x

ARMY BTS Indonesia Galang Dana Korban Tragedi Kanjuruhan, Sudah Terkumpul Nyaris Setengah Miliar

Selasa, 4 Oktober 2022 18:15 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Aksi solidaritas ditunjukkan oleh penggemar boyband asal Korea Selatan, BTS, yaitu Army yang menggalang dana untuk korban Tragedi Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM – Aksi solidaritas ditunjukkan oleh penggemar boyband asal Korea Selatan, BTS yaitu Army yang menggalang dana untuk korban Tragedi Kanjuruhan.

Laga Liga 1 Indonesia antara Arema FC vs Persebaya Surabaya berujung bencana usai munculnya tragedi Kanjuruhan yang memakan ratusan korban jiwa.

Baca Juga

Tragedi Kanjuruhan memang menyita pandangan mata, baik itu di Indonesia maupun dunia internasional belakangan ini.

Hal ini lantaran tragedi kanjuruhan yang terjadi menyebabkan 125 orang yang meninggal dunia dan 323 orang di antaranya terluka.

Hal ini salah satunya disebabkan tembakan gas air mata dari kepolisian yang kemudian memicu kericuhan di dalam Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Indonesia.

Baca Juga

Pertandingan Liga 1 itu sendiri dimenangi oleh tim tamu Persebaya Surabaya dengan skor 3-2 atas Arema FC.

Salah satu hal mengerikan yang kemudian menjadi sorotan dunia internasional, karena ada korban jiwa anak-anak yang kabarnya mencapai 32 orang.

Melihat hal ini, fans boyband asal Korea Selatan, BTS, yaitu Army menggalang dana untuk korban Tragedi Kanjuruhan dalam beberapa waktu belakangan.

Baca Juga

Terpantau oleh INDOSPORT hingga hari Selasa (04/10/22) sore WIB, dana yang terkumpul mencapai 447 juta rupiah dari 15.807 donatur yang menyumbang melalui laman Kitabisa.com.

Kampanye ini sendiri dimulai oleh Army mulai hari Senin (03/10/22) dengan beberapa keterangan di laman Kitabisa.com yang mengatur melalui donasi tersebut.


1. Pernyataan penggemar BTS soal Tragedi Kanjuruhan

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

“Hai Army! Hai #orangbaik. Dunia sepak bola tengah berduka. Sebelumnya kami mengucapkan duka cita mendalam atas 182 korban meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan. Korban meninggal dunia di pertandingan Arema vs Persebaya pada Sabtu (01/10/22) tersebut bukan sekadar angka,” tulis Army.

“Di dalamnya, ada keluarga yang kehilangan pasangan dan buah hatinya. Sebagai bentuk empati dan solidaritas antarkeluarga se-tanah air, satu bangsa Indonesia."

Baca Juga

"Kami ingin mengajak seluruh ARMY di Indonesia dan juga seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu dan mengirim doa pada para korban,” tulis Army.

Gerakan ini setidaknya sudah membuat banyak pihak berdonasi untuk meringankan beban keluarga yang ditinggalkan untuk para korban tragedi Kanjuruhan selepas laga Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya.

Baca Juga

Di sisi lain, keluarga dari korban tragedi Kanjuruhan juga mendapat santunan dari Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana.

Pria yang akrab disapa Juragan 99 itu mengaku akan bertanggung jawab atas semua kerugian yang terjadi karena tragedi Kanjuruhan yang menimpa klubnya, Arema FC.


2. Pernyataan Presiden Arema FC soal Tragedi Kanjuruhan

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

“Saya, selaku Presiden Arema FC akan bertanggung jawab penuh dengan insiden yang terjadi,” ujar Gilang Widya Pramana.

Tak hanya itu, belakangan Presiden Joko Widodo akan memberikan santunan kepada korban tragedi Kanjuruhan sebesar 50 juta rupiah kepada para korban.

Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia, Mahfud MD, yang juga menjadi ketua satgas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi usai laga Liga 1 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Baca Selengkapnya: PSS Sleman vs Persita: Bedah Kualitas Seto Nurdiantoro dan Angel Alfredo Vera

Persebaya SurabayaLiga IndonesiaArema FCLiga 1Berita Liga 1BTS

Berita Terkini