x

Timnas Indonesia Belum Juara AFF, Exco PSSI Minta Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Senin, 26 September 2022 08:56 WIB
Penulis: Martini | Editor: Juni Adi
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia belum mencicipi gelar juara Piala AFF, membuat salah satu Exco PSSI, Hasani Abdulgani meminta perpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia mengalami tren positif ketika dilatih oleh juru taktik asal Korea, Shin Tae-yong, baik di level senior maupun di kelompok usia muda.

Baca Juga

Bersama Shin Tae-yong, Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023, walaupun hanya menjadi runner up di Piala AFF 2020 yang digelar di akhir tahun 2021 kemarin.

Di kelompok usia muda, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 Uzbekistan.

Tim yang ia racik juga mulai padu, karena Timnas Indonesia U-20 masih akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun 2023 mendatang.

Baca Juga

Baru-baru ini, Shin Tae-yong lagi-lagi jadi buah bibir karena berhasil melanjutkan tren positif saat Timnas Indonesia menang 3-2 atas Timnas Curacao di FIFA Match Day.

Exco PSSI, Hasani Abdulgani menyatakan bahwa tren ini sudah sesuai dengan yang mereka harapkan, walauoun Shin Tae-yong belum berhasil meraih gelar juara Piala AFF.

"Itu keinginan kita, dalam kontrak itu Shin Tae-yong juga berjanji membawa Timnas juara AFF," ungkap Hasani Abdulgani saat diskusi dengan komentator Binder Singh.

Baca Juga

"Kalau itu jadi patokannya, dia dianggap belum sukses. Tapi sudah berapa tahun kita nggak pernah masuk ke Piala Asia. Kalau menurut saya, ukurannya apa dulu nih."

"Saya melihatnya bukan itu, saya melihat progres. Kita memakai jasa Shin Tae-yong, mempunyai nilai plus nggak buat Timnas? Ada peningkatan nggak?" tegas Hasani.


1. Hasani Abdulgani Minta Perpanjang Kontrak STY

Penyerang keturunan Indonesia, Jim Croque, bersama Eksekutif PSSI Hasani Abdulgani

Terlepas dari jabatan dan pertanggung jawabannya kepada PSSI, Hasani Abdulgani mengaku senang Timnas Indonesia memiliki peningkatan di tangan Shin Tae-yong.

Bahkan, secara blak-blakan ia berharap agar PSSI mau memperpanjang kontrak pelatih asal Korea itu, agar pondasi tim semakin kuat dan bisa menuai hasilnya.

Baca Juga

"Saya sebagai manusia yang senang bola, ada peningkatan. Kalau ada, berarti kita tidak salah memilih dia (STY)," kata Hasani.

Namun, jika PSSI kekeuh mengevaluasi Shin Tae-yong karena belum meraih gelar di level AFF, maka jalan yang paling memungkinkan juga dengan memperpanjang kontraknya.

"Mungkin kita butuh waktu, harus kita perpanjang mungkin kontraknya, supaya nanti kita bisa berbicara yang lebih real, juara Asean, mengalahkan Thailand."

Baca Juga

"Karena harapan kita bukan di kelompok umur, tapi di senior kan," tegas Hasani lagi.

Hasani juga sepakat dengan langkah Shin Tae-yong yang memercayakan pemain usia muda untuk memperkuat Timnas Indonesia senior, dan perlahan terlihat hasil positif.

"Dia (Shin Tae-yong) berani memotong satu generasi, dengan mengambil pemain muda yang hari ini bermain sebagai senior," ujar Hasani Abdulgani kepada Binder Singh.

Baca Juga

"Hasilnya nggak jelek-jelek amat, menurut saya ini adalah sebuah progres yang sangat positif," lanjut Exco yang menangani proses naturalisasi calon pemain Timnas tersebut.

"Siapapun pengurus PSSI ke depan, kalau memang mau sepak bola kita nggak turun lagi, ya perpanjang saja," pungkas Hasani.


2. Jadwal Leg 2 Timnas Indonesia vs Curacao

Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion GBLA, Sabtu (24/09/22).

Berikut ini jadwal leg kedua FIFA Matchday antara Timnas Indonesia kontra Curacao. Skuad Garuda besutan Shin Tae-yong mantap mengincar kemenangan kedua.

Timnas Indonesia akan kembali menghadapi keseblasan Curacao di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, pada Selasa (27/9/22) malam, mulai pukul 20.00 WIB.

Sebagai tim peringkat Top 100 dunia, Shin Tae-yong mengaku tak mudah bagi skuat Garuda mengalahkan Curacao. Namun, motivasi para pemain sangat tinggi.

"Memang banyak hal yang menyusahkan tim kita, sampai gol pertama pun kita kemasukan," ucap Shin Tae-yong.

"Tapi tetap kita bisa membalikkan skor dan memang pemain punya kehausan terhadap kemenangan di rumah," imbuhnya.

PSSIHasani AbdulganiTimnas IndonesiaPiala AFFExco PSSIBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022

Berita Terkini