sharjah dengan kontrak kerja berdurasi dua tahun.

Baca Juga

4. Miralem Pjanic

Miralem Pjanic dilaga Barcelona vs Juventus

Miralem Pjanic menjadi salah satu pembelian mahal Barcelona pada musim panas 2020 lalu. Ia didatangkan dari Juventus dengan mahar transfer senilai 60 juta euro.

Dua tahun berselang pasca gabung Barca, Pjanic harus mendapati karier yang tak kondusif. Ia sulit menembus tim utama Blaugrana, hingga akhirnya memilih hijrah ke Liga UEA.

Pada tanggal 7 September 2022 lalu, Pjanic resmi menjadi milik klub kaya raya Liga UEA, Sharjah FC. Ia direkrut secara free transfer, dan diberi kontrak berdurasi dua tahun.

Sebenarnya masih ada beberapa nama pemain top lagi yang merantau ke Liga UEA pada awal musim 2022/23. Ada eks wonderkid Liga Inggris, Adel Taarabt; serta mantan penyerang Benfica, Pizzi.

BarcelonaMiralem PjanicUni Emirat ArabBola Internasional

Berita Terkini