x

Makan Korban Ratusan Jiwa di Kanjuruhan, Bali United Dukung Penuh Liga 1 Dihentikan

Minggu, 2 Oktober 2022 21:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Bali United dukung penuh keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Bali United dukung penuh keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI untuk menghentikan sementara kompetisi Liga 1 Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan yang menewaskan lebih dari 100 orang.

Pekan kesebelas Liga 1 sejatinya menyisakan tiga partai lagi. Ada duel Persib Bandung melawan Persija Jakarta serta PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC pada Minggu (2/10/22).

Baca Juga

Lalu, ada pula partai Barito Putera melawan PSM Makassar. Pertemuan ini merupakan salah satu partai pekan keenam yang tertunda karena saat itu PSM main di Piala AFC 2022.

Pada akhirnya, PT LIB dan PSSI pilih menunda pelaksanaan tiga partai itu imbas dari kerusuhan laga Arema FC vs Persebaya, termasuk menunda partai pekan ke-12 yang sejatinya bakal dimulai Kamis (6/10/22).

Bahkan, deretan pertandingan Liga 3 di Jawa Tengah yang sedianya dihelat pada Minggu  (2/10/22) ikut ditunda secara serentak.

Baca Juga

Terkait adanya penundaan tersebut, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco mendukung penuh keputusan PT LIB dan PSSI atas arahan Presiden Joko Widodo.

"Lebih baik memang harus berhenti sementara, buat semua lebih siap dan lebih aman waktu balik pertandingan," kata Teco, Minggu (2/10/22) siang.

Penundaan pertandingan ini juga bisa membuat seluruh suporter di Indonesia berpikir lebih jernih. Teco pun menekankan pentingnya memberi dukungan pada keluarga yang ditinggalkan.

Baca Juga

"Penundaan ini juga menjadi waktu buat semua suporter di semua tim bisa berpikir, lalu kompetisi harus berhenti buat semua memberi penghormatan kepada yang meninggal serta memberikan support untuk keluarga dari mereka," tutur Teco.


1. Harapan Bali United Usai Insiden Kanjuruhan

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

Teco berharap bahwa tragedi Kanjuruhan ini menjadi pembelajaran penting bagi seluruh stakeholder sepak bola nasional, terutama para suporter.

Teco ingin para suporter menyadari bahwa sepak bola merupakan salah satu hiburan. Ketika memutuskan untuk menyaksikan pertandingan sepak bola, semua suporter harus siap dengan segala hasil apapun.

Baca Juga

"Harapannya untuk semua suporter lebih dewasa. Datanglah ke stadion untuk menikmati pertandingan dan semua kembali ke rumah dengan aman. Suporter harus bisa terima tiga hasil di dalam sepak bola. Ada menang, seri atau kalah," papar Teco.

Bali United sejatinya akan melakoni pekan ke-12 Liga 1 2022/2023 pada Kamis (6/10/22), dengan bertandang ke Indomilk Arena, melawan tuan rumah Persita Tangerang.

Namun, kemungkinan besar laga ini akan ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan. Bali United mengatakan pada agenda hari ini aktivitas tim diliburkan.

"Kita libur hari ini (Minggu). Besok (Senin) tim mulai kembali ke latihan," ucap Teco.


2. Ratusan Suporter Meninggal

Mobil yang turut jadi sasaran pasca kerusuhan suporter.

Sebelumnya, tragedi usai laga pekan kesebelas Liga 1 2022/2023, antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10/22) malam, begitu mengagetkan. Sepanjang laga, tampak puluhan ribu suporter yang datang bisa tertib menyaksikan jalannya laga.

Namun situasi berubah usai pertandingan dimenangi Persebaya dengan skor 3-2. Kekecewaan karena kalah dari sang rival dilampiaskan suporter dengan amarah.

Baca Juga

Mereka memanjat pagar dan memasuki area lapangan. Petugas keamanan yang kewalahan pada akhirnya menembakkan gas air mata untuk memecah konsentrasi massa.

Tembakan gas air mata ini yang membuat suasana semakin tidak kondusif. Para suporter berusaha keluar dari stadion karena efek gas yang membuat sesak nafas.

Akhirnya, kejadian yang tak pernah diduga ini terjadi. Dari data resmi pada Minggu pagi, sudah ada 130 orang yang yang dinyatakan meninggal dunia. Sementara suporter yang luka ringan hingga luka berat mencapai 191 orang.

Persebaya SurabayaAremaniaLiga IndonesiaBali United FCArema FCLiga 1

Berita Terkini