x

Mulai Jenuh Latihan Terus, Kapten Persita Berharap Liga 1 Segera Dilanjutkan

Kamis, 20 Oktober 2022 18:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih Persita, Alfredo Vera dan pemain, Muhammad Toha jelang lawan Persis Solo. Foto: Persita Tangerang

INDOSPORT.COM - Kapten Persita Tangerang, Muhammad Toha, berharap Liga 1 Indonesia 2022-2023 dilanjutkan dalam waktu dekat. Pasalnya, banyak orang menggantungkan hidup di sepak bola.

Diketahui, Liga 1 dihentikan sementara pasca-Tragedi Kanjuruhan yang menimbulkan 133 korban jiwa dan ratusan lain dalam tahap penyembuhan. 

Baca Juga

Presiden RI, Joko Widodo, juga memberikan perintah agar kejadian itu diusut tuntas terlebih dulu sebelum kompetisi dilanjutkan kembali. 

Berdasarkan hasil koordinasi PSSI, FIFA, AFC, dan pemerintah, Liga 1 rencananya berlanjut pada akhir November mendatang, setelah dilakukan uji coba terlebih dulu.

Menurut Toha, Tragedi Kanjuruhan bisa menjadi titik balik perubahan sepak bola Indonesia. Dia berharap adanya pembenahan serius dalam penyelenggaraan pertandingan liga. 

Baca Juga

Bek kanan Persita Tangerang itu mengaku butuh kompetisi karena itulah merupakan pekerjaan utamanya dan banyak orang yang juga mencari nafkah di sepak bola.

“Pastinya kami sebagai pemain ingin melanjutkan musim ini. Pemain butuh kompetisi, jika hanya sekedar latihan saja kami pun akan jenuh,” kata Muhammad Toha, Kamis (20/10/22).

“Tentu ada hikmah dan pelajaran berharga yang kita petik agar di masa mendatang kejadian seperti itu tidak terulang lagi,” lanjutnya.

Baca Juga

Muhammad Toha menegaskan, saat Liga 1 kembali dilanjutkan, operator kompetisi dan PSSI wajib memastikan semua protokol pertandingan dengan ketat. Stadion harus menjadi tempat yang aman bagi pemain dan suporter.

“Semoga liga kembali dilanjutkan dengan protokol keamanan yang lebih baik di stadion. Supaya suporter lebih aman dan nyaman saat mendukung tim kesayangan mereka,” papar pemain nomor punggung 11 itu.


1. Jaga Momentum

Pertandingan antara PSS Sleman melawan Persita Tangerang di BRI Liga 1. Foto: Persita

Vakumnya Liga 1 mengharuskan Persita waspada. Mereka mesti menjaga fokus dan konsentrasi karena libur terlalu panjang bisa membuat tim kehilangan momentum. 

Persita kini menduduki urutan keempat klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan raihan 22 poin dari 11 pertandingan. Tim Ungu Barat hanya terpaut dua poin dari Borneo FC di puncak.

"Alhamdulillah Persita sedang bagus. Semoga bisa konsisten dan fokus terus. Kalau kerugian sih menurut pandangan saya tidak terlalu rugi," ujarnya. 

Baca Juga

"Dengan catatan pemain harus tetap menjaga kondisi terbaiknya di saat libur ini. Jika tidak, itulah yangg menjadi kerugian buat tim karena fokus dan fisik pemain terganggu," lanjut Toha. 

Saat ini, skuat Persita tengah diliburkan hingga 31 Oktober mendatang. Pelatih Angel Alfredo Vera memutuskan untuk memberikan jatah libur agar pemain tidak bosan berlatih tanpa bertanding.

Baca Juga

Selama masa libur, pelatih fisik Marcos Gonzalez akan memberikan materi latihan mandiri yang bisa dilakukan pemain di kediaman masing-masing. Tujuannya tentu saja agar kondisi fisik pemain tetap terjaga.

Persita TangerangLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Muhammad TohaLiga 1 2022-2023One FootballTragedi Kanjuruhan

Berita Terkini