x

Pelatih Persik Kediri Sepakat Dengan Rekomendasi Kick-Off Liga 1 Lebih Sore

Jumat, 14 Oktober 2022 19:25 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
Rena Silva dalam upaya serangan Persik di laga PSM Makassar vs Persik Kediri. Foto: PSM Makassar vs Persik Kediri

INDOSPORT.COM - Persik Kediri menyatakan sepakat dengan apapun keputusan perihal kelanjutan Kompetisi Liga 1 musim 2022/2023. Sebagaimana diketahui, Liga 1 masih berhenti sejenak pada pekan 11 menuju pekan 12.

Situasi ini menyusul terjadinya Tragedi Kanjuruhan selepas Derby Jatim antara Arema FC menjamu Persebaya Surabaya pada Sabtu (01/10/22) lalu.

Baca Juga

Alhasil, jadwal tersisa pada pekan ke-11 langsung dihentikan. Yaitu PSIS Semarang melawan Bhayangkara FC dan Persib Bandung versus Persija Jakarta (01/10/22) serta Barito Putera menghadapi PSM Makassar (03/10/22).

Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan pun berimbas pada rapat koordinasi yang digelar sejumlah stackholder sepak bola. Termasuk FIFA selaku federasi sepak bola dunia.

FIFA dalam pernyatannya sudah memberi rekomendasi agar waktu kick-off Liga 1 nanti dimajukan lebih sore. Maksimal, mereka memberi saran kick-off dilakukan pukul 17:00 WIB plus hanya di akhir pekan.

Baca Juga

"Saya sudah mendengar rekomendasi FIFA tersebut. Walau saya sendiri punya pemikiran yang berbeda," ucap Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves Jumat (14/10/22).

Kendati demikian, secara prinsip Divaldo mendukung penuh atas apa yang menjadi keputusan FIFA dan PSSI perihal penetapan waktu kick-off pertandingan.

Entah nantinya lanjutan kompetisi sepak bola kasta tertinggi tanah air itu menerapkan waktu kick-off lebih sore untuk semua laga, atau masih ada yang malam hari pada sebagian laga.

Baca Juga

Yang jelas, keputusan FIFA maupun PSSI untuk Liga 1 nantinya merupakan hasil evaluasi atas terjadinya tragedi di Kanjuruhan dua pekan lalu.

"Saya sangat memahami mengapa keputusan ini diambil dan mendukung demi perbaikan kualitas sepak bola Indonesia," beber dia.  


1. Dinilai Tepat

Gelandang asing Persik, Rohit Chand di BRI Liga 1. Foto: MO Persik Kediri

Lebih lanjut, Divaldo Alves menilai rekomendasi yang diberikan FIFA untuk Liga 1 perihal waktu kick-off ini sudah cukup tepat.

Dalam sejumlah kasus, kick-off dengan waktu yang terlalu malam juga tidak begitu baik dalam aspek kebugaran pemain.

Baca Juga

Kendati yang paling utama, tentu adalah pertimbangan keamanan. Hal itu lah yang tercermin dari tragedi yang terjadi seusai laga antara Arema FC versus Persebaya Sabtu (01/10/22) lalu.

Dalam laga berbalut Derby Jatim yang dimenangkan oleh Persebaya dengan skor 3-2 itu, kick-off laga tergelar pada pukul 20:00 WIB. 

Baca Juga

"Saya pikir untuk saat ini, apa yang direkomendasikan FIFA sudah tepat. Semoga sepak bola Indonesia ke depannya harus lebih baik lagi," tandas Pelatih Persik Kediri asal Portugal tersebut.

Persik KediriLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Tragedi KanjuruhanTGIPF Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini