x

Shin Tae-yong dan Iwan Bule Terancam Minggat, Penerjemah Jeong Seok Seo Kirim Pesan Menyentuh

Kamis, 13 Oktober 2022 15:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok Seo, kirim pesan setelah pelatih Timnas Indonesia menyatakan ikut mundur bila ketum PSSI mundur.

INDOSPORT.COM – Penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok Seo, kirim pesan menyentuh setelah pelatih Timnas Indonesia itu meninggalkan skuad Garuda jika Iwan Bule mundur dari Ketum PSSI.

Belum kering luka dan tangis duka atas tragedi Kanjuruhan, kini sepak bola Indonesia kembali menyita perhatian masyarakat Tanah Air.

Baca Juga

Saling tuding siapa yang pantas disalahkan atas tragedi Kanjuruhan hingga kini belum usai, dan beberapa pejabat terkait dicopot dari jabatannya.

Tak hanya itu, dalam beberapa waktu terakhir masyarakat Indonesia khususnya pencinta sepak bola mendesak Mochamad Iriawan atau yang lebih akrab dikenal sebagai Iwan Bule selaku ketua umum PSSI didesak untuk mundur dari jabatannya.

Sebagaimana diketahui, Iwan Bule sendiri ditunjuk sebagai Ketum PSSI sejak 2 November 2019. Ia beberapa kali menjadi sorotan karena pernyataannya maupun keputusan yang diambilnya.

Baca Juga

Kini, Iwan Bule tengah menjadi atensi masyrakat karena disebut memiliki andil dan menjadi pihak yang bertanggung jawab atas tragedi Kanjuruhan, yang terjadi pascalaga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 kemarin.

Bahkan sampai ada yang membuat petisi berisikan gugatan Iwan Bule untuk mundur dan tercatat telah ditandatangani 42 ribu orang.

Tuntutan agar Ketum PSSI mundur dari jabatannya pun makin panas, setelah Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia secara mengejutkan memutuskan untuk ikut mundur jika Iwan Bule tak lagi menduduki jabatannya.

Baca Juga

Hal itu diungkapkan langsung oleh Shin Tae-yong  lewat akun media sosial Instagram miliknya.

Di sisi lain, Jeong Seok Seo selaku penerjemah Shin Tae-yong ikut mengirimkan pesan menyentuh setelah pelatih Timnas Indonesia itu memutuskan mengancam untuk hengkang jika Iwan Bule mundur dari Ketum PSSI.


1. Penerjemah Shin Tae-yong Kirim Pesan Menyentuh

Selebrasi pemain Timnas Indonesia mengangkat pelatih Shin Tae-yong usai mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Melalui akun Instagram pribadinya, Shin Tae-yong memberikan pernyataan mengejutkan pada Rabu (12/10/22) kemarin.

“Pertama-tama saya ingin mengucapkan turut turut berduka cita atas tragedi Kanjuruhan, Malang. Saya juga seorang suami dari istri dan seorang bapak dari 2 anak. Saya ingin memberikan dukungan penuh kepada para korban dan keluarga korban."

“Saya ingin memberikan harapan kepada semua orang Indonesia yang tersakiti karena tragedi (Kanjuruhan) kali ini walaupun dukungan saya tidak dapat menjadi kekuatan yang besar bagi keluarga korban. Cara saya untuk memberi harapan adalah melakukan yang terbaik hingga berprestasi dan sepak bola menjadi disukai."

Baca Juga

“Seseorang yang sangat mencintai sepakbola Indonesia dengan kesungguhan hati dan memberikan dukungan penuh dari belakang agar sepak bola dapat berkembang adalah ketua umum PSSI. Menurut saya, jika ketua umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan diri, maka saya pun harus membuat diri."

“Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama.”

“Kita adalah 1 tim. Sepak bola tidak bisa sukses jika hanya berkinerja 11 pemain inti saja yang bagus, bukan hanya staf pelatih saja yang bagus, kita bisa mencapai kesuksesan ketika semuanya menjadi satu tim mulai dari pemain inti, pemain cadangan, official, semua karyawan federasi hingga ketua umum,” tutup Shin Tae-yong.

Pernyataan Shin Tae-yong itu kemudian diikuti dengan postingan penerjemahnya yakni Jeong Seok Seo melalui akun Instagram pribadinya pada Rabu (12/10/22) malam WIB.

Dalam unggahannya, Jeong Seok Seo mengatakan bahwa dirinya merasa bahagia bisa bekerja dan berjuang bersama Shin Tae-yong, dan tim ofisial. Tak hanya itu, ia mengunggah momen dirinya berjalan bersama sang pelatih dan Iwan Bule.

“Saya sangat senang bisa berjuang bersama dengan Timnas Indonesia, Coach Shin dan jajaran pelatih saat ini. I love football, because of you :)” tulis Jeong Seok Seo.

Unggahan tersebut langsung dibanjiri komentar netizen, ada yang putuskan ikut mundur dan menyatakan rasa sayangnya untuk Shin Tae-yong.

Baca Juga

“kalau semua pergi SAYA SUPORTER TIMNAS INDONESIA juga akan mundur.. tidak akan lagi nonton Timnas karna suporter juga TIM..” @li*****

“Sayang sama coach STY.. jangan mundur coach” @ar*****

“Sty stay, jgn tinggalkan kami disaat kami syg syg nya kepada kalian” @su****

“Kawal sty stay bang Jeje kami belom siap kehilangan sty” @ri******


2. Alasan Shin Tae-yong

Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, memberikan dukungan kepada Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan untuk tidak mundur dari posisi ketua umum PSSI.

Desakan untuk mundur Mochamad Iriawan sebagai Ketua Umum PSSI memang kencang berembus.Hal ini tak lepas dari tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur

Karena tragedi ini membuat Mochamad Iriawan dipinta mundur dari Ketua Umum PSSI. Namun dukungan untuk Mochamad Iriawan datang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Bagi Shin Tae-yong, Mochamad Iriawan tidak layak untuk mundur dari ketua umum PSSI. Bagi Shin Tae-yong, sejak menapakkan kaki di Indonesia, sosok Iwan Bule adalah sosok yang krusial.

Baca selengkapnya: Ini Alasan Shin Tae-yong Sebut Iwan Bule Tak Layak Mundur dari Ketua Umum PSSI

PSSITimnas IndonesiaLiga IndonesiaIwan BuleBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongJeong Seok-seoTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini