x

Lagi, Gareth Southgate Bela Mati-matian Penampilan Jeblok Harry Maguire di Timnas Inggris

Selasa, 27 September 2022 15:10 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, membela pemain andalannya, Harry Maguire, menyusul hasil imbang yang diraih oleh timnya saat melawan Timnas Jerman.REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM -  Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, membela pemain andalannya, Harry Maguire, menyusul hasil imbang yang diraih oleh timnya saat melawan Timnas Jerman pada Selasa (27/09/22).

Pada laga Grup A3 UEFA Nations League 2022 yang digelar dini hari WIB tadi, Harry Maguire kembali menjadi sorotan usai lakukan blunder pada laga tersebut.

Baca Juga

Sejatinya, Timnas Inggris dan Jerman pada laga tersebut sudah melakukan jual beli serangan sejak babak pertama dimulai.

Namun petaka datang untuk Timnas Inggris setelah babak kedua dimulai. Bek Manchester United, Harry Maguire, melakukan blunder fatal bagi timnya.

Maksud hati mengoper bola ke Luke Shaw, Harry Maguire justru melakukan kesalahan dengan mengarahkan bola tersebut kepada Jamal Musiala.

Baca Juga

Saat situasi satu melawan satu, Jamal Musiala yang berhadapan dengan Harry Maguire pun langsung mengolongi bek tersebut dan membuat Maguire harus melakukan pelanggaran untuk menghentikan Musiala yang berujung penalti.

Karena pelanggaran tersebut, Timnas Jerman mendapatkan penalti dan Ilkay Gundogan yang dipercaya sebagai algojo sukses menjebol gawang Nick Pope.

Meski saat itu berhasil menahan imbang Jerman dengan skor 3-3, tetapi hal itu tak membuat nama Harry Maguire aman begitu saja. 

Baca Juga

Dari statistik yang ada, Harry Maguire musim ini tidak pernah membawa timnya meraih kemenangan saat diturunkan sebagai starter, baik itu bermain bersama klub maupun Timnas Inggris.

Hal inilah yang lantas membuat Gareth Southgate menjadi bulan-bulanan atas keputusan dirinya yang membawa serta Harry Maguire ke dalam skuad Timnas Inggris.


1. Gareth Southgate Bela Mati-matian Harry Maguire

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. Foto: Reuters/Jason Cairnduff.

Blunder fatal yang dilakukan oleh Harry Maguire pada laga melawan Jerman tampaknya tak akan membuat Gareth Southgate langsung mengeluarkannya dari Timnas Inggris.

Akhir-akhir ini, Gareth Southgate kerap menjadi bahan kritikan pedas dari banyak orang terkait keputusannya memanggil Harry Maguire yang sering menjadi penghangat bangku cadangan di Manchester United.

Baca Juga

Keputusan ini menimbulkan pertanyaan dari banyak pihak, sebab Gareth Southgate justru tak memanggil Ben White yang saat ini tengah berada dalam performa yang apik.

Alih-alih membahas blunder fatal yang dilakukan oleh Harry Maguire, Gareth Southgate justru berdalih jika bek Manchester United tersebut melakukan kontribusi yang luar biasa bagi Timnas Inggris.

“Saya tahu kalau semua orang akan fokus ke Harry (Maguire), tetapi ada beberapa momen yang sangat penting di mana Harry berkontribusi dalam dua pertandingan,” kata Gareth Southgate, dikutip dari Sky Sports.

Baca Juga

“Luke Shaw (adalah) contoh lain dari pemain (yang memiliki kontribusi), dia pesepak bola yang hebat,” katanya.

“Lalu bagaimana? Tidak memilih Luke Shaw karena dia tak memiliki menit bermain yang cukup atau memilih pemain yang bisa melakukan apa yang kita lihat semalam?” tuturnya.

Bukan hanya itu, Gareth Southgate pun berujar jika dirinya akan terus mendukung pemain pilihannya sampai sang pemain tersebut mengalami performa yang tidak memungkinkan untuk bermain lagi.

Baca Juga

“Ini akan selalu menimbulkan perdebatan, tetapi menurut saya di saat seperti ini kami harus mendukung pemain terbaik dan berpengalaman kami,” ucapnya.

“Kecuali jika kondisinya sudah tak mampu dipertahankan dan tidak mungkin lagi untuk memilih mereka,” pungkasnya. 


2. Coret Nama Trent Alexander-Arnold dari Timnas Inggris

Trent Alexander-Arnold

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, beri pembelaan mengapa tidak memasukkan Trent Alexander-Arnold ke skuad melawan Jerman di UEFA Nations League.

Timnas Inggris bisa dibilang tengah pesakitan dalam enam laga terakhir yang dijalaninya.

Bagaimana tidak? Inggris sendiri merupakan salah satu negara yang difavoritkan memenangkan Piala Dunia 2022 mendatang, tetapi ada satu hal tak sedap yang menghantui The Three Lions.

Hal tersebut adalah ketika Harry Kane cs gagal meraih satu pun kemenangan dalam enam laga terakhir yang dilakoni mereka.

Ya, pasukan Gareth Southgate tersebut meraih catatan tiga kali imbang dan tiga kali kalah di enam pertandingan UEFA Nations League mereka.

Baca selengkapnya: UEFA Nations League: Coret Trent Alexander-Arnold dari Skuad Inggris, Ini Penjelasan Southgate

InggrisJermanGareth SouthgateTimnas InggrisBola InternasionalUEFA Nations LeagueHarry Maguire

Berita Terkini