x

4 Pemain Keturunan yang Bakal Bela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023: Ada Bek Ajax

Jumat, 21 Oktober 2022 14:19 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain muda Ajax Amsterdam Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan.

INDOSPORT.COM - Berikut empat pemain keturunan yang kemungkinan bakal membela Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Direktur Teknik PSSI yakni Indra Sjafri belum lama ini mengunjungi Belanda untuk mencari pemain keturunan yang mau membela Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga

Ia mengaku ada 11 pemain yang menjadi incaran oleh Shin Tae-yong. Namun dalam keunjungannya tersebut, sudah ada empat nama yang dipastikan mau bergabung ke Timnas Indonesia U-20..

Hanya saja Indra Sjafri masih merahasiakan nama-nama tersebut. Akan tetapi, INDOSPORT akan memprediksi siapa saja pemain keturunan yang bakal membela pasuka Garuda Muda di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

Tristan Gooijer

Yang pertama ada pemain yang masih berusia 18 tahun bernama Tristan Gooijer. Ia saat ini memperkuat Ajax Amsterdam U-21 di kasta kedua Liga Belanda atau Eerste Divisie.

Tristan Gooijer sejak penghujung 2019 hingga awal 2020 (sebelum pandemi virus corona menyebar), selalu jadi andalan untuk skuat Belanda U-16 dan U-18.

Total, ada tiga laga yang sudah dilakoni Tristan Gooijer untuk Timnas Belanda U-16, serta enam pertandingan bersama Timnas Belanda U-18.

Baca Juga

Memiliki catatan karier gemilang di Belanda, beberapa waktu lalu Tristan Gooijer sempat mengakui jika dirinya punya garis keturunan Indonesia.

"Saya memiliki darah keturunan Maluku yang didapat dari ibu saya," ungkap Tristan Gooijer kepada INDOSPORT.COM pada 2019 lalu.


1. Ivar Jenner

Anggota Komite Eksekutif PSSI, Hasani Abdulgani bertemu Pemain Keturunan Indonesia, Ivar Jenner

Pemain kedua ada Ivar Jenner. Ivar Jenner merupakan mantan rekan Bagus Kahfi saat masih membela klub Belanda, FC Utrecht.

Pada awal tahun ini, Ivan Jenner telah memulai debutnya bersama Jong Utrecht di kompetisi kasta kedua Liga Belanda.

Baca Juga

Di usia yang masih 18 tahun, Ivar Jenner memulai debut sebagai gelandang sentral dan dipercaya tampil sejak awal untuk melawan Jong Ajax di Sportcomplex Zoudenbalch, Utrecht.

Ivar Jenner diketahui memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang merupakan orang asli Kediri, Jawa Timur. Ia sempat buka suara dan menyatakan ketertarikan untuk membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

"Saya mendapat darah Indonesia dari ayah saya. Lebih tepatnya adalah kakek saya yang lahir di Jawa," ujar Ivar.

Baca Juga

"Orang tua saya lahir di Belanda, nenek saya juga tinggal di Belanda. Tapi karena kakek saya lahir di Indonesia, saya ke depannya bisa memilih membela Timnas Indonesia," tuturnya menambahkan.


2. Justin Hubner

Justin Quincy Hubner, pemain keturunan Indonesia-Belanda di Wolves

Justin Hubner belum lama ini ramai menjadi bahan perbincangan netizen Indonesia. Kolom komentar postingan media sosial defender berdarah Belanda tersebut masih setia dipenuhi oleh netizen agar mau menjadi pemain naturalisasi.

Kans Justin Hubner membela Timnas Indonesia walau ia sudah pernah bermain untuk Belanda. Menurut aturan FIFA, pemain yang masih membela negara di kelompok usia masih akan bebas bermain untuk negara mana saja yang memang sah memanggilnya.

Bahkan jika suatu hari nanti Hubner menembus skuat Belanda senior asalkan tidak bermain di ajang kompetitif macam EURO atau Piala Dunia, timnas Indonesia masih bisa menggunakan jasanya.

Justin Hubner kini tercatat bermain untuk Wolverhampton Wanderers U-21, atau tim cadangan Wolves yang mentas di Liga Inggris 2022-2023. Musim ini, sang bek sudah mencatatkan empat penampilan di Premier League 2.

Delano van der Heijden

Delano Diego van der Heijden adalah salah satu bintang muda Feyenoord Rotterdam. Pada musim lalu, ia sempat didaftarkan sebagai pemain  Feyenoord di ajang Conference League bersama talenta muda lain seperti Guss Baars, Jaden Slory, Devin Remie, Lars de Blok, hingga Jayden Candelaria.

Dengan pengalaman segudang yang ia miliki, Delano disebut-sebut bisa menjadi tumpuan Timnas Indonesia di masa mendatang.

Timnas IndonesiaTristan GooijerPiala Dunia U-20 2023Ivar JennerShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Justin Quincy Hubner

Berita Terkini