x

Raih Gelar Sarjana, Bek Persib Tenang Berkarier Sebagai Pesepak Bola Profesional

Senin, 24 Oktober 2022 16:45 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Persib Bandung, David Rumakiek saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Bek Persib Bandung, David Rumakiek, merasa tenang berkarier sebagai pemain sepak bola profesional, setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Cenderawasih.

Pemain yang menggunakan nomor punggung 18 di Persib Bandung ini menuturkan, pendidikan merupakan salah satu hal penting baginya, untuk modal di masa yang akan datang.

Baca Juga

Sehingga, di tengah kesibukannya sebagai pemain sepak bola profesional, David Rumakiek menyempatkan waktu untuk menyelesaikan pendidikan jurusan administrasi bisnis.

"Sudah, untuk wisudanya sudah selesai kalau tidak salah tanggal 31 kah, sudah selesai," kata David Rumakiek.

Baca Juga

Menurut pemain berusia 23 tahun ini, gelar sarjana yang didapatnya merupakan salah satu cara baginya membahagiakan orang tua. Pasalnya, di dalam keluarganya pendidikan merupakan salah satu hal penting.

David Rumakiek juga merasa senang setelah menyelesaikan pendidikannya, karena dia bisa lebih fokus dalam menjalankan kariernya sebagai pemain sepak bola profesional.

"Ya memang orang tua di Papua menuntut harus selesai sekolah, sekolah sudah beres, bisa lebih fokus ke sepak bola," ucap David Rumakiek.

Selain itu, ilmu yang didapat di bangku kuliah bisa menjadi bekal baginya, jika sudah tidak lagi menjadi pemain sepak bola.

Baca Juga

Apalagi, profesi pesepakbola ada batas waktunya, sehingga dia harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk masa depan.

"Memang itu untuk menjamin masa depan ketika sudah tidak menjadi pesepakbola, mungkin bekerja di kantor kah atau dimana, usaha, mungkin begitu," jelasnya.


1. Kelanjutan Liga 1 Belum Jelas, Ini Kata David Rumakiek

Febri Hariyadi dibayangi David Rumakiek saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Sementara itu, kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 masih dihentikan sementara usai tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) lalu. 

Setelah pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 2022-2023 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya, terjadi kericuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa dengan jumlah lebih dari 100 orang.

Baca Juga

Sejauh ini, belum ada kepastian mengenai kelanjutan kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang sudah memasuki pekan ke-11.

Menurut David Rumakiek, selain sebagai bentuk belasungkawa atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, dihentikannya sementara Liga 1 bisa dimanfaatkan oleh tim untuk membangun kekompakan dan kekuatan tim.

Baca Juga

"Kalau menurut saya sih, memang hal yang belum ada kejelasan ini bagus untuk kita secara tim," kata David Rumakiek.

"Supaya kita ke depan bisa mempersiapkan tim lebih kuat lagi, kedepannya tim ini bisa lebih bagus lagi," jelasnya.

Selain itu, David Rumakiek bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk memulihkan kondisinya, pasalnya dia mengalami cedera Lutut kiri. 

Sehingga, sambil menunggu informasi selanjutnya terkait kompetisi Liga 1 2022-2023, pemain yang sebelumnya memperkuat Persipura Jayapura ini bisa memaksimalkan waktu untuk pemulihan.

Baca Juga

"Iya. Menurut saya itu sisi positif untuk tim dan untuk saya pribadi karena penyembuhannya. Semoga saat liga berjalan bertambah baik, biar saya tidak terlalu banyak melewatkan pertandingan nanti," jelasnya.

Aktivitas latihan tim Persib sendiri, saat ini sedang diliburkan, rencananya skuat Maung Bandung akan kembali berlatih pada pekan ini, namun pelatih Luis Milla masih memberikan materi secara daring.

Persib BandungPersipura JayapuraLuis MillaMaung BandungLiga IndonesiaLiga 1David Kevin Rumakiek

Berita Terkini