x

Jokowi Perintahkan Menpora Segera ke Malang Investigasi Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 2 Oktober 2022 12:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

INDOSPORT.COM - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengambil langkah tegas menyikapi kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (02/10/22).

Insiden kelam terjadi di lanjutan Liga 1 2022-2023. Di mana tepatnya pada pekan ke-11 yang mempertemukan Arema FC dan Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang, memang berkesudahan untuk keunggulan tim tamu dengan skor 3-2.

Hasil ini memang ditanggapi dengan rasa kekecewaan kelompok suporter Arema yang merangsek ke dalam lapangan sehingga membuat pihak kepolisian menembakkan gas air mata.

Imbas kerusuhan ini pun memakan korban jiwa yang cukup banyak. Di mana dari data terakhir yang didapat terdapat 129 korban meninggal dunia akibat insiden ini.

Baca Juga

Insiden ini pun sudah mendapat sorotan tajam dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Bahkan Presiden Jokowi memerintahkan secara khusus Menteri Pemuda dan Olahraga untuk segera bertolak ke Malang, Jawa Timur.

Baca Juga

"Pemerintah secara umum dan khususnya Bapak Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa duka yang mendalam atas tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang," buka Menpora.

"Kepada keluarga yang ditinggalkan  supaya diberi kekuatan dan ketabahan oleh Allah SWT Tuhan YME dalam menerima  musibah ini," tambah Menpora.


1. Kondisi Sepak Bola Indonesia Memprihatinkan

42 ribu lebih penonton datang dalam derby Jatim antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Menpora menilai kejadian ini sangat memprihatinkan dan mengecewakan. Terlebih saat ini pemerintah tengah membangun citra sepak bola nasional.

"Kejadian itu sangat memprihatinkan dan mengecewakan, karena di tengah tengah upaya kita yang sedang membangun sepak bola nasional bisa ternodai dengan kejadian ini."

Baca Juga

"Bapak Presiden telah memberikan arahan melalui Mensesneg kepada Menpora dan Kapolri untuk segera menginvestigasi secara serius kejadian ini serta mengusut tuntas apa yang menjadi penyebab terjadinya kerusuhan ini."

"Selanjutnya Presiden memberi arahan untuk segera ke Malang dan melihat kondisi korban," beber Zainudin Amali.

Baca Juga

Zainudin Amali pun akan segera mengambil langkah cepat dan tepat terkait penanganan permasalahan ini.

"Saya berharap kita harus mengevaluasi secara menyeluruh pelaksanaan pertandingan sepak bola."

Baca Juga

"Kita jadikan tragedi ini sebagai pelajaran berharga yang memilukan kita semua dan harus menjadi yang terakhir," tutup Amali.

Persebaya SurabayaJokowiLiga IndonesiaStadion KanjuruhanArema FCLiga 1Zainudin AmaliLiga 1 2022-2023

Berita Terkini