x

Ikrar Setia di Vietnam, Park Hang-Seo Nyaris Ikut Jejak Shin Tae-yong di Timnas Korea Selatan

Selasa, 4 Oktober 2022 16:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, nyaris mengikuti jejak Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Korea Selatan meskipun di kelompok umur U-20.

INDOSPORT.COM – Pelatih asal Korea Selatan, Park Hang-seo, nyaris mengikuti jejak Shin Tae-yong untuk menangani Timnas Korea Selatan meskipun di kelompok umur U-20. 

Park Hang-seo sebentar lagi sampai di pengujung kontraknya bersama Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), tepatnya pada akhir Januari 2023 mendatang.

Baca Juga

Kedua belah pihak rencananya akan bertemu guna membahas perpanjangan kontrak pada akhir Oktober 2022.

Namun dalam beberapa waktu terakhir, Park Hang-seo dan tangan kanannya, Lee Young-jin, sempat dibujuk oleh pihak Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) untuk kembali ke negara asal.

Melansir dari Soha, beberapa sumber menyebutkan bahwa KFA meminta Park Hang-seo dan asistennya menangani Timnas Korea Selatan U-20 mulai tahun depan.

Baca Juga

Tawaran ini datang bukan tanpa alasan. Pelatih Korea U-20 saat ini, Kim Eun-jung disebutkan masih belum mampu memenuhi target yang diinginkan KFA.

Padahal tahun depan, Korea Selatan U-20 bakal berlaga di ajang Piala Asia U-20 2023 yang dijadwalkan akan berlangsung di Uzbekistan.

Sekadar informasi, ajang Piala Asia U-20 2023 ini juga bakal diikuti oleh Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong. Shin Tae-yong sendiri sebelumnya juga menjadi pelatih Timnas Korea Selatan, tetapi ia melatih tim senior bukan U-20 seperti tawaran yang datang kepada Park Hang-seo. 

Baca Juga

Sementara Park Hang-seo sendiri tidak akan tampil di ajang Piala Asia U-20 karena dia hanya fokus menangani Timnas Vietnam senior. Timnas Vietnam U-20, yang juga salah satu peserta, saat ini dilatih oleh Dinh The Nam.

Turnamen ini jadi kesempatan Korea Selatan U-20 dalam memperebutkan tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 yang berlangsung di tahun yang sama di Indonesia.


1. Setia dengan Vietnam, Park Hang-seo Pilih Fokus ke Piala AFF 2022

Pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, cedera.

Oleh karenanya, KFA ingin memiliki tim pelatihan yang lebih berkualitas guna mewujudkan tujuan tersebut dengan Park Hang-seo disebut-sebut jadi kandidat ideal.

Untungnya, Park Hang-seo sendiri sudah lebih dulu menegaskan kesetiaannya bersama Timnas Vietnam. Hal ini membuat Park Hang-seo dipastikan tidak akan tertarik dengan tawaran Korea Selatan.

Baca Juga

“Bersama Timnas Vietnam, saya telah memenangkan sejumlah gelar tetapi bagi saya keinginan untuk menaklukkan turnamen masih sama kuat,” ujar Park Hang-seo.

Park Hang-seo sendiri berkomitmen akan tetap bersama Timnas Vietnam yang sebentar lagi akan berjuang di ajang Piala AFF 2022 pada akhir tahun mendatang.

“Pada bulan Oktober (nanti), agen saya akan menemui VFF guna membahas kontrak. Secara pribadi, saya ingin memfokuskan seluruh waktu saya di Piala AFF 2020,” tegasnya.

Baca Juga

“Ini mungkin kali terakhir saya bersama tim Vietnam atau mungkin tidak. Semuanya masih belum bisa ditebak. Tapi bagaimanapun, saya ingin melakukan yang terbaik yang saya bisa di turnamen ini.”

Di ajang Piala AFF 2022 (20 Desember 2022-16 Januari 2023) mendatang, Timnas Vietnam tergabung di Grup B yang berisikan Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Sementara Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan pemenang play-off antara Brunei Darussalam atau Timor Leste. 

Baca Juga

Perlu diketahui, ini bukan pertama kalinya rumor Park Hang-seo dilirik Korea Selatan muncul. Saat negosiasi perpanjangan kontrak sebelumnya berlangsung, rumor serupa juga ramai diberitakan.

Namun, pelatih Park Hang-seo memilih untuk bertahan dengan Timnas Vietnam. Saat ini, ia jadi pelatih tersukses sepanjang sejarah timnas dan Vietnam U-23 dengan 1 Piala AFF dan 2 medali emas SEA Games.

Korea SelatanPelatihBola InternasionalTimnas VietnamPark Hang SeoShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini