x

Sumbang 4 Pemain ke Timnas Indonesia U-20, Persis Solo Ingin Kejar Persija Jakarta

Jumat, 14 Oktober 2022 13:26 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Selebrasi gol Persis Solo yang dicetak Irfan Jauhari. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Klub Liga 1, Persis Solo gembira ketika empat pemainnya dipanggil Timnas Indonesia U-20 untuk mengikuti pemusatan latihan di Eropa. Laskar Sambernyawa berharap bisa berkontribusi penuh pada tim Garuda Muda.

Persis Solo merupakan klub yang menyumbang banyak pemain ke skuat Shin Tae-yong. Persis Solo hanya kalah dari Persija Jakarta yang sukses meloloskan sembilan nama.

Baca Juga

Empat nama yang dipanggil dari Persis Solo adalah Zanadin Fariz, Erlangga Setyo, Aulia Ramadhan dan Marcell Januar. Mereka melengkapi daftar 34 pemain yang diproyeksikan mengikuti pemusatan latihan di Eropa.

Ada dua negara yang dipilih PSSI untuk menempa Zanadin Fariz dkk. sebelum tampil di Piala Asia U-20 2023 serta Piala Dunia U-20 2023. Dua negara itu adalah Spanyol dan Turki.

Keberhasilan menyumbang empat nama ini disambut gembira Persis Solo, terutama dari staf kepelatihan Persis Youth. Bahkan, Persis Solo ingin mengejar kontribusi Persija dengan mengirimkan lebih banyak nama lagi.

Baca Juga

"Tentunya ini langkah yang positif untuk Persis Youth. Semoga ke depannya bisa lebih banyak pemain yang mendapatkan pemanggilan serupa, karena dengan demikian, para pemain pastinya akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga," kata caretaker Persis U-20, Winaryo, Kamis (13/10/22).

Di Eropa, Timnas U-20 lebih mudah mendapatkan lawan-lawan tangguh. Selain klub-klub di Spanyol dan Turki, ada pula timnas usia muda dari kedua negara serta negara-negara terdekat lainnya.

Bagi Winaryo, kesempatan tersebut harus bisa dimaksimalkan Zanadin Fariz dkk. Kesempatan menimba ilmu jelas menjadi kesempatan langka dan belum tentu bisa terulang lagi.

Baca Juga

Ketika para pemain bisa menunjukkan performa impresif, kesempatan mewakili Indonesia pada Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023 sangat terbuka.

"Sebelum mereka berangkat, saya menyampaikan pesan agar mengikuti pemusatan latihan dengan baik. Mereka harus memberikan fokus terhadap sesi latihannya dan jangan menyia-nyiakan kesempatan agar dapat terus melangkah ke depan," tutur Winaryo.


1. Berbagi Ilmu di Persis Youth

Pertandingan antara Persis Solo vs Bali United di BRI Liga 1 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Ternyata, Persis Solo juga memiliki harapan lain ketika empat nama dipanggil Timnas Indonesia U-20. Ketika bisa menimba ilmu di Eropa, ilmu itu diharapkan bisa ditularkan pada rekan-rekan di Persis Youth.

Dengan begitu, upaya Persis Solo untuk membangun pemain-pemain muda bisa lebih maksimal.

Baca Juga

Total ada lebih dari 30 pemain yang jadi bagian dari Persis U-20, tempat Marcell Januar, Aulia Ramadhan dan Erlangga Setyo berlatih. Sementara Zanadin sendiri sudah dipromosikan ke tim senior Liga 1.

"Harapan saya, semoga mereka dapat menjadi pemain yang lebih baik lagi setelah mengikuti pemusatan latihan," tutur Winaryo.

Baca Juga

"Lalu sekembalinya bersama tim, mereka dapat memberikan yang terbaik dan membagikan pengalamannya untuk Persis U-20," imbuhnya.

Baca Juga

Persis Solo sejatinya bukan hanya dominan di Persis U-20. Bahkan, ada delapan pemain putri Persis Solo atau dari tim Persis Women yang masuk skuat Timnas Wanita Indonesia.


2. Dominasi Timnas Indonesia Wanita

Pelepasan Timnas Wanita Indonesia ke Kualifikasi Piala Asia.

Ketika menjalani laga melawan Singapura di Stadion Jalan Besar, Senin (10/10/22) lalu, enam nama bisa masuk starting eleven. Mereka bisa membawa Indonesia menang 2-1.

Dua gol kemenangan Indonesia diborong pilar Persis Women. Gol dicetak Marsela Awi menit ke-51 serta Helsya Maeisyaroh menit ke-90+2.

Marsela Awi mencetak gol memanfaatkan bola liar di depan gawang Singapura. Sementara Helsya mencetak gol lewat sepakan jarak jauh yang salah diantisipasi kiper Singapura.

"Alhamdulillah kami semua sangat bersyukur. Saya sangat berterimakasih kepada manajemen Persis Solo yang tetap memfasilitasi anak-anak berlatih hingga hari ini di tengah menunggu kejelasan jadwal kompetisi dari federasi," kata pelatih Persis Women, Alif Syafrizal, Rabu (12/10/22).

Persija JakartaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Timnas Indonesia U-20Liga 1 2022-2023

Berita Terkini