x

Profil Islam Makhachev, Penerus Khabib Nurmagomedov di UFC Kesayangan Abdulmanap

Minggu, 23 Oktober 2022 14:25 WIB
Editor: Juni Adi
Islam Makhachev merayakan kemenangan melawan Charles Oliveira REUTERS-Christopher Pike

INDOSPORT.COM - Islam Makhachev saat ini adalah salah satu petarung tangguh di kelas ringan UFC, meneruskan pendahulunya Khabib Nurmagomedov.

Ajang tarung bebas (MMA) ternama di dunia, Ultimate Fighting Championship atau biasa dikenal dengan sebutan UFC baru saja menggelar pertarungan edisi 280.

Salah satu duel serunya terjadi antara Charles Oliveira vs Islam Makhachev yang berlangsung di Etihad Arena, Abu Dhabi, Minggu (23/10/22) dinihari WIB.

Baca Juga

Pertarungan UFC itu berlangsung sengit karena begitu penting bagi kedua petarung, untuk memperebutkan sabuk kelas ringan.

Islam Makhachev keluar sebagai pemenangnya. Ia hanya membutuhkan dua ronde untuk bisa menjatuhkan Charles Oliveira.

Bagi Makhachev, kemenangan ini membuatnya menjadi juara baru kelas ringan. Makhachev juga menghentikan catatan tak terkalahkan Oliveira.

Baca Juga

Jalannya Pertarungan

Ronde 1

Di ronde pertama, Makhachev langsung meladeni permainan bawah ala Oliveira. Akan tetapi justru Makhachev lah mampu mendominasi.

Ia beberapa kali terlihat memberikan bantingan kepada Oliveira. Jab dan beberapa pukulannya tepat mengenai wajah lawannya, itu sehingga Oliveira langsung terluka di ronde ini.

Baca Juga

Ronde 2

Memasuki ronde kedua, Oliveira mengambil inisiatif serangan. Namun Makhachev bisa bertahan dengan baik.

Setelah berlangsung alot, Makhachev mempunyai celah untuk membuat Oliveira tunduk.

Momen itu terjadi ketika ia melepaskan tendangan ke arah kepala Oliveira. Fighter Brasil itu langsung ambruk. 

Lawan dalam posisi limbung membuat Makhachev langsung memberinya pukulan, dan terakhir kuncian arm-triangle choke, memaksa Oliveira menyerah. 

Makhachev menang dan menjadi juara baru kelas ringan UFC. Mantan petarung sekaligus pelatihnya, Khabib Nurmagomedov langsung naik oktagon menyambut kemenangan itu.


1. Dedikasi Kemenangan

Islam Makhachev merayakan kemenangannya melawan Charles Oliveira REUTERS-Christopher Pike

Kedekatan Islam Makhachev dengan keluarga Khabib Nurmagomedov memang tidak terbantahkan.

Oleh sebab itu setelah laga berakhir, Islam Makhachev mengatakan bahwa kemenangannya di UFC 280 ia dedikasikan untuk mendiang ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, karena sudah melatihnya dengan keras.

Baca Juga

Tak lupa juga Islam mendedikasikan kemenangannya untuk Khabib Nurmagomedov yang menggantikan posisi ayahnya sebagai pelatih untuk dirinya di kelas ringan UFC.

"Saya hanya ingin mengatakan ini, sabuk juara saya, untuk pelatih Abdulmanap Nurmagomedov," ucap Islam Makhachev dilansir dari ESPN MMA.

"Bertahun-tahun yang lalu, dia memberitahu saya, 'Cukup berlatih dengan keras dan Anda akan menjadi juara.' Dan saya ingin memberi sabuk juara ini (menaruh sabuk juara kelas ringan ke bahu Khabib Nurmagomedov)." 

Baca Juga

"Dia dan ayahnya telah berjasa membuat saya seperti ini," pungkas Islam Makhachev.

Kemenangan Islam Makhachev di UFC 280 menjadi bukti perkataan Khabib Nurmagomedov benar adanya.

Karena sebelum jadi juara, The Eagles berulang kali menyebut rekan seperguruannya layak menjadi petarung elite kelas ringan.

Baca Juga

Selain itu, Khabib juga menyebutkan bahwa Islam Makhachev menjadi murid kesukaan mendiang ayahnya semasa masih melatih dan dirinya masih bertarung di arena oktagon UFC.

"Dia (Islam Makhachev) dipastikan masuk dalam tiga besar. Di sana terdapat petarung-petarung seperti saya, saya melihat banyak petarung datang dan pergi sepanjang 20 tahun terakhir."

"Kami berganti sasana tetapi dasar kami selalu sama. Islam 100 persen masuk dalam tiga besar," ucap Khabib.

Usai resmi menjadi juara kelas ringan UFC, Islam Makhachev berambisi melampaui pencapaian Khabib Nurmagomedov dan sudah menargetkan jawara kelas bulu, Alexander Volkanovski, jadi lawan berikutnya.

Lantas seperti apa sosok Islam Makhachev? berikut kami ulasa secara singkat profilnya.


2. Profil Islam Makhachev

Islam Makhachev merayakan kemenangannya melawan Charles Oliveira REUTERS-Christopher Pike

Islam Makhachev dan Khabib Nurmagomedov sebenarnya tidak memiliki hubungan keluarga, hanya saja keduanya sangat dekat.

Sukses Makhachev menjadi juara kelas ringan juga impian sang ayah Khabib, Abdulmanap, sebelum meninggal dunia pada Juli 2020 lalu.

Baca Juga

Ia menginginkan Makhachev langsung menjadi juara dunia di UFC setelah Khabib pensiun.

Kedekatan Khabib dengan Makhachev tidak lepas karena keduanya sama-sama lahir dan besar dari salah satu wilayah di Rusia, Burshi, Dagestan.

Islam Makhachev lahir pada 27 September 1991 lalu. Ia adalah tetangga Khabib, masa kecilnya dihabiskan berdua mulai dari bermain hingga sekolah di tempat yang sama.

Baca Juga

Kemudian Makhachev berlatih sambol bareng Abdulmanap. 

"Saya bertemu dan mengenal Khabib serta ayahnya karena saya bersekolah di tempat yang sama dengan dia," ujar Makhachev.ac

"Saya tahu Khabib dilatih ayahnya, jadi saya mengunjungi tempat gym mereka berlatih dan melihatnya," ungkapnya.

Baca Juga

"Kami sudah latihan bersama sejak lama. Dia seperti kakak saya, karena selalu memberi dukungan ketika saya butuh bantuan," ujar Makhachev.

Karier Islam Makhachev di MMA terbilang lambat, terutama karena dia berada di kelas yang sama dengan Khabib. Setelah memndominasi MMA di Rusia melalui ajang M-1, Makhachev direkrut UFC pada 2015.
 

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Khabib NurmagomedovIslam MakhachevCharles Oliveira

Berita Terkini