x

7 Pemain dengan Hat-trick Paling Unik dan Fenomenal Sepanjang Sejarah Piala Dunia

Sabtu, 8 Oktober 2022 20:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Cristiano Ronaldo saat membela Timnas Portugal. Foto: Carlos Rodrigues/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Melihat sepak terjang empat pemain dengan hat-trick paling fenomenal di ajang Piala Dunia, termasuk megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Mencetak minimal hat-trick dalam satu laga biasanya akan membuat seorang pemain mendapat atensi lebih ketimbang rekan-rekannya yang lain.

Baca Juga

Hal ini pula yang terjadi pada beberapa pemain maupun legenda sepak bola dunia yang pernah mencatatkan namanya di buku sejarah Piala Dunia.

Para sosok ini berhasil mencetak setidaknya tiga gol dalam sebuah pertandingan yang nantinya akan selalu diingat dunia.

Tentu saja, mereka yang mencetak hat-trick di Piala Dunia bukan satu dua orang saja. Meski begitu, mari melihat tujuh bintang dengan catatan paling menarik sepanjang sejarah kompetisi FIFA ini.

Baca Juga

Erich Probst

Mantan pemain Timnas Austria yang sudah meninggal dunia pada tahun 1988. Saat masih aktif dulu ia bermain sebagai striker.

Tidak banyak informasi tentang sosok yang satu ini, namun ia sempat menorehkan sejarah sebagai pencetak hat-trick tercepat di Piala Dunia.

Saat menghadapi Ceko di Piala Dunia 1954, Erich Probst berhasil menyarangkan tiga bola ke gawang lawan dalam kurun waktu 24 menit setelah pertandingan dimulai.

Baca Juga

Laszlo Kiss

Sedikit berbeda dari Erich Probst, kali ini catatan hat-trick yang sangat menarik terjadi di Piala Dunia 1982.

Adalah Laszlo Kiss dari Timnas Hungaria, yang merobek gawang El Savador dengan sebuah hat-trick dalam kurun waktu 7 menit 42 detik saja. 


1. Tertua dan Termuda, Ada Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo saat bermain untuk Timnas Portugal. Foto: Thanassis Stavrakis - Pool/UEFA via Getty Images.

Cristiano Ronaldo

Sekarang saatnya membahas pentolan Timnas Portugal yang akan melakoni Piala Dunia kelimanya di Qatar 2022 nanti, Cristiano Ronaldo.

Sosok yang kini membela Manchester United tersebut mencatatkan diri sebagai pemain tertua yang mencetak hat-trick di Piala Dunia.

Baca Juga

Berdasarkan data The Analyst, CR7 pernah membukukan hat-trick di pertandingan melawan Spanyol di Piala Dunia 2018 saat berusia 33 tahun 130 hari.

Dengan ini, Cristiano Ronaldo memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Rob Rensenbrink di Piala Dunia 1978 silam.

Saat itu, ia bermain untuk Timnas Belanda yang bertanding menghadapi Iran. Saat mencetak hat-trick usianya 30 tahun 335 hari.

Baca Juga

Dengan usia yang terus bertambah, apakah Cristiano Ronaldo akan memperbarui rekor fenomenalnya ini di Piala Dunia Qatar 2022?

Lahir pada 5 Februari 1987, mantan pemain Juventus dan Real Madrid ini sekarang telah menginjak usia 37 tahun.

Pele

Jika membahas pencetak hat-trick tertua di Piala Dunia, tidak lengkap rasanya jika tidak ‘menyenggol’ siapa pencetak hattrick termudanya.

Baca Juga

Dan ternyata, sosok tersebut adalah Pele di semifinal Piala Dunia 1958 yang mempertemukan Timnas Brasil melawan Prancis.

Saat itu, Pele remaja membukukan tiga gol di usianya yang masih 17 tahun 244 hari. Raihan ini juga membuatnya menjadi satu-satunya pemain U-18 di kompetisi yang berhasil menjebol gawang lawan. Wow!

 

2. Hat-trick yang Tidak 'Sakti'

Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

Kini beralih ke kategori menarik lainnya, yakni para pemain yang berhasil mencetak hat-trick untuk tim namun gagal meraih kemenangan.

Ya, mencetak hat-trick atau setidaknya tiga gol dalam sebuah laga secara otomatis akan menyulap tulisan di papan skor menjadi lebih mentereng.

Baca Juga

Akan tetapi, hal tersebut pada kenyataannya tidak selalu menjamin sebuah tim bisa menang dengan margin skor yang lebar.

Bagaimana kalau lawan ternyata berhasil mencetak gol jauh lebih banyak dari sekadar satu pemain yang menyumbang tiga biji gol? Hal inilah yang terjadi pada tiga sosok berikut.

Dilansir dari The Analyst, nama yang pertama adalah Ernst Wilimowski dari Timnas Polandia ketika berlaga di Piala Dunia 1938.

Baca Juga

Jangankan hat-trick, empat gol berhasil ia lesatkan ke gawang Brasil kala itu. Namun tetap saja, timnya takluk dengan skor 5-6.

Kemudian ada Josef Hugi (Swiss) di Piala Dunia 1954 dan Igor Belanov (USSR) di Piala Dunia 1996, yang torehan hattrick-nya ternyata tidak cukup sakti untuk membawa timnya menuju kemenangan.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo saat mencetak hat-trick di Piala Dunia 2018 pun tidak membawa keberuntungan bagi Timnas Portugal.

Baca Juga

Hanya saja, pemain yang satu ini lebih beruntung dari tiga nama di atas lantaran pertandingan antara Portugal melawan Spanyol kala itu berakhir imbang 3-3.

Alih-alih merana karena kalah, setidaknya Cristiano Ronaldo berhasil meraih satu poin di laga grup hari itu di Rusia.

Cristiano RonaldoPiala DuniaBola InternasionalOne Football

Berita Terkini