x

Sesuai Rencana Awal, Exco PSSI Bantah Liga 1 Akan Dimulai 7 November

Senin, 17 Oktober 2022 18:56 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Exco PSSI, Yoyok Sukawi.

INDOSPORT.COM - Komite Eksekutif (Exco) PSSI membantah bahwa kompetisi Liga 1 2022/2023 akan dimulai pada 7 November 2022. Sesuai rencana awal, Liga 1 tetap diwacanakan mulai lagi pada 25-26 November 2022.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa kompetisi Liga 1 akan dimulai pada 7 November mendatang. Kabar itu datang dari wawancara awak media di Semarang dengan Yoyok Sukawi.

Baca Juga

Dalam wawancara tersebut, Yoyok Sukawi selaku salah satu anggota komite eksekutif PSSI menyebut Liga 1 akan dimulai 7 November mendatang.

Namun, kabar dari berita tersebut segera diklarifikasi Yoyok Sukawi. Ia menyebut telah terjadi kesalahpahaman dalam wawancara.

"Kemarin ada sedikit kesalahpahaman wawancara dengan rekan salah satu wartawan. Jadi sesuai timeline, Liga 1 akan kembali bergulir pada 25 atau 26 November 2022, bukan 7 November," kata Yoyok Sukawi, Senin (17/10/22).

Baca Juga

PSSI sudah membentuk tim gabungan bersama FIFA, AFC dan Kementerian RI. Tim ini dibentuk sebagai langkah reformasi sepak bola Indonesia.

Ada beberapa tahapan yang harus dijalani sebelum Liga 1 2022/2023 digulirkan lagi. Termasuk yang terdekat ada pertemuan antara FIFA, PSSI dan AFC di Kuala Lumpur.

"Ada beberapa tahapan dari Oktober ini sampai November besok yakni akan adanya lebih dahulu pertemuan antara FIFA dan PSSI, serta FIFA dan AFC di Kuala Lumpur untuk berkoordinasi," tutur Yoyok Sukawi.

Baca Juga

FIFA kemudian berkunjung ke Indonesia. FIFA diwakili langsung sang presiden, Gianni Infantino. Gianni akan bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo serta PSSI.

Ketika nantinya FIFA berkunjung ke Indonesia, ada sebuah event yang akan digelar. Hal ini sebagai bagian dari upaya membuktikan sepak bola Indonesia aman.


1. Event FIFA di Indonesia

Action plane dari hasil pertemuan PSSI, FIFA dan AFC untuk perbaikan sepak bola Indonesia usai tragedi Kanjuruhan, Malang, Kamis (13/10/22).

"Setelah kedatangan FIFA, nanti juga akan ada event FIFA Football for School, yang untuk pertama kalinya memastikan keamanan sepak bola di Indonesia," papar Yoyok Sukawi.

Tahapan Liga 1 dimulai lagi akan dipertegas pada bulan November mendatang.  Presiden FIFA akan hadir dalam pertemuan G20 di Bali.

Baca Juga

"Nanti Presiden FIFA juga akan hadir di pertemuan G20 untuk memaparkan bahwa Indonesia negara yang aman dalam menggelar event olahraga khususnya sepak bola," jelas Yoyok.

"Setelah itu, direncanakan pada 15-18 November 2022, akan ada pelatihan serta edukasi untuk penyelenggara dan fase tes kelanjutan Liga 1 2022-2023. Nanti dimananya akan dipilih lebih lanjut," lanjut pria yang juga CEO PSIS Semarang ini.

Baca Juga

Setelah ada tahapan yang panjang, Liga 1 akan lebih siap untuk dimulai lagi. Reformasi sepak bola Indonesia dilakukan agar Tragedi Kanjuruhan tak terulang lagi.

"Nah di akhir bulan November yang direncanakan tanggal 25 atau 26 November, Liga 1 baru aman mulai berjalan secara keseluruhan," paparnya.

Saat ini, beberapa tim masih meliburkan tim menanti kejelasan kompetisi Liga 1 2022/2023. Ada juga yang sudah mulai latihan lagi seperti Madura United.

Baca Juga

Sementara PSIS Semarang, Persis Solo dan PSS Sleman yang dari awal tak libur memilih terus melakukan uji coba. Terbaru, Persis Solo menghadapi dua tim Liga 3 Jawa Timur, Persinga Ngawi dan NZR Sumbersari, Malang.

PSIS Semarang malah sudah membuat ancang-ancang jangka panjang. Mereka sudah memberi kesempatan pemain asal Kroasia, Duje Javorcic, untuk trial.

Mantan pemain Lazio Primavera ini berpotensi menggantikan salah satu pemain asing PSIS Semarang. Pemain yang paling terancam adalah bek Sierra Leone, Alie Sesay.

PSSIExco PSSILiga IndonesiaLiga 1Yoyok SukawiLiga 1 2022-2023

Berita Terkini