x

Termasuk Program Khusus Selama Liga 1 Rehat, Pelatih PSM Tutup Rapat Persiapan vs Persis

Rabu, 28 September 2022 17:17 WIB
Kontributor: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin latihan di Stadion Kalegowa, Senin (25/09/22). Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menutup rapat segala informasi mengenai persiapan untuk menantang Persis Solo pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/23.

Bahkan eks talent scouting klub raksasa Portugal FC Porto ini enggan membocorkan seperti apa program khusus yang diberikan kepada seluruh anak didiknya selama kompetisi rehat.

Baca Juga

Sekadar informasi, Bernardo Tavares memberikan waktu libur untuk skuatnya selama delapan hari pasca melawan Dewa United lantaran BRI Liga 1 2022/23 rehat saat agenda FIFA Matchday.

Dalam periode libur tersebut, pemain PSM Makassar pun diberi program khusus yang langsung dievaluasi oleh sang pelatih sejak kembali menggelar latihan di Stadion Kalegowa, Sabtu (24/09/22) lalu.

Agenda tersebut juga menjadi permulaan bagi skuat Pasukan Ramang guna menantang juara Liga 2 edisi 2021 sekaligus klub pembunuh raksasa, yakni Persis Solo, pada pekan ke-11 nantinya.

Baca Juga

Namun, Tavares pribadi menolak untuk mengatakan kepada awak media olahraga Makassar terkait apa yang menjadi isi program khsus plus materi latihan Willem Jan Pluim cs.

“Semua tentang kami, hanya akan dibahas di ruang ganti (internal). Jadi, saya tak ingin menyampaikan secara spesifik apa yang telah kami lakukan,” tutur Bernardo Tavares, Selasa (27/09/22).

“Adapun yang bisa saya sampaikan adalah mental pemain sedang turun setelah gagal mengamankan di depan mata pada laga terakhir di kandang Dewa United,” sambungnya.

Baca Juga

Diketahui, PSM Makassar akan melawan Persis Solo pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/23 di Stadion Manahan, Solo, Kamis (29/09/22), mulai pukul 16.00 WIB.


1. Bangga dengan Skuatnya

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin latihan di Stadion Kalegowa, Senin (25/09/22). Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT.

Di lain sisi, Bernardo Tavares pribadi mengaku sangat bangga dengan sikap skuat PSM Makassar atas kerja keras yang dilakukan sejak pramusim hingga memberikan performa menawan di BRI Liga 1 2022/23.

Alhasil, armada Bernardo Tavares pun hingga detik ini menjadi satu-satunya klub yang belum tersentuh kekalahan jelang memasuki pekan ke-11 nanti pasca agenda FIFA Matchday.

Baca Juga

“Saya sangat bangga dengan semua pemain karena sebelum musim ini dimulai, tak satu pun orang yang memprediksi kami akan meraih 21 poin,” ungkap juru taktik 42 tahun ini.

“Pada musim lalu, klub ini baru meraih 21 poin ketika memasuki putaran kedua. Jadi, saya sangat bangga dengan semua pemain dan terlebih lagi kepada para suporter karena selalu setia mendukung kami,” kata Tavares mengakhiri.

Baca Juga

Saat ini, PSM Makassar duduk nyaman di posisi ke-2 klasemen sementara BRI Liga 1 2022/23 atas raihan 21 poin hasil dari 6 kemenangan plus 3 kali imbang dari 9 kali berlaga.


2. 4 Pemain Absen

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, saat memimpin latihan di Stadion Kalegowa, Senin (25/09/22). Foto: Adriyan Adirizky R/INDOSPORT.

Adapun melawan Persis Solo pada pekan ke-11 BRI Liga 1 2022/23 nanti, sebanyak empat pemain telah dipastikan absen memperkuat panji PSM Makassar.

Mereka antara lain ialah Abdul Rahman Sulaeman dan Rasyid Bakri lantaran dibekap cedera ditambah Agung Mannan serta Willem Jan Pluim yang diterpa sanksi larangan bermain.

Bahkan, Bernardo Tavares harus memutar otak guna mengakali kelelahan yang dialami oleh Yakob Sayuri dan M Ramadhan Sananta sepulang dari membela Timnas Indonesia kontra Curacao.

Beruntung, pelatih asal Portugal tersebut telah bisa memaksimalkan tenaga penyerang impor Everton Nascimento yang telah pulih dari cedera saat PSM Makassar dijamu Persis Solo dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/23 nanti.

PSM MakassarPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023Bernardo Tavares

Berita Terkini